Kam09Mei201911:05

Apakah Antibiotik Gonore Efektif Hilangkan Gejala?

Antibiotik gonore akan diberikan bergantung pada tingkat keparahan penyakitnya. Gonore atau kencing nanah merupakan penyakit yang menular secara seksual. Penyakit ini dapat diderita oleh pria maupun wanita karena akibat bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Penyakit gonore dikenal juga dengan kencing nanah karena gejala yang dirasakan penderita, berupa keluarnya cairan menyerupai nanah dari organ kelamin.
antibiotik gonore
antibiotik gonore

Ciri Ciri atau Gejala Penyakit Gonore

Sebelum mengetahui jenis antibiotik gonore, gejala penyakit perlu diketahui penderitanya. Penyebab penyakit gonore tak hanya berasal dari bakteri, namun juga beberapa faktor pemicu lain. Beberapa faktor yang memicu seseorang menderita gonore adalah usia yang masih muda, pernah menderita gonore sebelumnya, menderita penyakit menular seksual lain, dan tinggal di daerah yang terdapat banyak kasus serupa. Gejala yang dialami pria dan wanita memiliki perbedaan, seperti berikut ini:


• Gejala gonore pria

Seorang pria memerlukan pengobatan antibiotik gonore jika memiliki gejala, berupa keluarnya nanah dari ujung kelamin, nyeri ketika buang air kecil, mengalami pembengkakan serta nyeri pada salah satu testis, sakit tenggorokan yang terjadi secara terus menerus, dan ujung kemaluan memerah hingga menyebabkan pembengkakan.


• Gejala gonore wanita

Sementara gonore yang diderita oleh wanita akan ditandai dengan gejala, berupa nyeri ketika berkemih atau saat berhubungan seks, bertambahnya frekuensi buang air kecil, sakit pada perut atau pinggang, mengalami pendarahan setelah melakukan seks, pembengkakan pada vulva, dan keputihan tidak normal.
 

Bagaimana Diagnosis Gonore Serta Pengobatannya?

Pemberian dosis antibiotik gonore oleh dokter akan diawali dengan diagnosis terlebih dahulu. Dokter akan menanyakan hal-hal terkait gejala selama melakukan diagnosis, seperti sejak kapan gejala muncul, apa saja aktivitas seks yang dilakukan, dan kondisi lingkungan rumah atau kerja. Setelah itu, barulah dokter memeriksa kondisi fisik penderita gonore dengan beberapa tes lanjutan, antara lain:
 
• Tes cairan tubuh, dilakukan dengan mengambil sampel cairan dari bagian tubuh yang terinfeksi untuk diperiksa di laboratorium.
 
• Tes darah, biasanya dilakukan guna mengetahui apakah infeksi gonore sudah menyebar ke dalam darah atau belum.
 
• Tes sensitivitas antibiotik, berguna apabila antibiotik gonore sudah tidak mempan untuk mengobati infeksi yang terjadi.
 
Jika diagnosis sudah didapatkan, antibiotik gonore bisa segera diberikan pada penderita. Gejala gonore yang sudah parah atau menyebar ke organ tubuh lain, memerlukan penambahan dosis antibiotik gonore. Obat antibiotik yang diberikan dapat berupa minum maupun suntikan atau injeksi. Untuk mendapatkan kesembuhan secara maksimal, Anda perlu melakukan tindak pencegahan, seperti tidak bergonta ganti pasangan seksual, gunakan pelindung atau kondom saat seks, dan hindari melakukan aktvitas seksual selama masa perawatan penyakit dilakukan.

Baca juga: Waspadai Infeksi Bakteri Penyebab Penyakit Gonore


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Pengobatan dengan antibiotik bisa Anda dapatkan setelah berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan perawatan lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.