Sen13Mei201915:58

Kencing Nanah Bahaya Atau Tidak?

Sama seperti penyakit lainnya yang tidak mendapatkan pengobatan yang tepat, dampak atau bahaya kencing nanah akan muncul jika pengobatan tidak segera dilakukan, menyebabkan masalah jangka panjang dan komplikasi serius, sebab kencing nanah atau yang dikenal dengan penyakit gonore ini tidak akan sembuh dengan sendirinya.
Kencing Nanah Bahaya Atau Tidak?
Kencing Nanah Bahaya Atau Tidak?
Tahukah Anda bahwa penyakit kencing nanah atau gonore adalah salah satu penyakit kelamin yang paling umum dan jumlah infeksi meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dan jumlah tetap meningkat. Namun, banyak orang yang bahkan tidak tahu bahwa mereka terinfeksi karena seringkali tidak menunjukkan adanya tanda-tanda infeksi, terutama bagi wanita.

Ketika gejala muncul, gejalanya termasuk keluarnya cairan dari penis atau vagina dan rasa sakit ketika buang air kecil atau ketika melakukan hubungan seksual. Meskipun infeksi jarang menyebabkan kematian, tetap saja bahaya kencing nanah dapat menyebabkan radang panggul pada wanita, sementara bahaya kencing nanah pada pria menyebabkan epididimitis, kedua ini dapat menyebabkan infertilitas.



Apa itu penyakit kencing nanah, penyebab dan gejalanya?

Kencing nanah atau penyakit gonore merupakan penyakit menular seksual yang penyebab utamanya adalah infeksi bakteri Neisseria gonorhoaea. Gonore dangat menular, Anda bisa mendapatkannya dengan melakukan hubungan seksual vaginal, anal, atau oral tanpa kondom dengan seseorang yang terinfeksi. Bakteri penyebab kencing nanah dapat menyebar bahkan jika pria tidak ejakulasi saat melakukan hubungan seksual.

Baik pria atau wanita bisa mendapatkan gonore di mulut, uretra, mata, dan anus, pada wanita infeksi juga dapat terjadi pada serviks, rahim, dan saluran tuba. Bahaya kencing nanah lainnya yang tidak diobati dapat meningkatkan risiko seseorang terkena atau menular HIV, gonore juga dapat menyebar ke darah, menyebabkan infeksi yang menganjam jiwa, ditandai dengan artritis, peradangan tendon, serta ruam kulit.

Kencing nanah pada wanita
Pada wanita, penyakit ini seringkali tidak menimbulkan adanya gejala yang signifikan. Jika ada, seringkali gejalanya sangat ringan sehingga salah diagnosis sebagai penyakit infeksi saluran kemih. Gejala kencing nanah pada wanita, meliputi:

• Keputihan abnormal dan berbau tidak sedap.
• Terasa nyeri atau terbakar ketika buang air kecil.
• Buang air kecil lebih sering dari biasanya.
• Nyeri ketika melakukan hubungan seksual vaginal.
• Demam dan sakit perut bagian bawah jika infeksi telah menyebar ke saluran tuba.

Gejala pada pria, termasuk:
• Nyeri dan terbakar ketika buang air kecil.
• Frekuensi buang air kecil meningkat dari biasanya.
• Keluar cairan putih, kuning, atau hijau dari ujung penis.
• Pembukaan uretra terlihat merah atau bengkak.
• Sakit tenggorokan.
• Gonore pada dubur menyebabkan keputihan, gatal, nyeri, dan pendarahan.

Baca Juga: Pengobatan Untuk Kencing Nanah! Klik Disini

Diagnosis dan pengobatan kencing nanah

Jika saat ini Anda merasa terinfeksi penyakit gonore, segera kunjungi dokter dan dokter akan melakukan tes gonore untuk mengetahui apakah Anda terinfeksi. Setelah hasil diagnosis diketahui, metode dan langkah pengobatan selanjutnya akan dilakukan untuk mencegah bahaya kencing nanah muncul.

Kencing nanah dapat disembuhkan, namun karena beberapa jenis kencing nanah atau gonore menjadi kebal terhadap antibiotik, maka Anda lebih membutuhkan pengobatan intensif terutama bagi Anda yang memiliki gonore berulang. Kencing nanah tidak dapat disembuhkan dengan pilihan pengobatan dengan obat rumahan atau obat-obatan sembarangan yang dijual bebas.



Kencing nanah? konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Untuk menghindari risiko munculnya infertilitas sebagai dampak atau bahaya kencing nanah pastikan Anda mendapatkan penanganan yang aman dan tepat hingga tuntas. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi dan Ginekologi, memiliki dokter ahli kelamin terlatih yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait bahaya kencing nanah, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.