Jum21Jun201916:03

Apakah Pengobatan Gonore Dapat Menyembuhkan?

 

Sebagai salah satu penyakit menular seksual berbahaya, pengobatan gonore perlu dilakukan dengan cara medis agar bahayanya tidak menular kepada orang lain di sekitar penderita. Gonore, dikenal sebagai kencing nanah merupakan penyakit menular yang dapat menyebar bakterinya melalui hubungan seksual. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini dapat menginfeksi baik pria maupun wanita.

pengobatan gonore
pengobatan gonore

 

Diantara berbagai penyakit menular seksual yang ada, gonore adalah penyakit dengan gejala yang mengganggu. Gejala gonore yang paling khas adalah keluarnya cairan seperti nanah dari alat kelamin. Alat kelamin yang dimaksud bisa penis, vagina, maupun anus. Pasalnya penyakit gonore dapat menular melalui seks oral, anal, maupun vaginal. Gonore juga dapat menular dari wanita ke pria maupun sebaliknya.

Gejala Penyakit Gonore


Gejala yang dialami oleh penderita gonore pria dan wanita biasanya berbeda. Bahkan pada wanita, gejala gonore kurang disadari . Gejala gonore yang biasanya muncul pada penderita pada wanita dan pria dapat Anda lihat di bawah ini.
Gejala gonore pada wanita biasanya meliputi :

• Keluar cairan seperti keputihan, hanya saja menyerupai krim dan warnanya agak kehijauan.
• Frekuensi buang air kecil menjadi bertambah.
• Terasa nyeri dan panas ketika sedang buang air kecil.
• Pendarahan yang terjadi di luar waktu menstruasi.
• Nyeri di bagian panggul dan perut bagian bawah.
• Setelah melakukan oral seks, tenggorokan terasa panas dan terbakar.• Demam.
• Bengkak di bagian vulva.


Sedangkan gejala yang dialami oleh pria, biasanya yaitu:

• Frekuensi buang air kecil bertambah.
• Keluar cairan nanah dari penis yang warnanya mirip dengan sperma yaitu kuning agak kehijauan.
• Sering mengalami sakit tenggorokan.
• Bengkak di sekitar alat kelamin, biasanya di bagian kulup maupun testis yang disertai dengan rasa nyeri.

Gejala yang muncul akan semakin parah jika tidak segera diobati. Jumlah cairan yang keluar dari alat kelamin pada tiap orang berbeda-beda. Ada yang keluarnya banyak, ada juga yang hanya sedikit. Cairan yang dikeluarkan dari kelamin jika terkena mata, dapat membuat perih dan mata merah yang harus segera diberikan pengobatan gonore.

pengobatan gonore
pengobatan gonore

Penularan Bakteri Penyebab Gonore


Penyakit gonore disebabkan oleh bakteri dimana penularannya sering terjadi melalui aktivitas berhubungan seksual. Tak hanya melalui kontak langsung dengan penderita, gonore juga dapat ditularkan melalui cara berikut ini:

• Penggunaan barang yang sama dengan penderita seperti handuk, toilet, maupun pakaian yang telah terkena cairan kencing nanah.
• Melahirkan normal, penularan ini terjadi pada wanita hamil kepada anak yang dilahirkannya.
• Sentuhan terhadap cairan gonore yang keluar dari alat kelamin.

Makanya mereka yang menderita gonore tidak diperbolehkan melakukan hubungan seksual selama pengobatan hingga penyakitnya dinyatakan benar-benar sembuh. Justru disarankan bagi pasangan seksual penderita untuk melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa gonore belum mulai menular. Pasalnya gejala gonore tidak selalu dialami oleh penderitanya, Ada pula yang tidak mengalaminya dan tanpa sadar telah menularkannya padahal pengobatan gonore harus segera dilakukan agar bakterinya tidak menyebar lagi.


Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Gonore?

Penyakit gonore atau kencing nanah dibagi menjadi gonore akut dan gonore kronis dimana biasanya gejala yang dialami penderitanya berbeda begitu pula dengan pengobatan gonore nya. Untuk memastikan apakah Anda positif terkena gonore atau tidak setelah mengalami gejalanya adalah dengan melakukan pemeriksaan dengan dokter. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui seberapa jauh bakteri penyebab gonore telah menginfeksi.
 
Pengobatan gonore dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi obat kencing nanah serta perawatan yang tepat untuk gejalanya. Jika cairan yang keluar dari alat kelamin tidak dibersihkan dengan benar, justru dapat memperbesar kemungkinan penularan. Mengenai pengobatan gonore yang dapat dilakukan, silahkan tanyakan pada dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Kami juga menyediakan layanan konsultasi online yang dapat dilakukan melalui nomor 081366657878 .