Sel30Apr201916:31

Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Gonore?

Penyebab penyakit gonore yang paling utama adalah infeksi yang disebabkan bakteri Neisseria gonorhoaea. Ini tidak hanya mempengaruhi saluran reproduksi, namun juga dapat mempengaruhi selaput lendir mulut, tenggorokan, mata, dan dubur.
Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Gonore?
Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Gonore?
Bakteri penyebab penyakit gonore cenderung menginfeksi area tubuh lembab dab hangat termasuk uretra, vagina, anus, mata, tenggorokan, dan saluran reproduksi wanita. Beberapa orang yang terinfeksi tidak memiliki gejala yang signifikan. Namun, Anda tetap bisa mendapatkannya dari seseorang yang tidak memiliki gejala.

Gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) umum yang dapat menyerang pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Ini merupakan infeksi yang sangat umum yang bahkan tidak diketahui banyak orang. Gonore juga dapat menyebar dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya melalui proses persalinan.



Gejala

Banyak orang yang terinfeksi penyakit gonore tidak memiliki gejala. Wanita lebih cenderung tidak memiliki gejala daripada pria. Ketika menyebabkan gejala, umumnya berkembang dalam 10 hari setelah hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi.

Pria dapat mengalami keluarnya cairan dari uretra (lubang di ujung penis tempat keluarnya urin), kemerahan di sekitar area uretra, sering buang air kecil dan terasa menyakitkan atau terbakar.

Wanita dapat mengalami rasa sakit atau tidak nyaman ketika buang air kecil, keputihan abnormal dan ketidaknyamanan di daerah dubur. Pada beberapa wanita, bakteri penyebab penyakit gonore menyebar ke rahim dan saluran tuba, menyebabkan rasa sakit selama hubungan seksual, sakit perut, pendarahan yang tidak normal, dan demam.

Jika infeksi gonore menyebar melalui aliran dalam darah, dapat menyebabkan demam, nyeri dan pembengkakan pada beberapa sendi, serta ruam yang khas.

Baca Juga: Beberapa dampak gonore pada Pria! klik disini

Diagnosis dan pengobatan

Jika mencurigai infeksi gonore berdasarkan gejala yang dialami, riwayat seksual, dan hasil pemeriksaan fisik ginekologis. Dokter akan mengkonfirmasi diagnosis infeksi gonokokal dengan mengusap area yang terinfeksi, termasuk uretra, leher rahim, rektum, dan tenggorokan, sampel akan di kirim ke laboratorium untuk dilakukan tes. Sampel juga dapat di uji untuk mendeteksi bahan genetik pada bakteri penyebab penyakit gonore.

Pada orang yang di duga memiliki infeksi yang sudah menyebar di saluran genital, cairan lain seperti darah atau cairan sendi, dapat diambil sampelnya untuk melakukan pemeriksaan kultur atau tes.

Untuk mendapatkan pengobatan gonore yang aman hingga tuntas, konsultasilah dengan dokter dan pastikan Anda mengikuti saran dan anjuran dokter. Penyakit gonore dapat diatasi dan disembuhkan, namun tidak dengan obat rumahan atau obat yang Anda beli sembarangan, sebab hal itu tidak terbukti efektif mampu membasmi bakteri penyebab penyakit gonore. Itu sebabnya, walau mungkin sembuh, kemungkinan akan berulang kembali sebab bakteri masih bertahan dalam tubuh.

Bagaimana pencegahan penyakit gonore? Penyakit gonore adalah infeksi menular seksual dan cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual bebas, setia kepada satu pasangan dan gunakan kondom saat melakukan hubungan seksual. Jika Anda mengalami gejalanya segera lakukan pemeriksaan untuk segera diatasi dan mencegah penyebaran dan komplikasi lainnya.



Gonore? Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mendapatkan perawatan penyakit gonore yang aman dan akurat hingga tuntas, pastikan Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin, dan hal itu dapat Anda temukan di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang khusus menangani penyakit menular seksual, Andrologi dan Ginekologi.

Memiliki dokter ahli kelamin profesional terlatih, kami selalu berusaha memberikan perawatan terbaik bagi setiap pasien yang mempercayakan pengobatan, sebab kesehatan dan kesembuhan serta kepuasan pasien adalah prioritas bagi kami. Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyebab penyakit gonore, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.