Rab10Apr201911:19

Benarkah Penyebab Infeksi Gonore Adalah Bakteri?

Penyebab infeksi gonore adalah bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Gonore atau kencing nanah umumnya memunculkan gejala berupa cairan menyerupai nanah yang keluar dari organ kelamin. Infeksi gonore dapat berpindah dari satu orang ke orang lain karena melakukan kontak seksual atau kontak dengan cairan tubuh penderitanya. Selain itu, penyakit gonore atau kencing nanah ini bisa diderita oleh bayi baru lahir akibat tertular sang ibu saat masih dalam kandungan.
infeksi gonore adalah
infeksi gonore adalah

Penyebab Gonore Serta Faktor Risikonya

Penyebab utama dari infeksi gonore adalah bakteri yang menyebar melalui hubungan seksual tidak aman. Bakteri penyebab gonore tertarik dengan selaput lendir atau daerah hangat serta lembap di saluran reproduksi. Dalam lingkungan yang hangat, bakteri mudah tumbuh dan berkembang biak. Selain bakteri, terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang mudah terinfeksi gonore, seperti:


• Berhubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda.
• Sudah aktif secara seksual sejak usia yang masih muda.
• Pernah didiagnosis mengalami gonore sebelumnya.
• Sedang menderita infeksi menular seksual lainnya.

Gonore atau kencing nanah dapat diderita oleh pria maupun wanita, namun biasanya memunculkan gejala yang berbeda. Gejala utama yang akan muncul jika gonore diderita oleh pria adalah keluarnya cairan asing menyerupai nanah dari organ kelamin. Sementara, pada wanita gejala akibat infeksi gonore adalah sakit ketika buang air kecil.

Penanganan Terhadap Infeksi Bakteri Gonore

Cara penanganan paling utama untuk infeksi gonore adalah memeriksakan diri pada dokter dan melakukan tes lanjutan. Dokter biasanya akan mengambil sampel cairan tubuh penderita, terutama cairan organ kelamin yang kemudian dibawa ke laboratorium. Setelah hasil diagnosis diketahui, pengobatan gonore dengan pemberian obat sesuai anjuran dokter dapat dilakukan. Obat harus dikonsumsi sampai habis agar bakteri benar-benar menghilang dari tubuh.
 
Jika gejala infeksi gonore tidak kunjung membaik biasanya disebabkan oleh kegagalan pengobatan. Hal ini terjadi karena tubuh menjadi kebal terhadap antibiotik sehingga bakteri tidak dapat terbuhuh. Untuk itu, perawatan penyakit gonore harus disertai dengan beberapa tindak pencegahan. Pencegahan atau perubahan gaya hidup yang bisa dilakukan jika terserang infeksi gonore adalah sebagai berikut:

• Selalu gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Batasi kontak seksual dengan pasangan seksual jika terdiagnosis gonore.
• Pasangan dan Anda disarankan melakukan pemeriksaan kesehatan seksual.
• Tidak melakukan kegiatan seksual jika terdapat gejala yang tidak biasa.
• Konsumsi seluruh obat antibiotik sesuai dengan yang diresepkan dokter.
• Lakukan vaksin HPV sebelum berusia 26 tahun, terutama bagi wanita.
• Tidak bergonta-ganti pasangan seks atau setia pada satu orang saja.
• Segera periksakan ke dokter jika merasa telah terinfeksi bakteri gonore.


Segera Lakukan Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Pengobatan terbaik untuk infeksi gonore adalah bersama dokter ahli Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan perawatan lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.