Jum08Feb201914:29

Penyakit Kelamin Gonore Apakah Berbahaya?

Penyakit kelamin gonore terjadi akibat infeksi bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae yang menular melalui hubungan seksual. Gonore atau kencing nanah bisa diderita baik wanita atau pria yang aktif secara seksual. Bakteri penyebab penyakit kelamin gonore ini dapat ditemukan pada cairan organ kelamin dari orang yang terinfeksi. Umumnya, bakteri dapat menyerang area dubur, serviks atau leher rahim, uretra atau saluran kencing, mata, dan juga tenggorokan.

penyakit kelamin gonore
penyakit kelamin gonore


Apa Saja Tanda atau Gejala Penyakit Gonore?


Infeksi yang terjadi akibat bakteri gonore tidak langsung menujukkan gejala saat pertama kali menginfeksi. Gejala akan muncul sekitar 10 hingga 20 hari setelah infeksi pertama kali masuk ke dalam tubuh. Penanganan harus segera dilakukan sebelum menyebabkan ruam, demam, hingga nyeri pada persendian. Pada umumnya, terdapat perbedaan pada gejala gonore yang dirasakan pria maupun wanita, yaitu:


• Pada pria

Pria yang menderita gonore terkadang tidak menyadari jika sudah terinfeksi karena gejalanya yang tidak terlihat. Namun, gejala umum yang akan terasa oleh penderitanya adalah rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil. Selain itu, gejala lain yang menyertai dapat berupa meningkatnya frekuensi urin, keluarnya cairan mirip nanah dari organ kelamin, pembengkakan pada bukaan kulup, dan nyeri pada testis.

• Pada wanita

Gejala penyakit kelamin gonore pada wanita tidak terlihat jelas sehingga sering disalahartikan sebagai infeksi lain. Namun, beberapa gejala umum penyakit kelamin gonore wanita yang perlu Anda ketahui, antara lain keluarnya cairan menyerupai krim dari organ kelamin, muncul bercak darah hingga pendarahan di luar periode haid, nyeri ketika melakukan hubungan seksual atau saat buang air kecil, dan sakit pada perut bagian bawah.

AKIBAT GONORE TIDAK DIOBATI KLIK DISINI*

Bagaimana Cara Menangani Gonore yang Tepat?

Selain bakteri, penyakit kelamin gonore bisa diderita oleh seseorang yang memiliki beberapa faktor risiko pemicu. Terdapat beragam faktor yang mempengaruhi, di antaranya memiliki lebih dari satu pasangan seksual, pernah didiagnois gonore sebelumnya, sudah aktif secara seksual sejak masih muda, dan memiliki riwayat penyakit menular seksual lainnya. Karena itu, penanganan harus segera dilakukan sebelum memperburuk kondisi kesehatan.
 
Penyakit gonore dapat ditangani dengan memberikan obat antibiotik dalam bentuk oral maupun injeksi. Obat ini dikonsumsi guna menghindari infeksi serta penyebaran penyakit lebih lanjut. Selain pemberian antibiotik oleh dokter, Anda juga bisa menerapkan pola hidup yang lebih sehat sebagai tindak pencegahan. Beberapa pola hidup yang dapat membantu Anda mengatasi infeksi gonore, antara lain:
 

• Menggunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Tidak berhubungan seksual jika terdapat gejala tidak biasa di sekitar kemaluan.
• Hindari kontak seksual dengan pasangan terdeteksi menderita penyakit gonore.
• Konsumsi antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter secara rutin.
• Minta pasangan untuk melakukan pemeriksaan ada tidaknya infeksi menular seksual.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Gejala penyakit kelamin gonore dapat diatasi dengan melakukan penanganan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis yang menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena ditangani oleh dokter berpengalaman serta berkompeten di bidangnya dan menggunakan peralatan medis yang canggih.
 
Proses penyembuhan akan berjalan dengan cepat dan mudah sehingga pasien merasakan kenyamanan selama melakukan penanganan penyakit. Untuk mempermudah pasien, Klinik Utama Sentosa juga menawarkan layanan konsultasi online dan gratis sebelum memutuskan untuk memeriksa kondisi tubuh. Karena itu, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.