Min21Apr201914:41

Ciri Ciri Gonore Serta Cara Mengobatinya

Ciri ciri gonore yang paling mudah dikenali adalah keluarnya cairan menyerupai nanah dari organ kelamin. Penyakit ini bisa diderita oleh pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Biasanya, penyakit gonore disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Penularan bakteri mudah terjadi karena melakukan hubungan seksual yang tidak aman tanpa menggunakan pelindung atau kondom.
ciri ciri gonore
ciri ciri gonore

Gejala Penyakit Gonore Serta Komplikasinya

Selain melalui hubungan seksual, bakteri gonore juga dapat menular dari wanita hamil ke bayi dalam kandungannya. Seseorang mudah terinfeksi gonore jika sering bergonta ganti pasangan seksual. Selain itu, terdapat beberapa faktor risiko munculnya ciri ciri gonore, seperti berusia muda, pernah menderita gonore sebelumnya, dan memiliki riwayat penyakit menular seksual lainnya. Biasanya, ciri ciri gonore pada pria dan wanita berbeda, yakni sebagai berikut:


• Gejala gonore pria

Ciri ciri gonore pada pria biasanya ditandai dengan keluar nanah pada ujung kemaluan, terasa nyeri ketika buang air kecil, adanya pembengkakan serta nyeri pada salah satu testis, dan pembengkakan hingga kemerahan di ujung kelamin pria.


• Gejala gonore wanita

Sementara itu, ciri ciri gonore yang akan dirasakan wanita, berupa bertambahnya frekuensi buang air kecil, sakit pada perut serta panggul, keluarnya cairan keputihan, mengalami pendarahan ketika berhubungan seksual, dan periode haid lebih lama dari biasanya.
 
Jika ciri ciri gonore tidak segera ditangani, maka akan menimbulkan komplikasi yang cukup berbahaya. Komplikasi gonore pada pria yang akan muncul adalah epididimitis, luka pada saluran kencing, terdapat nanah di dalam kemaluan, hingga kemandulan. Pada wanita, komplikasi akibat gonore, yakni penyakit radang panggul, terjadi sumbatan pada saluran telur yang memicu kehamilan ektopik, serta infertilitas atau ketidaksuburan.

Penanganan Tepat Terhadap Infeksi Bakteri Gonore

Pengobatan gonore yang dilakukan dokter dilakukan dengan memberikan antibiotik. Lama waktu penyembuhan dengan menggunakan antibiotik bergantung dari tingkat keparahan penyakit. Jika gonore sudah parah atau menyebar hingga ke organ tubuh lainnya, perlu mengonsumsi obat dalam bentuk tablet minum ataupun suntikan dengan dosis yang lebih banyak. Selama masa perawatan, penderitanya tidak diperbolehkan berhubungan seksual terlebih dahulu.
 
Penyakit gonore yang telah berhasil ditangani tidak membuat penderitanya menjadi kebal. Karena itu, pastikan untuk mengikuti anjuran dokter dalam menggunakan antibiotik agar bakteri gonore dapat menghilang sepenuhnya. Proses penyembuhan penyakit dapat berjalan dengan lancar jika disertai dengan beberapa tindak pencegahan, seperti:

• Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Batasi kontak seksual dengan pasangan yang tidak terinfeksi.
• Rutin konsumsi obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter.
• Periksakan kondisi kesehatan seksual Anda dan pasangan.
• Tidak berhubungan seksual jika muncul gejala yang tidak biasa.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Ciri ciri gonore dapat ditangani jika berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan perawatan lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.