Sel12Mar201910:00

Gejala Kencing Nanah Pada Pria

Gejala kencing nanah pada pria sedikit memiliki perbedaan dengan gejala kencing nanah pada wanita. Mengenal gejala atau tanda-tanda kencing nanah penting dilakukan yang bertujuan untuk mencegah risiko penyebaran kepada pasangan.
Gejala Kencing Nanah Pada Pria
Gejala Kencing Nanah Pada Pria
Kencing nanah atau penyakit gonore adalah salah satu infeksi menular seksual yang lebih umum. Seperti halnya infeksi menular seksual lainnya, pria memiliki risiko yang lebih rendah tertular ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang telah terinfeksi. Sementara pada wanita, memiliki risiko 50 persen menangkan infeksi dari pasangan yang terinfeksi, risiko pada pria yaitu 20 persen.

Kencing nanah atau penyakit gonore disebabkan infeksi bakteri Neisseria gonorhoeae. Meski bakteri menyebar melalui hubungan seksual, seorang pria tidak harus berejakulasi untuk dapat menularkannya kepada pasangan seksual.

Anda dapat tertular gonore dari kontak seksual apa saja, termasuk:

• Hubungan vaginal, anal dan oral.
• Seperti kuman yang lainnya, infeksi bakteri dapat menular hanya dengan menyentuh area yang terinfeksi. Jika bersentuhan dengan penis, vagina, mulut, atau anus seseorang yang telah terinfeksi bakteri, maka Anda dapat terinfeksi penyakit kencing nanah.
• Selain menular melalui hubungan seksual, ibu hamil yang telah terinfeksi kencing nanah juga dapat menularkannya kepada bayinya melalui proses persalinan normal.

Banyak orang dengan penyakit gonore tidak memiliki gejala sama sekali. Tak jarang menyebabkan pengobatan yang terlambat. Gejala kencing nanah pada pria muncul 2 hingga 5 hari setelah terinfeksi. Gejala pada pria meliputi:
• Sensasi rasa terbakar atau nyeri ketika buang air kecil.
• Keluar cairan yang berwarna putih, kuning, kehijauan dari ujung penis.
• Testis terasa sakit dan membengkak.

Pada wanita, gejala kencing nanah atau gonore sering ringan, bahkan tidak ada gejala. Terkadang disalahartikan sebagai infeksi kandung kemih atau infeksi vagina. Gejala pada wanita meliputi:
• Sakit atau terasa seperti terbakar ketika buang air kecil.
• Terjadi keputihan abnormal.
• Pendarahan vagina diantara periode menstruasi.

Gejala pada infeksi dubur pria dan wanita, antara lain:
• Anal terasa gatal dan sakit.
• Beradarah.




Diagnosis dan pengobatan kencing nanah

Beberapa tes laboratorium dapat dilakukan untuk mendiagnosis kencing nanah, tes yang dilakukan meliputi tes urine, tes lainnya memerlukan sampel cairan dari daerah yang telah terinfeksi seperti uretra, rektum, serviks, atau tenggorokan.

Tindakan pengobatan kencing nanah atau gonore akan tergantung pada banyak hal, termasuk berapa lama setelah gejala kencing nanah pada pria atau muncul, dan juga tingkat keparahannya. Ada beberapa jenis gonore yang kebal dengan obat sehingga pengobatan yang berhasil menjadi sulit.

Anda membutuhkan perawatan dengan membasmi bakteri penyebab agar kencing nanah tidak kambuh kembali dikemudian hari. Tahukah Anda bahwa penyakit kelamin kencing nanah dapat diatasi dan disembuhkan, namun tidak dengan obat rumahan atau obat alami dn pengobatan lainnya tanpa resep dokter.

Simak: Cara Menyembuhkan Kencing Keluar nanah* Klik Disini

Risiko kencing nanah jika tidak diobati

Meski penyakit kelamin kencing nanah dapat diatasi dan disembuhkan, namun jika tidak mendapatkan pengobatan tentu saja akan menimbulkan dampak pada penderitanya. Kencing nanah yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan serius hingga permanen baik pada pria atau wanita.

Maka, jika gejala kencing nanah pada pria atau wanita muncul, akan lebih baik untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat. Jika tidak, bahaya kencing nanah pada wanita adalah penyebab umum radang panggul (PID). Wanita dengan penyakit ini dapat mengembangkan abses (nanah) serta nyeri panggul yang lama.

Radang panggul dapat merusak saluran tuba falopi yang berpotensi meningkatkan terjadinya infertilitas dan menyebabkan risiko kehamilan ektopik (kehamilan yang terjadi di luar rahim yang menganjam jiwa).

Sementara pada pria, kencing nanah dapat menyebabkan epididimitis, kondisi dimana testis terasa menyakitkan, menyebabkan infertilitas jika tidak segera diobati.

Jika seorang wanita terinfeksi kencing nanah sedang hamil, dapat menularkan infeksi kepada bayi selama persalinan yang normal. Dapat menyebabkan kebutaan pada bayi, infeksi sendi atau infeksi darah yang menganjam hidup bayi.




Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mendapatakn perawatan yang tepat dan akurat terkait penyakit kelamin baik pada pria atau wanita, kunjungi Klinik Utama Sentosa. Disini Anda mendapatkan pengobatan medis prima dari dokter ahli kelamin profesional sehingga penyakit kelamin Anda diatasi hingga tuntas.

Untuk informasi lebih lanjut jika saat ini Anda mengalami gejala kencing nanah pada pria atau wanita, untuk konsultasi silahkan klik website kami, atau anda dapat menghubungi kami di 081366657878.