Min14Apr201914:50

Komplikasi Akibat Penyakit Gonore

Sama seperti penyakit yang lainnya, komplikasi akibat penyakit gonore akan muncul jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat dalam jangka panjang. Gonore dapat menyebar dari uretra ke testis menyebabkan rasa sakit. Dalam beberap kasus yang telah terjadi, dapat mempengaruhi kesuburan pada pria.
Komplikasi Akibat Penyakit Gonore
Komplikasi Akibat Penyakit Gonore
Pada wanita, komplikasi akibat penyakit gonore dapat menyebar secara internal dari serviks (leher rahim) ke rahim, kemudian naik ke saluran tuba dan ovarium. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi panggul dan rasa sakit, suatu kondisi yang disebut dengan Pelvic Inflammatory Disease (PID) atau yang lebih dikenal dengan radang panggul.

PID dapat menyebabkan jaringan parut tuba fallopi dan meningkatkan risiko infertilitas serta kehamilan ektopik (kehamilan yang terjadi diluar rahim). Ini merupakan bagian dari komplikasi akibat penyakit gonore jika dibiarkan.

Apa itu gonore? Penyakit gonore atau dikenal dengan penyakit kencing nanah adalah infeksi menular seksual (IMS) tertua yang diketahui. Infeksi gonore disebabkan bakteri Neisseria gonorhoeae yang hidup pada serviks wanita dan didalam uretra pada pria.



Faktor risiko dan gejala gonore

Tingkat infeksi tertinggi antara remaja dan dewasa yang aktif secara seksual, jika Anda atau pasangan memiliki kontak seksual dengan orang lain, kemungkinan besar Anda akan terinfeksi penyakit menular seksual juga.

Orang lain yang berisiko tinggi untuk infeksi gonore termasuk yang pernah mengalami infeksi gonore sebelumnya, ada kemungkinan 20 hingga 25 persen seorang pria yang melakukan hubungan seksual tanpa kondom mendapatkan infeksi. Sedangkan risiko untuk wanita 80-90%.

Banyak gejala penyakit gonore mirip dengan infeksi bakteri menular seksual lain yang disebut klamidia. Wanita mungkin akan mengalami peningkatan keputihan berwarna kuning kehijauan, sensasi rasa terbakar atau nyeri ketika buang air kecil, pendarahan vagina diantara periode, nyeri perut bawah atau dubur, pendarahan selama hubungan seksual, vulva bengkak dan demam.

Sementara gejala gonore yang paling khas pada pria termasuk seringnya keinginan untuk buang air kecil, rasa seperti terbakar saat buang air kecil, keluar cairan seperti susu atau kuning kehijauan dari ujung penis, testis bengkak dan nyeri. Meskipun hanya 10% pria yang terinfeksi gonore tidak menunjukkan gejala, hampir 70% wanita yang terinfeksi tidak memiliki gejala.

Untuk terhindar dari berbagai komplikasi akibat penyakit gonore seperti yang telah dijelaskan, jika Anda mengalami gejalanya, sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan bahkan jika gejalanya tidak muncul terutama jika Anda aktif secara seksual dan melakukan hubungan seksual berisiko.

Baca Juga: Gejala Gonore Yang Harus Diwaspadai * Klik Disini

Diagnosis dan pengobatan gonore

Seperti halnya infeksi klamidia, dokter akan mengambil sampel cairan serviks (pada wanita) atau sampel cairan dari uretra (pria) atau mungkin spesimin urin untuk memeriksa keberadaan bakteri penyebab gonore. Usap tenggorokan atau dubur dapat juga digunakan.

Setelah hasil diagnosis menunjukkan bahwa Anda positif terinfeksi, maka dokter akan melakukan pengobatan. Antibiotik merupakan bagian dari cara mengobati penyakit gonore. Namun, seiring waktu, beberapa jenis gonore menjadi kebal terhadap banyak jenis antibiotik. Pastikan pasangan seksual Anda juga menerima perawatan agar infeksi tidak terjadi berulang-ulang.



Gonore? Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Penyakit gonore dapat diatasi dan disembuhkan hingga tuntas, namun tidak dengan obat rumahan atau bahan alami, sebab hal itu tidak terbukti efektif membasmi bakteri penyebab gonore. Untuk menghindari terjadinya berbagai komplikasi akibat penyakit gonore, Anda harus mendapatkan pengobatan intensif dari dokter ahli.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin memiliki dokter ahli kelamin profesional berpengalaman. Hingga saat ini sudah banyak yang datang melakukan pengobatan penyakit kelamin, baik pria atau wanita dan dinyatakan sembuh. Sekarang saatnya giliran Anda untuk terbebas dari segala risiko dan komplikasi akibat penyakit gonore.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru, memberikan perawatan medis prima, perawatan berkualitas dan terarah dengan biaya terjangkau yang di dukung peralatan medis canggih dan laboratorium steril.
Untuk informasi lebih lanjut terkait komplikasi akibat penyakit gonore, Anda dapat menghubungi kami di 081366657878.