Sab13Jul201914:21

Apa Saja Gejala Kencing Nanah Pada Pria?

 

Gejala kencing nanah pada pria dan wanita biasanya berbeda karena bentuk organ reproduksi keduanya berbeda. Kencing nanah, disebut juga sebagai penyakit gonore adalah penyakit menular seksual. Disebabkan oleh adanya infeksi oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, gonore dapat ditularkan kepada pasangan seksual. Hal ini karena penularan penyakit ini dapat terjadi melalui hubungan seksual baik oral, anal, maupun vaginal.

gejala kencing nanah pada pria
gejala kencing nanah pada pria


Untuk mengatasi gejala kencing nanah pada pria, maka Anda harus menjalani pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan penyakit menular seksual dapat dilakukan di klinik khusus penyakit kelamin seperti Klinik Utama Sentosa. Kerap berganti pasangan seksual merupakan salah satu faktor penyebab adanya infeksi menular seksual. Apalagi jika melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan tanpa menggunakan kondom.

Apa Itu Gonore?

Gonore merupakan penyakit menular seksual yang dapat diderita oleh siapa saja yang aktif berhubungan seksual. Tak memandang usia dan jenis kelamin, penyakit ini dapat menginfeksi pria ataupun wanita. Dikenal juga sebagai penyakit kencing nanah karena gejala khasnya adalah keluar cairan mirip nanah dari penis pada pria. Pada pria, cairan ini seringkali disalah kenali dengan sperma.
 
Penyakit ini dapat menular dari pria ke wanita maupun sebaliknya melalui hubungan seksual. Ketika pasangan Anda menderita penyakit gonore dan Anda berhubungan seks tanpa menggunakan alat pengaman, maka Anda berisiko terkena penyakit ini juga. Bakteri penyebab gonore ikut masuk ke dalam kelamin pasangan Anda ketika berhubungan seksual. Untuk mencegah penularannya, maka selama masa pengobatan dan perawatan gonore tidak diperkenankan untuk melakukan hubungan seksual.

Bagaimana Mengenali Gonore?

Untuk mengenali adanya gejala kencing nanah pada pria dapat dilihat dari gejala yang mungkin muncul, seperti:

• Keluar cairan mirip nanah yang berwarna kuning kehijauan maupun krem dari alat kelamin.
• Meningkatnya frekuensi buang air kecil.
• Tenggorokan sakit.
• Pembengkakan yang terjadi pada testis maupun penis.

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, segera periksakan diri ke dokter. Infeksi bakteri gonore tidak mudah untuk disembuhkan meskipun gejalanya telah berhasil untuk diatasi. Diperlukan obat antibiotik untuk mencegah penyakit kencing nanah pada pria menimbulkan gejala lagi. Gejala yang dialami oleh pria dan wanita biasanya berbeda.

gejala kencing nanah pada pria
gejala kencing nanah pada pria


Penyebab Kencing Nanah


Penyakit gonore atau kencing nanah pada pria dapat terjadi, ketika bakteri masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi organ di bawah ini:

• Urethra ( tabung yang mengalirkan urin ke saluran kemih).
• Mata.
• Tenggorokan.
• Kandung kemih.
• Anus.
• Penis.

Barulah setelah infeksi terjadi, gejala kencing nanah pada pria mulai muncul dan dirasakan penderitanya. Pada wanita, penyakit kencing nanah dapat dimulai dengan proses masuknya bakteri dari anus maupun vagina. Pasalnya tak hanya melalui hubungan seksual, penyakit kencing nanah pada pria juga dapat menular melalui cairan yang keluar dari alat kelamin. Cairan nanah ini jika terkena mata dapat menyebabkan mata memerah dan mengeluarkan cairan. Bahkan pada anak kecil sekalipun cairan ini dapat menyebabkan gangguan mata perih dan memerah.


Bahaya Gonore dan Cara Mengobatinya
Saat gejala kencing nanah pada pria tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan berbagai bahaya. Bahaya tersebut di antaranya epididimitis, prostatitis, orchitis, pembengkakan pada skrotum, dan bahkan gangguan disfungsi seksual. Bahkan gonore ini dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan.
 
Untuk menghindari bahayanya, maka begitu gejala awal gonore muncul segera periksakan ke dokter. Setelah melakukan pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui kondisi sekaligus penyebabnya, maka pengobatan akan bisa dilakukan. Jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai penyakit kencing nanah, silahkan konsultasikan dengan dokter kami di nomor 081366657878.