Rab15Mei201911:01

Mengobati Gonore Sendiri, Apakah Aman?

 

Mengobati gonore sendiri sebaiknya tidak dilakukan, pasalnya jika salah pengobatan, bukannya sembuh gonore justru bisa bertambah parah. Gonore sendiri merupakan salah satu penyakit menular seksual yang ditandai dengan keluarnya cairan seperti nanah dari kemaluan. Gonore dapat diderita oleh pria maupun wanita. Penyakit gonore ini disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Neisseria gonorrheae.



Seseorang yang terkena infeksi gonore, namun tidak segera melakukan pengobatan dapat mengalami komplikasi serta menularkannya kepada orang disekitarnya terutama pasangan seksualnya. Masa inkubasi bakteri penyebab gonore ini cukup singkat. Hanya perlu waktu sekitar 2-10 hari setelah infeksi untuk memunculkan gejalanya. Namun, sayangnya gejala yang muncul pada setiap orang berbeda-beda. Bahkan ada yang terinfeksi namun tidak mengalami gejalanya.

Apa Itu Penyakit Gonore?


Penyakit gonore dikenal juga dengan istilah kencing nanah. Pasalnya gejala yang paling sering muncul dan dialami penderita gonore adalah keluarnya cairan seperti nanah dari alat kelamin. Mereka yang aktif berhubungan seksual terutama yang tidak aman, memiliki risiko paling tinggi terkena penyakit gonore. Baik hubungan seksual secara oral, anal, maupun vaginal. Dan tidak disarankan untuk mengobati gonore sendiri tanpa resep dokter.

Tak hanya bisa menular melalui hubungan seksual, gonore juga bisa menular melalui kontak tidak langsung. Penyakit gonore merupakan salah satu penyakit yang menyerang alat kelamin dan cukup berbahaya jika tidak segera diatasi. Makanya tidak disarankan untuk mengobati gonore sendiri. Jika penyakit ini terjadi pada ibu hamil, maka saat melahirkan penyakit ini dapat menular kepada bayi yang dilahirkan.


Gejala Gonore Yang Sering Tampak


Gejala yang paling mudah dikenali saat seseorang terkena gonore adalah keluarnya cairan nanah dari alat kelamin. Namun, pada wanita gejala ini justru sulit terdeteksi, pasalnya mirip dengan keputihan yang biasa dialami oleh hampir setiap wanita. Selain gejala tersebut, ada pula tanda-tanda lain yang terkadang muncul saat seseorang terinfeksi gonore.

• Frekuensi kencing bertambah dan adanya rasa terburu-buru saat kencing.
• Ada rasa panas di sekitar alat kelamin serta rasa gatal pada saluran kencing.
• Sakit setiap kali buang air kecil.
• Muncul luka memerah dan bengkak di sekitar saluran kencing

Gejala gonore pada wanita biasanya berbeda dengan yang dialami pria, hal ini dikarenakan bentuk alat kelamin keduanya yang berbeda. Apalagi gejala yang muncul pada wanita juga hampir mirip dengan gejala penyakit lain. Itulah mengapa wanita kurang sadar akan adanya infeksi gonore. Mengobati gonore sendiri akan cukup sulit dilakukan, pasalnya bakteri penyebab gonore ini cepat penyebarannya. Disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami gejala gonore.

Bahaya Penyakit Gonore

Gonore yang tidak segera mendapatkan pengobatan, atau Anda mengobati gonore sendiri namun dengan cara yang kurang tepat, dapat menyebabkan berbagai bahaya atau komplikasi. Berikut beberapa bahaya gonore yang sebaiknya dihindari.

• Menular lewat hubungan seksual maupun kontak tidak langsung
• Jika bakteri menyebar, dapat menyebabkan orchitis, epidididmitis, bahkan prostatitis.
• Jika telah menginfeksi aliran darah, maka penderita akan mengalami demam atau menggigil.
• Disfungsi seksual, seperti ejakulasi dini dan impotensi.
• Lubang kencing menyempit.
• Kualitas sperma menurun dimana dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan.
• Pembengkakan skrotum.

 


Cara Mengobati Gonore
Gonore atau kencing nanah sebaiknya segera diobati begitu muncul gejalanya, pasalnya jika sudah akut gonore lebih sulit untuk diobati. Belum lagi lebih besar risikonya karena telah menyebabkan penyakit lain. Untuk pengobatannya, lakukan sesuai dengan cara dokter. Apalagi pada ibu yang sedang hamil, sebaiknya obati gonore yang dideritanya sebelum melahirkan agar si bayi tidak tertular.
 
Mengobati gonore sendiri dengan menggunakan metode yang salah dapat memperparah gejalanya. Jika sudah parah, cairan yang keluar tidak hanya nanah, namun juga bercampur dengan darah. Jika Anda mengalami keluhan yang mirip atua terkait dengan gonore ini, silakan konsultasi dengan dokter dari Klinik Utama Sentosa untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Konsultasi dapat dilakukan melalui hotline di 081366657878 .