Jum15Mar201915:57

Ini Dia Penyebab Penyakit Gonore Pada Wanita

Penyebab penyakit gonore yang paling utama adalah infeksi bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini biasanya tertarik untuk tumbuh pada selaput lendir dari tubuh Anda karena hangat serta lembap. Beberapa tempat yang disukai bakteri gonore adalah leher rahim, saluran rahim, saluran tuba pada wanita, dan saluran kemih atau uretra. Bakteri penyebab gonore mudah menular pada orang lain karena melakukan kontak seksual, termasuk oral, anal, dan vaginal.
penyebab penyakit gonore
penyebab penyakit gonore

Penyebab Gonore Serta Faktor Risiko Penyakit

Bakteri penyebab penyakit gonore bisa menginfeksi bayi yang baru lahir saat proses persalinan jika sang ibu merupakan penderita gonore. Biasanya, gonore akan menjangkiti mata bayi hingga mengakibatkan kebutaan permanen. Meski mudah menular, bakteri penyebab penyakit gonore ini tidak dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama. Karena itu, penyakit gonore tidak menular akibat menggunakan dudukan toilet yang sama, berbagi peralatan makan, berada di satu kolam renang yang sama, berciuman, serta berpelukan dengan penderita.
 


Selain bakteri, risiko meningkatnya infeksi gonore dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti memiliki lebih dari satu pasangan seksual, sudah aktif secara seksual sejak muda, pernah didiagnosis gonore sebelumnya, memiliki riwayat infeksi menular seksual lainnya. Jika Anda memiliki satu dari faktor risiko tersebut, maka gejala penyakit mungkin akan terlihat, di antaranya:


• Gejala gonore pada pria

Bakteri yang menjadi penyebab penyakit gonore pada pria akan memunculkan gejala berupa keluarnya nanah dari organ kelamin, terjadi pembengkakan hingga kemerahan pada bukaan kulup, mengalami sakit pada tenggorokan yang datang terus menerus, dan keinginan untuk buang air kecil meningkat.


• Gejala gonore pada wanita

Gejala penyakit gonore pada wanita tidak terbentuk dengan jelas, seperti infeksi jamur pada umumnya. Namun, beberapa gejala yang perlu Anda ketahui, antara lain keluarnya cairan asing dari organ kelamin, adanya rasa nyeri serta panas ketika buang air kecil, muncul bercak darah hingga pendarahan di luar periode menstruasi, demam, serta pembengkakan pada vulva.


Bagaimana Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan?

Lama pengobatan terhadap bakteri penyebab penyakit gonore bergantung pada tingkat keparahan yang dilihat dari gejala serta risiko komplikasinya. Kedua faktor tersebut juga akan membantu dokter untuk menentukan jenis, dosis, serta durasi pemberian obat. Bakteri penyebab penyakit gonore yang berhasil dideteksi pada tahap awal bisa dihilangkan dalam waktu 1 hingga 2 hari setelah berobat. Namun, jika terlambat dideteksi, maka durasi pengobatan dan lama penyembuhan akan memakan waktu yang lebih lama.
 
Untuk mengurangi infeksi bakteri penyebab gonore dan mendapat kesembuhan optimal, maka penderitanya perlu melakukan beberapa tindak pencegahan. Cara mencegah gonore yang bisa Anda lakukan, antara lain selalu gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual, tidak bergonta ganti pasangan seksual, batasi kontak seksual selama masa perawatan, dan lakukan vaksinasi HPV sebelum berusia 26 tahun.
 

Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyebab penyakit gonore, baik pada wanita maupun pria bisa Anda ketahui dengan berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan perawatan lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.