Kam07Mar201913:13

Bagaimana Gonore Wanita Dapat Terjadi?

Penyakit gonore wanita biasanya terjadi akibat adanya infeksi bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Gonore merupakan salah satu penyakit menular seksual yang menyerang area dubur, serviks atau leher rahim, mata, tenggorokan, dan saluran kencing atau uretra. Penyakit ini sangat mudah menular pada orang lain melalui hubungan seks, baik secara anal, oral, maupun vaginal. Meskipun begitu, bakteri penyebab gonore wanita atau pria tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia dalam waktu yang lama.
gonore wanita
gonore wanita

Penyebab Gonore Serta Gejala yang Menyertai

Infeksi bakteri gonore mudah menular pada siapa saja yang aktif secara seksual, terutama tidak menggunakan pelindung atau kondom. Selain orang dewasa, gonore juga dapat menginfeksi bayi dalam kandungan jika sang ibu menderita prnyakit ini. Cara penularannya adalah ketika proses persalinan secara normal dilakukan. Infeksi gonore pada bayi umumnya akan menjangkiti mata sehingga berpotensi menyebabkan kebutaan.
 


Gejala gonore wanita lebih sulit dideteksi daripada pria karena muncul secara ringan. Tak jarang gejalanya kerap dianggap sebagai infeksi organ kelamin atau infeksi saluran kemih. Meskipun ringan, gonore wanita yang tidak segera ditangani dapat menjalar ke organ panggul sehingga menyebabkan pendarahan pada organ kelamin, sakit pada perut bagian bawah, tubuh mengalami demam, serta sakit ketika berhubungan seksual. Beberapa gejala umum dari gonore wanita, antara lain:

• Keluarnya cairan menyerupai nanah dari organ kelamin
• Meningkatnya keinginan untuk buang air kecil.
• Munculnya bercak darah hingga pendarahan di luar periode haid.
• Adanya pembengkakan pada vulva.
• Rasa terbakar serta panas di tenggorokan akibat oral seks.


Penanganan Tepat Terhadap Infeksi Gonore

Cara menangani gonore wanita bisa dilakukan dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Melalui konsultasi, dokter akan menanyakan gejala penyakit yang sedang dialami serta riwayat seksual penderitanya. Selain itu, dokter akan melakukan diagnosis dengan mengambil sampel cairan dari serviks wanita guna mengetahui ada tidaknya infeksi. Sampel kemudian dibawa ke laboratorium untuk mendapatkan hasil diagnosis yang lebih akurat.
 
Untuk mengobati gonore wanita, dokter kemungkinan juga akan memberikan beberapa antibiotik, berupa minum dan suntikan atau injeksi. Selain menggunakan obat, penderitanya juga perlu menerapkan beberapa tindak pencegahan, seperti selalu menggunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual, tidak bergonta ganti pasangan seksual, dan periksakan kondisi kesehatan pasangan Anda.
 
Penyakit gonore pada wanita harus segera ditangani sebelum mengakibatkan komplikasi yang lebih serius. Gonore yang dibiarkan dapat merusak tuba fallopi sehingga memicu ketidaksuburan pada wanita. Selain itu, infeksi gonore juga akan meningkatkan risiko kehamilan ektopik, yakni sel telur yang telah dibuahi berkembang di luar rahim.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Gejala herpes wanita bisa disembuhkan dengan melakukan perawatan medis di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Sebelum melakukan penanganan penyakit, pasien dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis berpengalaman di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.