Sel28Mei201910:42

Lakukan Pengobatan Untuk Gonore Jika Alami Gejala Ini

 

Mencari pengobatan untuk gonore segera setelah menemukan gejalanya merupakan langkah penting yang harus dilakukan. Gonore adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae yang jika tidak segera diobati dapat menyebabkan komplikasi. Gonore dikenal juga dengan nama kencing nanah sesuai dengan gejala khasnya yaitu keluarnya cairan nanah dari alat kelamin.



Gonore dapat terjadi pada pria maupun wanita. Penularan melalui hubungan seksual oral, anal, maupun vaginal membuat gonore paling mudah ditularkan kepada pasangan. Melalui cairan yang keluar dari alat kelamin penderita, gonore dapat menyebar bahkan melalui kontak tidak langsung seperti penggunaan handuk maupun toilet yang sama. Pengobatan untuk gonore harus segera dilakukan begitu gejalanya mulai disadari untuk mencegah gonore bertambah parah dan menular pada orang disekitar penderita.

Apakah Penyakit Gonore Itu?


Penyakit gonore adalah salah satu dari beberapa penyakit menular seksual yang berbahaya dan perlu diwaspadai. Gonore dapat menyerang pria ataupun wanita terutama yang aktif dalam berhubungan seksual. Bakteri penyebab gonore dapat menyebar ke organ lain jika dibiarkan tanpa pengobatan dalam waktu lama. Tak hanya itu, penularan gonore juga dapat terjadi pada pria ke wanita maupun sebaliknya. Jika seorang wanita hamil menderita gonore, maka risiko bayinya tertular sangatlah mungkin.

Masa inkubasi dari bakteri penyebab gonore tergolong pendek. 2-10 hari setelah infeksi biasanya penderita akan mulai mengalami gejala. Namun, tidak sedikit penderita yang tidak mengalami gejala gonore sama sekali. Gonore terbagi menjadi dua jenis berdasarkan tingkat keparahannya yaitu gonore akut dan gonore kronis.


Mencegah Gonore Dengan Mengenali Penyebabnya


Penyakit gonore memang bisa menular, namun dengan tindakan pengobatan untuk gonore yang segera dilakukan, maka kita bisa mencegah penularan sekaligus berkembangnya bakteri. Untuk mencegahnya kita perlu mengetahui penyebab penyakit gonore ini. Penyebab utama gonore adalah infeksi bakteri, namun tanpa adanya kontak seksual maupun kontak tidak langsung, gonore tidak dapat ditularkan.

Faktor penyebab yang harus dihindari untuk mencegah infeksi bakteri gonore adalah :

- Berhubungan seksual dengan lebih dari satu orang
- Hubungan seksual yang tidak aman atau seks bebas yang tidak menggunakan kondom.
- Ibu hamil yang melahirkan secara normal
- Berhubungan seksual dengan penderita gonore

Jika Anda menghindari berhubungan seksual pada saat menderita gonore, Anda dapat mengurangi risiko pasangan tertular. Hanya saja seringkali kita tidak menyadari gejala gonore sehingga setelah menular kepada orang lain baru kita mengetahuinya. Untuk mencegah bahaya, jika Anda didiagnosis gonore, maka pasangan juga melakukan pemeriksaan untuk memastikan tertular gonore atau tidak. Begitu juga sebaliknya agar pengobatan untuk gonore dapat segera diberikan.

Gejala Pada Penderita Penyakit Gonore


Ada beberapa gejala yang biasanya dialami oleh penderita penyakit gonore. Gejala yang dialami dapat berbeda antar penderita. Berikut gejala umum yang menjadi tanda adanya infeksi bakteri penyebab gonore.

- Keluarnya cairan mirip nanah dari alat kelamin pria maupun wanita, pada wanita gejala ini seringkali disalah artikan sebagai keputihan.
- Kencing yang terburu-buru dan terasa tidak tuntas
- Rasa sakit ketika buang air kecil
- Alat kelamin terasa panas
- Saluran kencing gatal
- Keluar cairan nanah yang bercampur dengan darah

Saat bakterinya menyebar dan gonore menjadi parah, terkadang muncul pula gejala luka merah dan bengkak di sekitar saluran kencing, kulup, maupun penis. Jika sudah begini, maka pengobatan untuk gonore tidak boleh ditunda lagi.


Bentuk Pengobatan Untuk Gonore
Salah satu cara mengatasi infeksi bakteri penyebab gonore adalah dengan menggunakan obat antibiotik. Sebaiknya gunakan obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Pengobatan untuk gonore yang kurang tepat hanya akan mempercepat penularan bakterinya hingga ke ginjal. Jika dusah pada tahap ini tentu akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyembuhkannya. Yang terpenting, jika menemukan salah satu gejala di atas, maka segera hubungi dokter kami di Klinik Utama Sentosa melalui layanan hotline gratis di nomor 081366657878.