Sen04Mar201914:27

Mengapa Organ Kelamin Pria Keluar Nanah?

Kelamin pria keluar nanah biasanya dipicu karena adanya penyakit kelamin. Salah satu penyakit pada kelamin yang ditandai dengan keluarnya nanah adalah gonore. Penyakit gonore atau kencing nanah disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri mudah menginfeksi organ kelamin melalui aktivitas seksual yang tidak aman, baik secara oral, anal, maupun vaginal.
kelamin pria keluar nanah
kelamin pria keluar nanah

Apa Penyebab Kelamin Pria Mengeluarkan Nanah?

Bakteri penyebab gonore mudah menginfeksi daerah tubuh yang hangat dan lembap termasuk saluran uretra pada pria. Bakteri dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik pada area tersebut. Hal ini mengakibatkan penularan pada orang lain menjadi lebih mudah selama melakukan kontak seksual. Beberapa faktor yang memicu seseorang terinfeksi penyakit gonore, adalah sebagai berikut:
 


• Telah aktif secara seksual sejak usia muda.
• Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
• Pernah didiagonosis gonore sebelumnya.
• Memiliki riwayat infeki menular seks lainnya.

Kelamin pria keluar nanah yang tak segera ditangani dapat mengakibatkan munculnya penyakit lain, seperti epididimitis. Epididimitis merupakan peradangan pada epididimis akibat infeksi atau kondisi lainnya. Penyakit ini akan menimbulkan rasa sakit di daerah testis yang berisiko menyebabkan infertilitas. Jika dibiarkan, maka akan muncul masalah pada prostat, adanya luka pada uretra, dan kesulitan untuk buang air kecil.


Pengobatan Penyakit Kencing Nanah Pada Pria

Sebelum penanganan pada kelamin pria keluar nanah, dokter akan mendiagnosis penyakit dengan menganalisis sampel sel melalui tes urin. Tes ini dapat membantu mengetahui keberadaan bakteri di dalam uretra. Dokter juga kemungkinan akan menggunakan alat tes untuk mengambil jaringan tenggorokan, uretra, organ kelamin, serta uretra. Pengambilan jaringan ini bertujuan untuk melihat jenis bakteri penyebab penyakit.
 
Kelamin pria keluar nanah dapat diobati menggunakan antibiotik oral maupun injeksi. Jika infeksi yang menyebabkan kelamin pria keluar nanah sulit diobati dengan antibiotik oral, maka injeksi perlu dilakukan. Pemberian injeksi atau suntikan bisa dilakukan dengan dosis yang lebih kuat atau kombinasi antibiotik. Pasangan Anda juga diharuskan untuk melakukan pemeriksaan guna menghindari infeksi serta penyebaran penyakit lebih lanjut.
 
Proses penyembuhan penyakit bergantung pada beberapa hal, seperti tingkat keparahan, dan berapa lama seseorang mengidap gonore atau kencing nanah. Penyakit yang terdeteksi pada tahap awal, maka gejala dapat mereda dalam 1 hingga 2 hari dengan pengobatan bersama dokter. Namun, jika terlambat dideteksi maka waktu penyembuhan akan semakin lama karena telah menyebar luas di dalam tubuh hingga meningkatkan risiko komplikasi. Untuk mendapatkan kesembuhan yang maksimal, Anda harus menyertai beberapa tindak pencegahan, seperti:

• Setia pada pasangan atau tidak bergonta ganti pasangan seksual.
• Gunakan pelindung atau kondom selama berhubungan intim.
• Jika terinfeksi gonore, hindari kontak seksual dengan pasangan.
• Lakukan pencegahan dengan vaksinasi HPV sebelum berusia 26 tahun.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Kelamin pria keluar nanah dapat disembuhkan melalui penanganan penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di wilayah Jakarta. Melakukan perawatan penyakit di klinik ini, Anda akan mendapatkan pelayanan maksimal karena penanganan dilakukan menggunakan peralatan medis yang modern serta berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya sehingga pasien tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan ketika melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Selain itu, klinik ini juga menyediakan layanan konsultasi secara online dan gratis guna mengetahui secara pasti penyebab kelamin pria keluar nanah. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.