Sen25Feb201911:44

Penis Keluar Nanah, Waspada Penyakit Ini

Penis keluar nanah dapat menjadi suatu indikasi dari penyakit tertentu seperti infeksi menular seksual (IMS), serta beberapa penyakit lainnya. Kondisi ini harus diwaspadai dan segara mendapatkan penanganan dengan bantuan tenaga medis profesional.
Penis Keluar Nanah, Waspada Penyakit Ini
Penis Keluar Nanah, Waspada Penyakit Ini
Pada pria, kesehatan penis adalah bagian penting dari kesehatan tubuh, sebab hal ini akan berpengaruh pada sistem reproduksi, kemampuan ereksi, hingga ejakulasi. Masalah penis, seperti kondisi penis keluar nanah, menjadi tanda kondisi serta masalah kesehatan yang mendasari dan kondisi ini harus diwasapadai untuk segera diatngani.

Merupakan suatu hal yang normal apabila penis mengeluarkan cairan bening atau keputihan saat akan melakukan hubungan seksual atau di pagi hari. Namun, jika penis keluar nanah atau cairan yang berwarna putih kental, kuning serta hijau disertai dengan rasa sakit saat buang air kecil, maka perlu untuk waspada terhadap beberapa penyakit yang mungkin terjadi dibalik gejala ini.

Cairan abnormal selain urine dan sperma dari penis disebut dengan penile discharge. Cairan abnormal keluar dari penis pria seperti nanah atau darah, dan cairan abnorlam lainnya disertai dengan rasa sakit, perih ketika buang air kecil, hingga gatal pada area penis. Ada beberapa kondisi kesehatan menjadi penyebab hal ini, antara lain infeksi saluran kemih (ISK), penyakit menular seksual (PMS) seperti penyakit gonore atau disebut kencing nanah, infeksi trikomoniasis, chlamydia, hingga herpes. Abses, radang kepala penis (balanitis), penyakit peyronie, hingga kanker penis dapat menjadi dalang dari gejala tersebut.




Penis keluar nanah, waspada beberapa penyakit ini

1. Gonore atau kencing nanah

Gonore atau disebut penyakit kencing nanah adalah salah satu penyakit menular seksual disebabkan bakteri Neisseria gonorhoeae. Selain kondisi penis yang keluar nanah, gejala lain penyakit gonore adalah nyeri ketika buang air kecil serta bengkak pada area testis. Efek dari hal ini juga dapat dialami bagian tubuh lain seperti mata, tenggorokan, dan rektum. Gonore dapat menyebabkan ketidaksuburan baik pada pria atau wanita jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

BACA JUGA: BISAKAH BALANITIS SEMBUH SENDIRI?*

2. Nongonococcal Urethritis

Nongonococcal urethritis adalah kondisi inffeksi yang terjadi di uretra dan termasuk penyakit menular seksual (PMS). Nongonococcal urethritis dapat menyebabkan penile discharge dan gejala lain yang mirip dengan penyakit gonore. Akan tetapi membutuhkan penanganan berbeda dengan penyakit gonore.

3. Balanitis

Penyakit balanitis merupakan infeksi atau peradangan pada kepala penis. Penyebab infeksi ini bisa disebabkan bakteri atau jamur dan diyakini berhubungan dengan tingkat kebersihan penis yang kurang baik. Penyakit balanitis umumnya muncul pada pria yang tidak disunat atau sirkumsisi. Gejalanya berupa penis keluar nanah atau cairan abnormal, gatal, nyeri dan bengkak sekitar kelamin. untuk menangani kondisi ini sebaiknya untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu dan tidak melakukan tindakan pengobatan sembarangan.

4. Infeksi klamidia

Chlamydia adalah infeksi menular seksual akibat hubungan seksual yang tidak sehat. Umumnya penderita penyakit ini tidak merasakan gejala yang signifikan pada awal tertular.

Jika mengalami gejala seperti penis keluar nanah, waspada beberapa penyakit ini. Dan sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut untuk menghindari terjadinya komplikasi yang lebih serius terjadi pada organ reproduski Anda.




Konsultasikan keluhan Anda pada klinik Utama Sentosa

Jika saat ini Anda sedang mengalami penyakit kelamin baik pria maupun wanita, dan untuk mengatasi kondisi ini, silahkan kunjungi Klinik Utama Sentosa.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang memiliki dokter ahli profesional berpengalaman dibidangnya sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi Anda. Kami memberikan perawatan medis prima yang cepat dan akurat hingga penyakit kelamin tuntas, di dukung peralatan medis modern yang canggih dengan biaya terjangkau.

Kunjungi Klinik Utama Sentosa sekarang juga untuk mendapatkan penanganan, dan untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik website kami untuk konsultasi, atau hubungi kami di 081366657878.