Sel19Feb201910:56

Kelamin Keluar Nanah, Bagaimana Penanganannya?

Kelamin keluar nanah baik dialami oleh wanita maupun pria menandakan adanya penyakit menular seksual. Salah satu penyakit kelamin yang ditandai dengan kelamin keluar nanah adalah kencing nanah atau gonore. Penyakit gonore yang menginfeksi tubuh disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Selain kelamin keluar nanah, gejala gonore yang menyertai lainnya dapat berupa rasa gatal, terasa panas, dan nyeri di sekitar lubang kelamin.
kelamin keluar nanah
kelamin keluar nanah

Apa Saja Tanda Penyakit Kencing Nanah?

Pada dasarnya, infeksi gonore tidak menimbulkan gejala yang pasti. Namun, jika gejala muncul maka dapat berdampak buruk pada berbagai organ tubuh penderitanya. Gejala yang sering dirasakan, baik penderita pria maupun wanita dapat berupa sakit serta perih ketika buang air kecil dan kelamin keluar nanah yang berwarna putih, kuning, hingga kehijauan. Penderitanya juga akan mengalami infeksi di tenggorokan, dubur, dan mata karena melakukan seks oral atau anal.


Sebagian besar penderita gonore tidak menyadari adanya infeksi karena penyakit muncul tanpa gejala. Selain sakit panas ketika buang air kecil dan kelamin keluar nanah, terdapat beberapa gejala lain yang menyertai, seperti:
 
• Meningkatnya frekuensi ingin buang air kecil.
• Adanya kemerahan pada bukaan atau kulup kelamin.
• Terjadi pembengkakan serta nyeri pada testis.
• Merasakan sakit pada tenggorokan yang terus-menerus.

Berbeda dengan pria, penderita gonore wanita akan mengalami demam, keluarnya darah menstruasi yang lebih berat, dan mengalami pendarahan setelah berhubungan seksual. Gejala yang muncul pada penderita wanita lainnya, adalah sebagai berikut:

• Terdapat bercak darah hingga pendarahan di luar periode haid.
• Terasa sakit dan nyeri ketika melakukan hubungan seksual.
• Nyeri pada perut bagian bawah atau nyeri panggul.
• Terjadinya pembengkakan pada vulva.
• Terasa panas dan terbakar di tenggorokan akibat oral seks.


Bagaimana Dokter Mendiagnosis Penyakit?

Salah satu cara untuk mengetahui kenapa kelamin keluar nanah adalah berkonsultasi dengan dokter. Sebelum melakukan penanganan, dokter biasanya akan mendiagnosis melalui beberapa pertanyaan seputar riwayat penyakit dan gejala yang dirasakan. Beberapa kondisi yang disarankan untuk segera melakukan penanganan, yakni sebagai berikut:


• Adanya penyakit menular seksual lainnya dalam tubuh.
• Anda dan pasangan merasakan adanya gejala gonore.
• Wanita dalam keadaan hamil atau merencanakan kehamilan.
• Pasangan seksual memiliki riwayat penyakit kelamin lainnya.
• Melakukan hubungan seksual tanpa pelindung atau kondom.

Penanganan penyakit gonore harus dilakukan dengan segera sebelum mengakibatkan komplikasi yang lebih serius. Pemeriksaan terlebih dahulu akan dokter lakukan dengan pengambilan sampel cairan dari tubuh, seperti organ kelamin, dubur, uretra, dan tenggorokan. Setelah pemeriksaan selesai, dokter akan menyarankan beberapa cara menangani penyakit gonore.
 
Pengobatan gonore yang biasa diberikan dokter adalah dengan satu suntikan obat antibiotik dan diikuti dengan konsumsi satu tablet antibiotik. Gejala gonore akan mereda dalam beberapa hari setelah pemberian obat dilakukan. Selama masa perawatan, Anda dan pasangan tidak diperbolehkan untuk melakukan hubungan seksual guna mencegah penularan penyakit lebih lanjut.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Kelamin keluar nanah dapat ditangani dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, penyakit akan ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Sebelum melakukan penanganan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu secara online dan gratis. Konsultasi ini sangat berguna bagi pasien karena dapat mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.