Sab29Des201814:39

Tak Ditangani, Begini Efek Kencing Nanah

Kebanyakan orang belum mengetahui apa efek kencing nanah pada tubuh. Kencing nanah atau biasa dikenal dengan gonore termasuk salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini mudah ditemukan pada cairan di dalam organ kelamin wanita dan pria yang menderita penyakit tersebut. Bagian tubuh yang diserang oleh bakteri ini, berupa dubur, leher rahim, saluran uretra, mata, serta tenggorokan.

efek kencing nanah
efek kencing nanah

Pada umumnya, gonore atau kecing nanah dapat menular melalui hubungan seksual, seperti oral seks dan berhubungan seksual tanpa pengaman atau kondom. Selain wanita dan pria dewasa, kencing nanah juga dapat menular pada bayi yang baru lahir. Penularan ini terjadi saat proses persalinan normal dari sang ibu yang menderita penyakit kencing nanah. Penyakit ini akan menjangkiti mata bayi hingga dapat menimbulkan kebutaan permanen.

Bagaimana Gejala dan Tanda yang Dirasakan?

Kebanyakan penderita penyakit kencing nanah atau gonore tidak merasakan gejala dan tanda yang jelas. Gejala dapat muncul secara ringan dan bisa menjadi kekeliruan sebagai infeksi organ kelamin atau infeksi saluran kemih. Namun, Anda harus melakukan pemeriksaan dengan dokter jika mengalami beberapa gejala, seperti sakit saat buang air kecil, keluarnya cairan kental seperti nanah dari organ kelamin. Beberapa gejala lain baik pada pria maupun wanita, yaitu:

• Terasa gatal dan nyeri yang disertai pendarahan.
• Keluarnya cairan abnormal dari organ kelamin wanita.
• Pendarahan diluar periode menstruasi.
• Rasa nyeri pada perut bagian bawah.
• Cairan dari organ kelamin tidak normal.
• Mengalami pembengkakan pada kelenjar bartholin.
• Sering merasa ingin buang air kecil.
 

Bahaya Komplikasi Penyakit Akibat Kencing Nanah

Efek kencing nanah akan muncul jika penyakit dibiarkan tanpa penanganan yang tepat. Dalam jangka panjang, penyakit gonore akan menyebar ke bagian tubuh lain sehingga mengakibatkan efek kencing nanah yang lebih serius. Beberapa efek kencing nanah yang mungkin terjadi akibat penanganan yang kurang tepat, adalah sebagai berikut.

• Kulit mengalami iritasi hingga kemerahan sehingga terasa gatal.
• Peradangan otak dan saraf tulang berlakang atau meningitis.
• Menimbulkan masalah penyakit jantung.
• Muncul peradangan dan pembengkakan pada sendi.
• Kelahiran prematur dan keguguran pada wanita hamil.

Efek kencing nanah pada wanita akan memunculkan komplikasi serius, seperti kemandulan, risiko penyakit radang panggul, terjadi infeksi sistematik pada persendian, jantung, serta selaput otak. Sementara itu, bahaya atau efek kencing nanah pada pria, dapat berupa perubahan warna urin menjadi gelap, warna feses atau kotaran terang, nyeri persendian yang kronis, dan risiko kehilangan fungsi penglihatan.

Diagnosis Pada Penderita Penyakit Kencing Nanah

Diagnosis gonore pada seseorang biasanya dilakukan oleh dokter dengan melakukan beberapa pengujian sampel cairan yang keluar dari organ kelamin. Sampel yang diambil akan dibawa ke laboratorium untuk selanjutnya dilakukan penelitian. Penyakit gonore dapat diselesaikan dengan menganalisis sampel urin. Karena itu, segera lakukan pemeriksaan guna mendapatkan penanganan dan mencegah efek kencing nanah yang lebih serius.

Apa Saja Penanganan Terhadap Penyakit Kencing Nanah

Efek kencing nanah dapat ditangani dengan melakukan konsultasi dan perawatan medis dengan dokter. Dokter biasanya memberikan satu suntikan obat antibiotik dan satu tablet minum untuk menangani kencing nanah. Penanganan harus dilakukan secara tepat guna mendapatkan kesembuhan secara optimal. Selama masa perawatan, Anda dan pasangan disarankan untuk menghindari berhubungan seksual guna mencegah penularan bakteri.
 
Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit ini adalah dengan melakukan kegiatan seksual yang aman dan sehat. Anda harus menghindari kebiasaan buruk, seperti berganti-ganti pasangan seksual, tidak melakukan hubungan seksual di luar nikah tanpa melakukan pengecekan kesehatan, dan menggunakan pengaman atau kondom ketika berhubungan seksual dengan pasangan.
 

Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan pada penyakit kencing nanah atau gonore dapat Anda lakukan bersama dokter ahli dan berpengalaman mengenai masalah kelamin. Konsultasi sangat diperlukan untuk mengetahui penyebab pasti munculnya penyakit kelamin ini. Perawatan terbaik bisa Anda dapatkan di Klinik Utama Sentosa. Klinik kesehatan ini dapat membantu Anda dalam menangani masalah kencing nanah karena dilengkapi dengan peralatan canggih dan modern. Segera hubungi Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878 guna mendapatkan penanganan medis terbaik.
Artikel Lainnya