Jum14Jun201915:28

Apa Saja Cara Mengobati Kencing Nanah?

Cara mengobati kencing nanah dapat dilakukan jika telah melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli. Kencing nanah atau biasa disebut dengan gonore merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri bernama Neisseria gonorrhea ini mudah menyebar kepada orang lain melalui hubungan seksual, termasuk seks oral, anal, dan vaginal. Meski mudah menular, bakteri penyebab kencing nanah tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama.
mengobati kencing nanah
mengobati kencing nanah

Apa Saja Gejala yang Dirasakan Penderita Gonore?

Sebelum mengetahui cara mengobati kencing nanah, gejala penyakit harus diketahui terlebih dahulu. Gejala penyakit gonore atau kencing nanah pada pria dan wanita memiliki sedikit perbedaan. Gejala gonore pada pria pada umumnya akan ditandai dengan keluarnya nanah pada ujung kelamin, nyeri ketika buang air kecil, nyeri pada salah satu testis, dan pembengkakan pada ujung kemaluan. Sementara, pada wanita, gejala yang akan dirasakan adalah sebagai berikut:


• Nyeri ketika buang air kecil atau saat melakukan hubungan seksual.
• Bertambahnya frekuensi buang air kecil.
• Sakit pada bagian perut dan pinggang hingga keputihan.
• Terjadi pendarahan ketika berhubungan seksual.
• Darah keluar lebih banyak dari biasanya saat menstruasi.

Munculnya beberapa gejala gonore ini tak hanya disebabkan oleh bakteri, namun juga akibat faktor lainnya. Faktor penyebab seseorang bisa menderita gonore adalah berusia muda, pernah menderita gonore sebelumnya, memiliki riwayat penyakit menular seksual lain, dan tinggal di daerah yang banyak terdapat kasus gonorenya.


Beberapa Cara Mengobati Penyakit Kencing Nanah

Untuk mengetahui cara mengobati kencing nanah, dokter akan mendiagnosis penyakit dengan menanyakan hal-hal terkait gejala, di antaranya sejak kapan gejala muncul, akitivitas seksual yang dilakukan, dan kondisi lingkungan kerja atau rumah. Setelah dokter juga akan melakukan pemeriksaan lanjutan, berupa:

• Pemeriksaan sampel cairan, dilakukan dengan cara mengambil sampel cairan dari bagian tubuh yang dicurigai terkena gonore untuk kemudian diperiksakan ke laboratorium.
 
• Pemeriksaan cairan darah, dilakukan untuk mengetahui apakah infeksi sudah menyebar menyebar ke dalam darah.
 
• Tes sensitivitas antibiotik, dilakukan jika antibiotik yang diberikan sudah tidak mampu mengobati kencing nanah.
 
Cara mengobati kencing nanah yang paling utama adalah pemberian antibiotik sesuai resep dokter. Lama pengobatan penyakit bergantung pada tingkat keparahannya sehingga antibiotik biasanya diberikan dalam bentuk tablet dan suntikan. Gejala gonore akan mereda dalam beberapa hari setelah melakukan pengobatan, namun meski sudah sembuh tidak akan membuat penderitanya menjadi kebal. Karena itu, Selain cara mengobati kencing nanah penderitanya juga perlu melakukan beberapa pencegahan, seperti:

• Gunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual.
• Lakukan pemeriksaan penyakit kelamin bersama pasangan secara teratur.
• Tidak bergonta ganti pasangan seksual atau setia pada satu orang saja.
• Hindari melakukan hubungan seksual bersama pasangan jika belum pulih.


Segera Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Dokter biasanya akan memberikan antibiotik sebagai cara untuk mengobati kencing nanah. Penyakit gonore atau kencing nanah bisa ditangani bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Penanganan dapat dilakukan dengan cepat karena klinik ini menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada pasien dalam masalah biaya perawatan sehingga Anda tidak perlu khawatir. Salah satu keunggulan yang dimiliki Klinik Utama Sentosa adalah layanan konsultasi online. Melalui konsultasi ini, Anda akan mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk infrormasi lebih lanjut, hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.