Jum26Apr201913:19

Gonore Pria Apakah Bisa Sembuh?


Gonore pria kerap kali menyebabkan munculnya gangguan pada organ reproduksi. Gonore atau kencing nanah adalah penyakit infeksi menular seksual yang bisa dialami oleh pria maupun wanita. Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi dari bakteri bernama Neisseria gonorhoeae. Bakteri penyebab gonore pria biasanya akan menginfeksi saluran kencing atau uretra, mata, serta tenggorokan.
gonore pria
gonore pria

Apa Saja Gejala Penyakit Gonore Pada Pria?

Infeksi gonore pria biasanya tidak menimbulkan gejala, namun akan berdampak pada berbagai organ tubuh selain sistem reproduksi. Gejala gonore pria muncul sekitar 2 hingga 14 hari setelah terinfeksi. Beberapa gejala penyakit gonore pada pria yang mungkin dirasakan penderitanya, antara lain:
 

• Keluarnya cairan berwarna kuning kehijauan dari organ kelamin.
• Munculnya rasa sakit dan sensasi panas ketika buang air kecil.
• Tenggorokan terasa panas akibat melakukan oral seks dengan penderita.
• Terjadi pembengkakan hingga menyebabkan rasa nyeri pada testis.
• Adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening di tenggorokan.

Jika gejala gonore pria tidak segera ditangani dapat menyebabkan komplikasi penyakit berupa pembengkakan pada bagian testis, epididimitis, dan ketidaksuburan. Selain itu, infeksi gonore juga bisa mempengaruhi organ tubuh lainnya, termasuk tenggorokan, mata, jantung, kulit, serta persendian.
 

Bagaimana Penanganan Terhadap Gejala Gonore?

Penanganan gonore pria biasanya dilakukan dengan menggunakan obat antibiotik dalam bentuk oral maupun injeksi. Pasangan seksual harus melakukan pemeriksaan kesehatan seksual guna menghindari infeksi dan penyebaran lebih lanjut. Infeksi gonore bisa menyebar ke darah atau sendi sehingga merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Penderita gonore menjadi lebih rentan untuk terinfeksi HIV atau virus penyebab AIDS.
 
Lama penyembuhan bergantung pada beberapa faktor, seperti berapa lama Anda menderita gonore, gejala penyakit, tingkat keparahan, dan risiko komplikasinya. Jika penyakit berhasil ditangani pada tahap awal, maka gejala akan mereda dan sembuh 1 hingga 2 hari setelah berobat. Namun, jika terlambat dideteksi maka proses penyembuhan penyakit juga akan memakan waktu yang lebih lama. Untuk itu, selama masa perawatan penderita gonore disarankan melakukan tindak pencegahan, seperti:


• Menggunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan intim.
• Tidak berhubungan seksual dengan orang yang memiliki gejala tidak biasa.
• Hindari kontak seksual dengan pasangan yang tidak terinfeksi penyakit.
• Habiskan seluruh obat antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter.

Antibiotik yang tidak dihabiskan dapat mengembangkan kekebalan terhadap bakteri penyakit atau biasa disebut dengan resistensi. Kondisi ini menyebabkan bakteri penyebab penyakit berkembang biak dengan subur dan memperparah gejalanya. Jika resistensi antibiotik sudah terjadi, pengobatan lanjutan sangat diperlukan. Selain itu, durasi pengobatan gonore juga menjadi semakin panjang dan sulit disembuhkan.

Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Gejala gonore pria bisa disembuhkan dengan melakukan perawatan medis di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Sebelum melakukan penanganan penyakit, pasien dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis berpengalaman di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.