Rab13Mar201913:41

Bagaimana Gejala Penyakit Gonore?

Gejala penyakit gonore yang paling mudah dikenali adalah keluarnya cairan menyerupai nanah dari organ kelamin. Penyebab utama munculnya gejala penyakit gonore, yakni bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini biasanya ditemukan pada di cairan organ kelamin dari orang yang terinfeksi. Bakteri yang menjadi penyebab gonore akan menginfeksi daerah yang hangat dan lembap, seperti mata, tenggorokan, organ kelamin, anus, saluran reproduksi wanita, dan saluran kemih atau uretra.
gejala penyakit gonore
gejala penyakit gonore

Beberapa Gejala Gonore Pada Pria dan Wanita

Sebagian besar penderita tidak menyadari sudah terinfeksi karena gejala penyakit gonore tidak muncul dengan jelas. Namun, gejala penyakit gonore yang sering muncul, baik pada pria dan wanita adalah adanya rasa sakit atau perih ketika buang air kecil. Biasanya, gejala gonore pria lebih mudah dikenali dibandingkan dengan wanita. Hal ini dikarenakan gejala awal yang akan muncul pada wanita sangat ringan dan sering dianggap sebagai infeksi saluran kemih biasa. Perbedaan gejala penyakit gonore antara pria dan wanita, di antaranya sebagai berikut:
 

• Gejala gonore pada pria

Penyakit gonore pada pria yang paling pertama dikenali adalah rasa panas serta sensasi terbakar saat buang air kecil. Gejala lainnya yang menyertai, dapat berupa pembengkakan serta kemerahan pada bukaan kelamin, terasa nyeri di testis, sakit tenggorokan yang datang terus-menerus, keluarnya cairan asing menyerupai nanah berwarna kuning kehijauan, dan meningkatnya frekuensi buang air kecil.


• Gejala gonore pada wanita

Pada beberapa wanita gejala penyakit gonore yang muncul terkadang mirip dengan infeksi lain, seperti infeksi jamur pada umumnya. Meski begitu, Anda bisa mengetahui tanda adanya gonore jika muncul gejala, berupa keluar cairan seperti krim kehijauan dari organ kelamin, muncul bercak darah atau pendarahan di luar periode haid, nyeri ketika melakukan hubungan seksual, dan terjadi pembengkakan pada vulva.

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Gonore

Pengobatan gonore bisa dilakukan bersama dokter ahli dan biasanya diawali dengan mendiagnosis penyakit. Dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan seputar gejala yang dialami dan riwayat seksual yang dimiliki. Diagnosis dilakukan berdasarkan hasil tes sampel cairan yang diambil dari uretra maupun serviks. Jika hasil diagnosis sudah diketahui, pengobatan bisa segera diberikan kepada pasien. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, Anda bisa melakukan tindak pencegahan, seperti:
 

• Selalu gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Hindari berhubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda.
• Jika terdiagnosis penyakit, hindari kontak seksual dengan siapapun.

Selama masa perawatan, Anda disarankan untuk tidak berhubungan intim karena bisa menyebarkan virus penyebab kutil. Jika sudah dinyatakan sembuh dari penyakit, lakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan virus kutil sudah hilang sepenuhnya. Periksakan kondisi kesehatan seksual satu atau dua pecan kemudian dengan dokter yang menangani sebelumnya.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan gejala penyakit gonore pada pria maupun wanita bisa Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan perawatan lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.