Kam25Apr201914:34

Komplikasi Gonore Akibat Mengabaikan Gejalanya

Komplikasi gonore akan muncul jika penyakit tidak ditangani dengan benar. Penyakit gonore termasuk infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini dapat menular dari orang ke orang lainnya ketika melakukan hubungan seksual atau melakukan kontak dengan cairan tubuh penderitanya. Penyakit gonore akan mempengaruhi uretra, rektum, tenggorokan, serta organ reproduksi.
komplikasi gonore
komplikasi gonore

Bagaimana Gejala Penyakit Gonore Pria dan Wanita?

Tidak semua penderita gonore memiliki gejala setelah infeksi masuk ke dalam tubuh. Namun, pada beberapa orang biasanya gejala muncul dalam kurun waktu dua hingga sepuluh hari setelah terpapar bakteri. Gejala gonore yang muncul pada pria dan wanita akan berbeda-beda, yakni sebagai berikut:


• Gejala gonore wanita

Sebagian wanita yang menderita gonore akan merasakan gejala sangat ringan sehingga infeksi tidak disadari sudah masuk. Gejala yang akan dirasakan penderitanya adalah nyeri pada perut bagian bawah atau panggul, rasa panas saat buang air kecil, kemerahan pada mata atau konjungtivitis, pembengkakan pada vulva, dan adanya bercak darah setelah berhubungan seks.


• Gejala gonore pria

Gejala gonore pada pria biasanya muncul sekitar 2 hingga 14 hari setelah terinfeksi bakteri. beberapa gejala yang akan dirasakan adalah terdapat cairan kuning kehijauan dari kelamin, rasa panas saat buang air kecil, terjadi pembengkakan atau nyeri pada testis, dan bengkak pada kelenjar tenggorokan akibat oral seks.

Penanganan Tepat Terhadap Infeksi Bakteri Gonore

Komplikasi gonore dapat muncul pada pria dan wanita yang biasanya berbeda satu sama lain. Pada pria, komplikasi gonore adalah munculnya luka pada saluran kencing, epididimitis, terdapat nanah di dalam kemaluan, dan mengalami kemandulan. Sementara pada wanita, komplikasi gonore yang akan muncul, berupa penyakit radang panggul, sumbatan pada saluran telur, dan infertilitas.
 
Sebelum menyebabkan komplikasi gonore, infeksi bisa ditangani dengan menggunakan antibiotik oral atau injeksi. Pasangan seksual juga perlu melakukan pemeriksaan guna menghindari infeksi atau penyebaran bakteri lebih lanjut. Obat harus dikonsumsi hingga habis dan tidak disarankan untuk menggunakan obat orang lain. Untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit, beberapa cara pengobatan rumahan yang bisa dilakukan, antara lain:
 

• Gunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual.
• Tidak melakukan hubungan seksual jika memiliki gejala yang tidak biasa.
• Batasi kontak seksual dengan pasangan yang tidak terinfeksi oleh bakteri gonore.
• Hilangkan kebiasaan sering bergonta ganti pasangan atau setia pada satu orang saja.

Jika Anda menderita penyakit menular seksual lainnya, batasi atau hindari kontak seksual guna mencegah penularan pada orang lain. Wanita hamil yang menderita gonore juga disarankan untuk segera melakukan pengobatan ke dokter. Biasanya, dokter akan memberikan antibiotik untuk mencegah penularan gonore pada bayi dalam kandungan.

Segera Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Munculnya komplikasi gonore bisa dihindari dengan melakukan perawatan penyakit di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan perawatan lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.