Rab13Mar201913:54

Apa yang Menyebabkan Infeksi Gonore?

Infeksi gonore disebabkan oleh adanya bakteri yang biasa ditemukan pada cairan dan alat vital penderitanya. Gejala gonore ditandai dengan munculnya rasa sakit atu perih serta keluarnya cairan kental berwarna kuning atau hijau dari kemaluan. Bakteri yang menyebabkan infeksi gonore cukup berbahaya karena dapat menyerang bagian dubur, serviks atau leher rahim, uretra atau saluran kencing, mata, dan juga tenggorokan.
infeksi gonore
infeksi gonore

Penyebab Penyakit Gonore Dan Gejalanya

Umumnya, penyebab utama infeksi gonore adalah bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini biasanya akan menginfeksi daerah hangat serta lembap, seperti saluran kemih atau uretra, mata, tenggorokan, organ kelamin, anus, dan saluran reproduksi wanita. Infeksi gonore mudah menyebar jika melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda tanpa menggunakan pelindung atau kondom.

 


Gejala akibat infeksi gonore biasanya muncul dalam waktu 2 hingga 10 hari setelah paparan bakteri pertama kali. Penyakit ini akan berkembang hingga 30 hari dan memunculkan gejala yang beragam. Tanda gonore pada wanita maupun pria, di antaranya sakit atau perih ketika buang air kecil dan keluarnya cairan kental seperti nanah dari orang kelamin. Pada wanita, gejala gonore yang akan muncul, dapat berupa:
 

• Cairan keputihan berwarna kekuningan atau kehijauan.
• Terasa nyeri pada perut atau panggul bagian bawah.
• Muncul rasa terbakar ketika buang air kecil.
• Mengalami konjungtivitis atau peradangan pada mata.
• Adanya pembengkakan pada vulva atau vulvitis.
• Terdapat rasa terbakar di tenggorokan akibat oral seks.
• Terjadi pembengkakan pada kelenjar di tenggorokan.

Beberapa wanita terkadang tidak menyadari infeksi gonore karena gejala muncul dengan sangat ringan. Namun, Anda bisa mengetahui apakah tubuh telah terinfeksi bakteri gonore atau belum dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter. Selain wanita, pria juga bisa menderita penyakit gonore atau kencing nanah ini. Beberapa gejala yang menandakan penyakit gonore pada pria, adalah sebagai berikut:

• Muncul sensasi terbakar ketika buang air kecil.
• Terjadi pembengkakan atau nyeri pada testis.
• Adanya rasa terbakar pada tenggorokan akibat oral seks.
• Terdapat pembengkakan kelenjar di tenggorokan.
• Keluar cairan menyerupai nanah dari kemaluan.


Pengobatan Terbaik Pada Penyakit Gonore

Biasanya dokter akan memberiksan satu suntikan antibiotik serta satu tablet antibiotik dalam menangani penyakit gonore. Gejala akibat infeksi bakteri akan membaik setelah beberapa hari melakukan pengobatan. Untuk mencegah penyebaran bakteri pada orang lain atau terjadinya kekambuhan penyakit, Anda dan pasangan dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan seksual selama masa perawatan. Beberapa tindak pencegahan lain yang bisa Anda lakukan, antara lain:

• Komunikasikan dengan pasangan sebelum melakukan hubungan seksual.
• Tidak melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu orang.
• Selalu gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Hindari kontak fisik maupun seksual jika Anda atau pasangan terdiagnosis gonore.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Infeksi gonore pada pria maupun wanita bisa disembuhkan melalui penanganan penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di wilayah Jakarta. Melakukan perawatan penyakit di klinik ini, Anda akan mendapatkan pelayanan maksimal karena penanganan dilakukan menggunakan peralatan medis yang modern serta berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya sehingga pasien tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan ketika melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Selain itu, klinik ini juga menyediakan layanan konsultasi secara online dan gratis guna mengetahui secara pasti penyebab kelamin pria keluar nanah. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.