Kam16Mei201914:35

Benarkah Gonore Adalah Penyakit Menular Seksual?

 

Gonore adalah penyakit menular seksual yang dapat diderita oleh pria maupun wanita dan dikenal juga dengan nama kencing nanah. Penyebab gonore adalah bakteri bernama Neisseria gonorrrhoeae. Penyakit gonore merupakan salah satu penyakit menular seksual yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual baik anal, oral, maupun vaginal. Penderita penyakit gonore biasanya akan mengeluarkan cairan dari alat kelamin seperti nanah, itulah sebabnya banyak yang menyebut gonore sebagai kencing nanah.



Jumlah cairan yang keluar dari alat kelamin berbeda-beda setiap orang, ada yang banyak, ada pula yang sedikit. Tak hanya menular pada pasangan, penyakit gonore juga dapat menular dari ibu hamil kepada bayi saat melahirkan. Jika dibiarkan begitu saja, maka dapat menyebar dan menyebabkan penyakit lain.

Tanda Atau Gejala Penyakit Gonore


Tidak semua penderita gonore menyadari bahwa dirinya terinfeksi, hal ini karena gejalanya yang kurang disadari. Pada wanita, gejala yang dialami mirip dengan gejala penyakit lainnya maupun keputihan biasa, itulah sebabnya gonore adalah penyakit yang kurang cepat disadari. Agar dapat segera mengobati gonore, maka langkah tepat yang harus dilakukan untuk mengenal gejala penyakit gonore adalah :


• Keluar cairan seperti nanah dari vagina, penis, maupun anus
 Banyaknya cairan yang keluar biasanya berbeda-beda setiap orang. Pada wanita, keluarnya cairan ini kerap dikira sebagai keputihan. Sedangkan pada pria, terkadang salah mengartikannya sebagai sperma.
• Alat kelamin gatal dan ada rasa seperti terbakar
• Muncul luka bengkak merah pada saluran kencing
• Jika sudah parah, luka merah dapat muncul di bagian penis
• Frekuensi buang air kecil meningkat dan cenderung terburu-buru
• Untuk buang air kecil terasa sakit
• Demam dan menggigil, jika bakteri telah masuk ke dalam aliran darah.

Gejala pada pria dan wanita biasanya berbeda. Pada wanita gejalanya sering tidak disadari dan tidak terlihat. Biasanya gejala penyakit gonore adalah berbeda, tergantung dari jenis gonorenya. Apakah penyakit gonore akut atau kronis.

Bahaya Gonore Yang Tak Kunjung Sembuh


Gonore adalah penyakit yang tidak bisa sembuh sendiri. Perlu dilakukan pengobatan secara medis agar bakterinya tidak menyebar dan menimbulkan bahaya yang nantinya akan sulit untuk diobati. Bahaya yang mungkin muncul saat gonore tidak segera diobati adalah :

• Merupakan penyakit menular seksual

Bakteri penyebab gonore dapat ditularkan melalui hubungan seksual baik oral, anal, maupun vaginal. Bahkan dapat ditularkan lewat ibu hamil kepada bayinya.

• Penularannya bisa secara tidak langsung

Selain menular melalui hubungan seksual, penyakit gonore juga dapat menular melalui kontak tidak langsung. Misalnya, lewat penggunaan handuk, toilet yang terkena cairan tubuh penderita. Jika cairan tersebut terkena anak kecil, maka dapat membuat mata merah dan mengeluarkan cairan.

• Penyakit menular seksual lain

Salah satu bahaya gonore adalah penyakit menular seksual lainnya. Jika bakteri telah menginfeksi bagian tubuh lain, maka dapat memicu penyakit prostatitis, orchitis, maupun epididimitis.

• Pembengkakan pada skrotum

• Menyebabkan impotensi dan ejakulasi dini

Bahkan jika dibiarkan begitu saja tanpa perawatan, penyakit gonore adalah penyakit yang dapat menyebabkan lubang kencing menyempit. Lama-kelamaan kualitas sperma menurun dan memicu infertilitas atau kemandulan pada pria.


Pengobatan dan Perawatan Gonore

Saat menemui gejala yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera lakukan pengobatan dan perawatan terhadap penyakit gonore ini. Untuk pengobatannya tidak disarankan untuk mengonsumsi obat tanpa resep dokter. Jika nekat melakukan pengobatan sendiri, dikhawatirkan bakteri akan semakin berkembang dan penyakit gonore semakin parah. Jika sudah komplikasi, tentu akan membutuhakan waktu penyembuhan dan pengobatan yang lebih lama karena gonore adalah penyakit menular.

Jika dibiarkan tanpa pengobatan dan parah, gejala yang muncul tak hanya keluar cairan nanah, namun juga bercampur darah. Serta pada ibu hamil harus segera disembuhkan sebelum melahirkan. Karena proses melahirkan berisiko menularkan penyakit gonore kepada bayi. Untuk informasi mengenai pengobatan gonore, silakan berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Konsultasi dapat dilakukan melalui hotline di 081366657878.