Sel18Jun201912:00

Penyebab Sekaligus Bahaya Penyakit Gonore Pada Wanita

 

Penyakit gonore pada wanita biasanya menunjukkan gejala yang berbeda dengan penderita pria karena bagaimanapun bentuk alat kelamin keduanya memiliki perbedaan. Bakteri Neisseria gonorrhoeae merupakan bakteri penyebab penyakit gonore yang bisa menginfeksi pria maupun wanita. Gejala penyakit gonore yang paling mudah dikenali adalah keluarnya cairan mirip nanah dari alat kelamin. Pada wanita, cairan tersebut dapat keluar dari vagina maupun anus.

penyakit gonore pada wanita
penyakit gonore pada wanita

Penularan penyakit dapat terjadi melalui aktivitas seks oral, anal, maupun vaginal. Bahkan dari cairan yang keluar dari kelamin, bakteri gonore juga bisa menyebar. Jika dibiarkan, bakteri tak hanya menular pada orang disekitarnya, namun juga ke organ dalam lainnya salah satunya ginjal. Jika ginjal sudah terinfeksi, maka akan terjadi komplikasi yang dapat menghambat proses pengobatan penyakit gonore pada wanita.

Cara Penyakit Gonore Pada Wanita Menular


Pada wanita, penularan penyakit gonore ini dapat terjadi melalui berbagai cara, tak hanya melalui hubungan seksual saja. Jika seorang wanita hamil terkena penyakit gonore, maka besar kemungkinan anak yang dilahirkannya akan tertular. Penularannya terjadi ketika si wanita melahirkan secara normal. Saat bayi dilahirkan secara normal oleh wanita yang menderita gonore, maka bayi dapat mengalami bahaya seperti kemerehan dan perih pada mata sekaligus keluar cairan dari matanya.

Untuk menghindari penularan gonore dari wanita hamil ke pada bayinya adalah dengan cara melakukan pengobatan sebelum memasuki waktu kelahiran. Cara ini perlu dilakukan sesegera mungkin setelah gejala penyakit gonore pada wanita terdeteksi. Pasalnya, penyakit gonore ini jika sudah memasuki tahap kronis maka akan sulit untuk disembuhkan serta berisiko menular kepada orang disekitarnya.

penyakit gonore pada wanita
penyakit gonore pada wanita

Mencegah Penularan Penyakit Gonore


Ada beberapa langkah untuk dapat mencegah penyakit gonore pada wanita, selain mewaspadai penyebabnya, mengenali gejala juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari penularannya. Berikut beberapa faktor penyebab penyakit gonore yang perlu dihindari.

• Berhubungan seksual tanpa menggunakan alat pengaman.
• Suka bergonta-ganti pasangan seksual.
• Tidak membersihkan alat kelamin sebelum maupun setelah melakukan hubungan seksual.
• Melahirkan normal.




Selain mewaspadai penyebabnya, penyakit gonore juga dapat dicegah penularannya dengan mengenali gejala yang muncul. Gejala gonore yang harus diwaspadai di antaranya adalah:

• Frekuensi kencing yang semakin sering.
• Keluarnya keputihan kuning kehijauan dalam jumlah banyak maupun sedikit.
• Rasa sakit atau nyeri saat berhubungan seksual.
• Nyeri di bagian pinggul maupun perut bagian bawah.
• Pembengkakan pada bagian vulva.
• Pendarahan atau keluar bercak darah di luar waktu menstruasi.

Gejala gonore umumnya selalu dialami oleh pria, namun pada wanita tidak semua orang mengalami gejalanya. Meskipun gejalanya tidak terjadi, namun penularannya dapat tetap terjadi pada wanita. Penularannya pun dapat terjadi dari wanita kepada pria maupun sebaliknya. Biasanya gejala tersebut muncul 10-20 hari setelah terjadinya infeksi. Proses infeksi bakteri gonore ini juga cukup cepat, jadi segera setelah menemukan gejalanya, lakukan pemeriksaan untuk mendiagnosis serta melakukan tindakan pengobatan.

Menyembuhkan Gejala Penyakit Gonore


Penyakit gonore pada wanita ini harus segera disembuhkan agar tidak menyebabkan komplikasi serta penularan. Apalagi jika gonorenya terjadi pada wanita hamil yang tak hanya dapat membahayakan dirinya, namun juga bayi yang dikandungnya. Karena gejalanya yang tidak selalu muncul, biasanya penyakit gonore pada wanita disadari saat melakukan pemeriksaan rutin. Gonore yang juga kita kenal dengan penyakit kencing nanah memang dapat diobati gejalanya dengan berbagai cara. Tentu saja tergantung dari gejala yang Anda alami. Makanya sebelum melakukan pengobatan dibutuhkan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab penyakit gonore sekaligus mendeteksi seberapa jauh bakterinya telah menginfeksi.



Pemeriksaan dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa. Informasi lebih lanjut mengenai penyakit gonore pada wanita, penyebab, gejala, bahaya, serta pengobatannya dapat Anda tanyakan langsung kepada dokter kami. Untuk konsultasi online, silahkan gunakan layanan hotline kami gratis hanya di nomor 081366657878.