Sen25Mar201915:48

Berikut, Ciri-Ciri Kencing Nanah Pada Wanita

Ciri-ciri kencing nanah pada wanita umumnya terjadi 2 hingga 14 hari setelah terpapar. Namun, pada beberapa orang yang terinfeksi gonore tidak mengalami gejala yang nyata. Seseorang dengan kencing nanah yang tidak memiliki gejala disebut nonsimptomatik, masih menular.
Berikut, Ciri-Ciri Kencing Nanah Pada Wanita
Berikut, Ciri-Ciri Kencing Nanah Pada Wanita
Kencing nanah atau dikenal dengan penyakit gonore adalah penyakit menular seksual disebabkan infeksi bakteri Neisseria gonorhoeae. Bakteri penyebab kencing nanah cenderung menginfeksi area tubuh lembab dan hangat, seperti uretra, vagina, dubur, mata, tenggorokan, saluran reproduksi wanita (saluran tuba, serviks, dan uterus).

Gonore berpindah dari satu orang ke orang melalui seks anal, oral, atau vaginal tanpa kondom. Orang dengan memiliki banyak pasangan seksual dan berganti-ganti pasangan seksual memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi penyakit kelamin kencing nanah.

Apa saja ciri-ciri kencing nanah dan gejalanya? Sekitar setengah dari wanita dan satu dari sepuluh pria dengan infeksi kencing nanah tidak memiliki adanya tanda-tanda yang jelas atau gejala kencing nanah. Tanda dan gejala terlihat hingga 1-14 hari setelah bersentuhan dengan gonore.

Pada wanita, gejala kencing nanah antara lain:
o Keputihan yang tidak biasa yang mungkin tipis atau berair, kuning, kehijauan.
o Nyeri ketika buang air kecil.
o Nyeri perut bagian bawah.
o Pendarahan antar haid atau lebih berat menstruasi.

Pada pria, gejala kencing nanah antara lain:
o Keluar cairan yang tidak biasa dari ujung penis, mungkin putih, kuning atau hijau.
o Nyeri ketika buang air kecil.
o Nyeri pada testis.
o Infeksi pada dubur.



Tes untuk kencing nanah dan cara mengatasinya

Ahli kesehatan medis profesional dapat mendiagnosis infeksi kencing nanah dengan beberapa cara. Mengambil sampel cairan dari area yang terinfeksi, seperti penis, vagina, dubur, atau tenggorokan.

Jika dokter mencurigai adanya infeksi sendi atau darah, maka dokter akan mengambil sampel dengan mengambil darah atau memasukkan jarum ke dalam sendi yang bergejala untuk menarik cairan. Lalu akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan uji sampel.

Jika Anda mengalami ciri-ciri kencing nanah pada wanita atau pria, sebaiknya untuk segera konsultasi dan melakukan pemeriksaan untuk penyakit menular seksual. Dengan pemeriksaan sejak dini, maka tindakan pengobatan dapat dilakukan segera untuk menghindari penyebaran dan risiko komplikasi akibat kencing nanah.

Kencing nanah atau gonore dapat diatasi dan disembuhkan jika terdeteksi sejak dini, bahkan hingga sembuh total. Antibiotik modern dapat menyembuhkan sebagian besar infeksi gonore. Namun, penting untuk Anda ketahui tidak ada pengobatan rumahan yang dapat mengatasi bakteri gonore atau obat yang dijual bebas yang akan mengatasi gonore.

Jika Anda curiga menderita penyakit kelamin gonore, Anda harus mencari perawatan dari ahli kesehatan untuk mendapatkan hasil perawatan maksimal hingga tuntas sehingga Anda terbebas dari masalah ini.

Baca Juga: Akibat Penyakit Gonore Pada Wanita* Klik Disini

Meskipun kencing nanah dapat diatasi, namun tanpa perawatan penyakit ini tidak akan sembuh sendiri dan jika dibiarkan akan berisiko menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Pada wanita. Wanita berisko lebih tinggi mengalami komplikasi jangka panjang. Infeksi gonore yang tidak diatasi pada wanita dapat naik ke saluran reproduksi dan melibatkan rahim, saluran tuba, dan ovarium. Kondisi ini dikenal dengan penyakit radang panggul (PID), dapat menyebabkan nyeri kronis, merusak organ reproduksi. PID juga dapat disebabkan penyakit lain. Wanita dapat mengalami penyumbatan atau jaringan parut di tuba falopi, dapat mencegah kehamilan di masa depan, atau menyebabkan kehamilan ektopik.

Pada pria. Mungkin akan mengalami jaringan parut di uretra. Mengembangkan abses yang sangat menyakitkan bagian dalam penis. Infeksi dapat menyebabkan berkurangnya kesuburan pada pria.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Gonore bukan suatu penyakit yang dapat dianggap remeh, maka jika Anda merasakan adanya gejala atau ciri-ciri kencing nanah untuk segera menemui tenaga medis profesional.

Dapatkan kenyamanan selama tindakan pengobatan dan metode perawatan terbaru yang modern dengan mengunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang sudah banyak membantu mengatasi penyakit kelamin hingga tuntas, dimana Anda ditangani langsung oleh dokter profesional berpengalaman, didukung peralatan medis modern canggih, laboratorium sterul dengan biaya yang tidak menguras kantong Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar ciri-ciri kencing nanah pada wanita atau pria, Anda dapat konsultasi dengan klik website kami atau hubungi kami di 081366657878.