Sab09Feb201914:54

Kenali Ciri Gonore Pada Wanita

Ciri gonore pada wanita biasanya muncul dengan sangat ringan sehingga penderitanya tidak menyadari adanya infeksi. Gonore atau kencing nanah merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit ini bisa diderita, baik wanita maupun pria yang aktif secara seksual. Bakteri yang menyebabkan munculnya ciri gonore pada wanita ini bisa menyerang dubur, serviks atau leher rahim, uretra atau saluran kencing, mata, serta tenggorokan.

ciri gonore pada wanita
ciri gonore pada wanita

Apa Saja Gejala Penyakit Gonore?

Infeksi bakteri penyebab gonore terkadang tidak menimbulkan gejala yang cukup terlihat. Namun, infeksi gonore biasanya akan berdampak pada organ tubuh lain, terutama sistem reproduksi. Ciri gonore pada wanita maupun pria yang paling utama adalah adanya rasa sakit dan perih ketika buang air kecil serta keluarnya cairan seperti nanah dari organ kelamin. Ciri gonore pada wanita lainnya, dapat berupa demam, menstruasi parah, pendarahan setelah melakukan seks, dan pembengkakan pada vulva. Gejala atau ciri gonore pada wanita yang menyertai, seperti:
 


• Rasa nyeri pada perut bagian bawah atau panggul.
• Adanya pendarahan di luar periode menstruasi.
• Konjungtivitas atau kemerahan dan gatal pada mata.
• Muncul rasa panas pada tenggorokan akibat oral seks.
• Terjadi pembengkakan pada kelenjar di tenggorokan.


Komplikasi Serta Penanganan yang Dapat Dilakukan

Beberapa ciri gonore pada wanita yang tidak segera ditangani akan menyebabkan munculnya penyakit radang panggul. Hal ini dapat memicu sakit pada tulang panggul jangka panjang, mengalami kemandulan, dan terjadinya kehamilan ektopik atau lahir di luar rahim. Beberapa bahaya atau komplikasi lain yang dapat terjadi, antara lain:


• Mengalami iritasi pada kulit hingga berwarna kemerahan.
• Terjadi peradangan dan pembengkakan pada persendian.
• Memicu radang pada otak, saraf tulang belakang, serta jantung.

Komplikasi yang akan muncul jika terjadi pada wanita hamil bisa berdampak buruk pada kondisi bayi dalam kandungannya. Bayi yang terinfeksi bakteri penyebab gonore akan lahir secara prematur atau mengalami keguguran. Infeksi juga akan menyerang mata bayi sehingga terjadi kerusakan penglihatan permanen jika tidak segera diobati dengan obat antibiotik. Penyakit gonore dapat disembuhkan jika segera melakukan penanganan.
 
Penanganan yang diberikan pada wanita adalah dengan meresepkan obat antibiotik. Biasanya gejala gonore akan mereda beberapa hari setelah pengobatan dilakukan. Dokter akan memberikan satu suntikan antibiotik dan diikuti dengan mengonsumsi satu tablet antibiotik. Untuk mencegah penularan bakteri penyebab gonore, Anda dan pasangan disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual selama masa perawatan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan tindak pencegahan, seperti:

• Gunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seks.
• Setia pada satu pasangan dan tidak bergonta ganti pasangan seksual.
• Menghindari kontak seksual dengan pasangan jika teinfeksi penyakit.
• Berkomunikasi dengan pasangan sebelum melakukan hubungan seks.


Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui ciri gonore pada wanita, Anda dapat melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Klinik ini sudah terpercaya karena perawatan dilakukan oleh dokter berpengalaman dan berkompeten serta menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga menawarkan pelayanan medis yang maksimal sehingga kesembuhan penyakit pasien bisa didapatkan dengan cepat. Sebelum melakukan perawatan, Anda dapat berkonsultasi bersama staf medis profesional secara online dan gratis. Melalui konsultasi ini, Anda akan mengetahui penyebab penyakit dan juga jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.