Sab16Feb201915:12

Kenapa Keluar Nanah dari Kemaluan Wanita?

Keluar nanah dari kemaluan wanita merupakan salah satu tanda penyakit menular seksual bernama kencing nanah atau gonore. Umumnya, gonore disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Bakteri akan menyerang beberapa bagian tubuh, seperti dubur, serviks atau leher rahim, uretra atau saluran kencing, mata, dan juga tenggorokan.

keluar nanah dari kemaluan wanita
keluar nanah dari kemaluan wanita

Apa Saja Gejala yang Dirasakan Penderitanya?

Gejala penyakit gonore, yakni keluar nanah dari kemaluan wanita tidak langsung terlihat saat baru pertama kali terinfeksi. Biaasanya, tanda umum seperti keluar nanah dari kemaluan wanita akan muncul sekitar 10 hingga 20 hari setelah infeksi. Beberapa penderita gonore wanita bahkan sering keliru mengira penyakit karena hampir sama seperti infeksi jamur pada umumnya. Namun, Anda dapat mengetahui beberapa tanda atau gejala umum yang dapat terlihat, seperti:
 


• Adanya rasa sakit dan sensasi panas ketika buang air kecil.
• Muncul bercak darah atau pendarahan di luar periode haid.
• Terasa nyeri ketika melakukan hubungan seksual.
• Frekuensi buang air kecil meningkat dari biasanya.
• Terdapat pembengkakan pada vulva wanita.
• Muncul rasa terbakar dan panas pada tenggorokan.
• Nyeri pada perut bagian bawah dan panggul.

Jika keluar nanah dari kemaluan wanita dan tidak segera ditangani, maka akan menyebabkan penyakit radang panggul. Selain itu, penyakit ini juga bisa merusak tuba fallopi, mengakibatkan ketidaksuburan, dan meningkatkan risiko terjadinya kehamilan ektopik atau sel telur berkembang di luar rahim. Gejala gonore berupa keluar nanah dari kemaluan wanita dapat menyebar ke darah serta persendian. Hal ini akan membuat penderita menjadi lebih rentan terserang virus HIV.


Bagaimana Cara Mengobati Kencing Nanah?

Selain bakteri, terdapat berbagai faktor risiko yang memicu seseorang menderita penyakit gonore. Beberapa faktor penyebab penyakit gonore, antara lain pernah didiagnosis gonore sebelumnya, memiliki riwayat infeksi menular seksual lainnya, mempunyai lebih dari satu pasangan seksual, dan telah aktif secara seksual sejak usia muda. Untuk menghindari keluar nanah dari kemaluan wanita, Anda perlu melakukan tindak pencegahan, seperti berikut ini:

• Selalu menggunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seks.
• Tidak bergonta ganti pasangan seksual atau setia pada satu orang saja.
• Membatasi kontak seksual dengan pasangan yang terindikasi gonore.
• Cegah gonore dengan melakukan vaksinasi HPV sebelum berusia 26 tahun.
• Jika terinfeksi bakteri, hindari kontak seksual dan segera hubungi dokter.

Seseorang yang telah terinfeksi gonore harus segera diberikan penanganan tepat sebelum penyakit menyebabkan komplikasi atau menyebar pada orang lain. Gonore atau kencing nanah biasa disembuhkan dengan menggunakan antibiotik oral maupun injeksi. Dokter biasanya akan memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik guna mengobati gonore. Untuk mencegah penularan bakteri, penderitanya disarankan untuk tidak berhubungan seksual selama masa perawatan.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik jika keluar nanah dari kemaluan wanita adalah melakukan pemeriksaan di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kepuasaan serta kenyamanan karena memiliki fasilitas lengkap dan ditangani langsung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman.
 
Tak hanya itu, biaya perawatan di Klinik Utama Sentosa juga sangat terjangkau untuk segala kalangan. Pelayanan medis diberikan secara maksimal sehingga proses penyembuhan penyakit berlangsung dengan cepat. Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berobat. Informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.