Jum05Jul201909:46

Cara Penularan Infeksi Kencing Nanah

Penularan infeksi kencing nanah yang paling utama adalah menular melalui aktivitas hubungan seksual, baik vaginal, anal atau oral, dari pasangan yang terinfeksi. Ejakulasi tidak harus terjadi untuk menularkan atau mendapatkan infeksi.
Cara Penularan Infeksi Kencing Nanah
Cara Penularan Infeksi Kencing Nanah
Selain penularan infeksi kencing nanah melalui hubungan seksual, infeksi juga dapat menyebar dari ibu hamil penderita kencing nanah kepada bayinya selama proses persalinan. Kencing nanah atau dikenal dengan penyakit gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan infeksi bakteri Neisseria gonorhoeae.

Bakteri penyebab kencing nanah ini menginfeksi selaput lendir saluran reproduksi, termasuk serviks, uterus, saluran tuba pada wanita, dan uretra. Bakteri ini juga dapat menginfeksi selaput lendir mulut, tenggorokan, mata dan dubur.

Satu-satunya cara untuk melindungi diri dari penularan infeksi kencing nanah atau IMS lainnya adalah dengan benar-benar menjaga diri dari penangkapan bakteri penyebab penyakit kelamin, lakukan hubungan seksual sehat dan tidak berganti-ganti pasangan, selain itu gunakan kondom selama hubungan seksual.



Gejala kencing nanah pada pria dan wanita

Pada wanita, kencing nanah seringkali tidak menimbulkan gejala. Jika gejala muncul, gejala cenderung sangat ringan sehingga salah diagnosis sebagai infeksi saluran kemih atau infeksi vagina. Gejala pada wanita meliputi:
 
• Keputihan berbau tidak sedap.
• Nyeri dan terasa seperti terbakar ketika buang air kecil.
• Frekuensi buang air kecil meningkat dari biasanya.
• Nyeri ketika berhubungan seksual.
• Sakit tenggorokan.
• Demam dan sakit perut.
 
Gejala pada pria, antara lain:
 
• Nyeri dan terbakar ketika buang air kecil.
• Buang air kecil lebih sering dari biasanya.
• Keluar cairan putih, kuning, atau hijau dari ujung penis.
• Pembukaan uretra memerah atau bengkak.
• Sakit tenggorokan.
• Infeksi kencing nanah pada dubur dapat menyebabkan keputihan, nyeri, gatal, pendarahan, dan sakit ketika buang air kecil.


Simak: Kenapa Kencing Nanah Tidak Kunjung Sembuh?

Apa pengobatan untuk infeksi kencing nanah?

Kencing nanah dapat diatasi dan disembuhkan dengan penanganan dan perawatan yang tepat. Obat penyakit gonore atau kencing nanah tidak boleh dibagikan pada siapapun. Jika Anda didiagnosis dan sedang dirawat, pastikan untuk memberi tahu pasangan agar ikut melakukan pemeriksaan untuk mencegah penyebaran dan penularan infeksi kencing nanah, bahkan tanpa gejala.

Infeksi kencing nanah mudah disembuhkan jika terdeteksi sejak dini dapat dengan mudah disembuhkan. Namun jika tidak diobati, infeksi dapat menyebabkan masalah serius dan jangka panjang, bahkan permanen termasuk infertilitas pada pria dan wanita.

Kencing nanah dan HIV. Memiliki infeksi kencing nanah dapat meningkatkan risiko tertular dan menularkan HIV jika terkena virus. Demikian juga jika Anda memiliki HIV, kencing nanah yang tidak diobati dapat membuatnya lebih mungkin akan menularkan HIV selama berhubungan seksual.



Kencing nanah? konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mencegah penularan infeksi kencing nanah dan penyebaran bakteri penyebab kencing nanah, pengobatan sejak dini adalah langkah yang paling tepat untuk dilakukan. Penanganan yang dilakukan sejak gejala awal muncul akan membantu mempercepat proses penyembuhan, membantu menghemat waktu dan biaya pengobatan.

Kami, Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin khusus menangani infeksi menular seksual (IMS), Andrologi, dan Ginekologi. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, berkualitas dan terarah yang berfokus pada penyebab penyakit. Didukung peralatan medis canggih, laboratorium steril dimana Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin terlatih dengan biaya terjangkau.

Kami juga menyediakan layanan konsultasi online gratis 24 jam, untuk informasi lebih lanjut tentang cara penularan infeksi kencing nanah, atau pertanyaan lainnya mengenai penyakit kelamin, silahkan klik website kami dan konsultasi langsung dengan tenaga medis kesehatan profesional, atau Anda dapat menghubungi kami di 081366657878.