Jum17Mei201914:04

Gonore Akut Adalah Penyakit Yang Harus Segera Diobati

 

Ada dua jenis penyakit gonore, yang pertama gonore akut adalah kondisi dimana gejala yang dialami oleh penderitanya berupa keluarnya cairan seperti nanah dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, ada juga gonore kronis dimana cairan yang dikeluarkan biasanya lebih sedikit. Namun, di tahap kronis inilah yang menandakan bahwa infeksinya sudah semakin berkembang.



Penyakit gonore adalah salah satu penyakit menular seksual yang dapat terjadi pada pria maupun wanita terutama yang aktif berhubungan seksual. Tanpa penyembuhan yang tepat, gonore tidak bisa sembuh sendiri dan bisa bertambah parah. Gejala paling umum yang dialami oleh penderita gonore adalah keluar cairan dari dalam alat kelamin. Mereka yang melakukan hubungan seksual dengan cara yang tidak aman baik secara oral, anal, maupun vaginal berisiko terkena penyakit gonore.

Penyebab Infeksi Penyakit Gonore


Yang menyebabkan penyakit gonore akut adalah infeksi bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini dapat masuk melalui aktivitas hubungan seksual. Seseorang yang berhubungan seksual dengan penderita penyakit gonore, maka akan tertular penyakit tersebut. Penularan penyakit gonore ini tidak hanya dapat dilakukan melalui hubungan seksual, namun juga melalui proses melahirkan untuk ibu hamil yang terinfeksi bakteri gonore. Selain penyebab utama, ada beberapa hal yang menambah risiko seseorang terinfeksi bakteri gonore.

• Hubungan seksual yang tidak aman atau seks bebas

Faktor yang pertama adalah hubungan seksual yang tidak aman, tidak menggunakan kondom misalnya.

• Kebersihan organ intim kurang terjaga

Setiap habis berhubungan, organ intim harus dibersihkan dengan benar. Jika tidak, maka kemungkinan terinfeksi penyakit gonore lebih tinggi.

• Memiliki pasangan seksual lebih dari satu

Mereka yang sering bergonta ganti pasangan seksual dapat terkena pennyakit gonore, apalagi jika riwayat seks pasangan tidak diketahui. Bisa saja pasangan Anda memiliki riwayat atau sedang menderita penyakit gonore.

• Pernah menderita gonore

Seseorang yang pernah terinfeksi bakteri gonore juga lebih rentan menderita penyakit kencing nanah ini lagi.


Gejala Penyakit Gonore


Gejala yang dialami oleh penderita gonore biasanya berbeda-beda tergantung pada tahap mana penyakit gonorenya telah menginfeksi.

• Gejala gonore akut

Gonore akut adalah keadaan dimana gejala muncul setelah bakteri menginfeksi. Gejala yang muncul biasanya adalah keluar cairan berupa nanah dari alat kelamin. Pada wanita, cairan keluar dari vagina, dan pria keluar dari penis, namun juga bisa keluar dari lubang anus bagi yang melakukan hubungan seksual anal.

• Gejala gonore kronis

Jika bakteri yang menginfeksi sudah cukup lama namun tidak segera diatasi, maka gejala berikut mungkin saja dialami. Rasa sakit saat buang air kecil dan frekuensi kencing yang semakin sering juga salah satu gejalanya. Kemunculan luka juga sering terjadi, bahkan jika sudah parah luka merah membengkak tersebut dapat muncul di bagian kulup dan penis.

Bahaya Penyakit Gonore Yang Tidak Diobati


Gejala gonore akut adalah gejala awal saat setelah bakteri menginfeksi, namun jika pada tahap ini belum diobati, maka bisa berlanjut ke kondisi gonore kronis dimana gejala maupun bahayanya lebih sulit untuk disembuhkan. Jika tidak mendapatkan pengobatan, beberapa bahaya gonore akut adalah sebagai berikut :

• Penyakit Menular Seksual Lainnya

Jika bakteri telah menyebar ke organ lainnya, maka dapat terjadi orchitis, epididimitis, dan prostatitis pada pria.

• Pembengkakan skrotum
• Ejakulasi dini dan impotensi pada pria.
• Kualitas sperma menurun
• Infertilitas

Bahaya tersebut tidak perlu dialami jika penderita dapat segera menyadari bahwa gejala gonore akut adalah sesuatu yang harus segera diobati .


Pengobatan Gonore Akut Yang Tepat
Meskipun gonore akut adalah tahap awal, namun sebaiknya segera diberikan pengobatan, namun tidak disarankan bagi penderita untuk melakukan pengobatan sendiri tanpa bantuan dokter. Penggunaan obat gonore yang tidak tepat justru dapat memperparah gejala penyakit gonore. Kalaupun Anda ingin melakukan pengobatan dengan obat, pastikan sesuai dengan resep dokter. Jika bingung ingin melakukan pengobatan gonore dimana, silahkan kunjungi Klinik Utama Sentosa. Untuk mendapatkan pemeriksaan, ada dapat membuat janji sekaligus melakukan konsultasi gratis dengan dokter kami melalui hotline di 081366657878.