Kam21Mar201911:15

Benarkah Penyakit Gonore Adalah Infeksi Menular?

Penyakit gonore adalah salah satu jenis infeksi menular seksual yang ditandai dengan keluarnya cairan menyerupai nanah. Gonore atau biasa disebut dengan kencing nanah terjadi akibat infeksi bakteri bernama Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri ini biasanya ditemukan pada cairan organ kelamin dari orang yang terinfeksi. Bagian tubuh yang diserang oleh bakteri penyebab penyakit gonore adalah dubur, leher rahim atau serviks, saluran kencing atau uretra, mata, serta tenggorokan.
penyakit gonore adalah
penyakit gonore adalah

Bagaimana Gejala Penyakit Gonore Secara Umum?

Penyakit gonore pada umumnya muncul dengan gejala yang berbeda pada pria dan wanita. Pada pria, gejala penyakit gonore adalah keluarnya nanah pada ujung kelamin, nyeri saat buang air kecil, terjadi pembengkakan serta nyeri pada salah satu testis, dan ujung kelamin memerah. Sementara itu, gejala atau tanda dari penyakit gonore pada wanita, antara lain:



• Muncul rasa nyeri saat buang air kecil atau ketika berhubungan seks.
• Frekuensi untuk buang air kecil bertambah atau meningkat.
• Terasa sakit pada beberapa bagian tubuh, seperti perut dan panggul.
• Terjadi pendarahan ketika melakukan hubungan seksual.
• Darah menstruasi keluar lebih banyak dan lama dari biasanya.
• Keluarnya darah ketika tidak sedang haid atau menstruasi.

Selain organ kelamin, penyakit gonore juga bisa terjadi pada organ tubuh lainnya. Beberapa organ kelamin yang terkena gonore juga akan memunculkan gejala berbeda satu sama lain. Masing-masing organ tubuh dan gejala yang menyertai akibat infeksi penyakit gonore adalah sebagai berikut:
 
• Gonore pada anus, biasanya akan memunculkan gejala berupa anus gatal, keluarnya darah, serta cairan menyerupai nanah dari anus.
 
• Gonore pada sendi, akan ditandai dengan gejala berupa radang sendi, yakni kemerahan, bengkak, dan nyeri saat digerakkan.
 
• Gonore di tenggorokan, biasanya akan ditandai dengan sakit pada tenggorokan yang sulit sembuh dan adanya benjolan akibat pembengkakan kelenjar getah bening.
 
• Gonore pada mata, biasanya ditandai dengan gejala berupa mata merah, keluar nanah dari mata, dan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.


Diagnosis Gonore Serta Penanganan yang Dapat Dilakukan

Sebelum penanganan dilakukan, dokter biasanya melakukan diagnosis terhadap penyakit terlebih dahulu. Dokter akan menanyakan beberapa hal tekait dengan gejala yang dialami, seperti sudah berapa lama gejala muncul, aktivitas seksual yang dijalani, dan kondisi lingkungan kerja atau rumah. Untuk mendapatkan hasil diagnosis yang lebih akurat, pemeriksaan fisik perlu dilakukan, khususnya pada area kelamin. Beberapa pemeriksaan yang dokter lakukan, antara lain:
 
• Memeriksa sampel cairan tubuh yang dicurigai terkena infeksi gonore dan kemudian akan diperiksa ke laboratorium.
 
• Pemeriksaan pada darah yang bertujuan untuk mengetahui apakah infeksi gonore sudah menyebar ke dalam darah.
 
• Tes sensitivitas antibiotik dilakukan jika antibiotik sudah tidak mampu menghilangkan bakteri penyebab gonore.
 
Pengobatan tepat terhadap penyakit gonore adalah memberikan antibiotik. Lama pengobatan penyakit biasanya bergantung pada tingkat keparahannya. Selain menggunakan obat, melakukan tindak pencegahan penyakit gonore adalah cara tepat untuk mempercepat proses penyembuhan. Untuk mencegah gonore, lakukanlah kegiatan seksual yang aman dengan menggunakan pelindung atau kondom dan tidak bergonta ganti pasangan.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara terbaik untuk menangani penyakit gonore adalah berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di wilayah Jakarta. Melakukan perawatan penyakit di klinik ini, Anda akan mendapatkan pelayanan maksimal karena penanganan dilakukan menggunakan peralatan medis yang modern serta berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya sehingga pasien tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan ketika melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Selain itu, klinik ini juga menyediakan layanan konsultasi secara online dan gratis guna mengetahui secara pasti penyebab serta jenis peraawatan yang cocok dilakukan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.