Sen11Mar201915:50

Apa Penyebab Penyakit Kelamin Pria Keluar Nanah?

Penyakit kelamin pria keluar nanah lebih sering disebut sebagai gonore. Gonore merupakan salah satu penyakit menular seksual yang terjadi akibat infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Selain kemaluan keluar nanah, gejala gonore lainnya berupa nyeri saat buang air kecil dan pembengkakan di sekitar testis. Penyakit kelamin pria keluar nanah jika dibiarkan bisa mengakibatkan ketidaksuburan atau infertilitas.
penyakit kelamin pria keluar nanah
penyakit kelamin pria keluar nanah

Penyebab Penyakit Gonore Serta Faktor Risikonya

Utamanya, penyakit kelamin pria keluar nanah atau gonore ini disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini biasa tumbuh pada daerah yang hangat dan lembap, seperti saluran reproduksi dan uretra. Penyebaran bakteri dapat terjadi karena melakukan kontak seksual dengan penderitanya, baik secara oral, anal, maupun vaginal. Selain bakteri, terdapat beberapa faktor yang meningkatkan risiko terinfeksi penyakit kelamin pria keluar nanah, di antaranya:


• Sudah aktif secara seksual sejak usia muda.
• Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
• Pernah didiagnosis penyakit gonore sebelumnya.
• Memiliki infeksi menular seksual lainnya.

Tak hanya orang dewasa, penyakit kelamin gonore juga bisa diderita oleh bayi baru lahir akibat tertular dari ibu yang terinfeksi bakteri. Meski mudah menular, bakteri tidak akan bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia dalam waktu yang lama. Karena itu, penyakit kelamin pria keluar nanah tidak menular akibat menggunakan dudukan toilet yang sama, berbagi peralatan makan, berada di satu kolam renang yang sama, dan berciuman atau berpelukan.


Beberapa Cara Menangani Penyakit Gonore

Lama waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan penyakit kelamin pria keluar nanah bergantung pada tingkat keparahan dan seberapa lama penderita sudah mengidapnya. Kedua faktor tersebut biasanya dapat membantu dokter dalam menentukan jenis, dosis, dan durasi pemberian obat. Jika penyakit terdeteksi pada tahap awal, maka gejala akan mereda sekitar 1 sampai 2 haru setelah berobat. Namun, jika terlambat dideteksi, durasi pengobatan akan memakan waktu lebih lama.
 
Pengobatan pada penyakit gonore yang paling sering dilakukan adalah memberikan satu suntikan antibiotik dan diikuti dengan konsumsi satu tablet antibiotik. Untuk mencegah penularan penyakit pada orang lain, penderita gonore disarankan tidak melakukan hubungan seksual selama masa perawatan. Beberapa cara mencegah gonore guna membantu mengurangi risiko terinfeksi bakteri, adalah sebagai berikut:


• Komunikasikan dengan pasangan

Seseorang bisa terinfeksi penyakit menular seksual, termasuk gonore tanpa disadari. Karena itu, sangat penting untuk berkomukasi dengan pasangan guna mengetahui riwayat kehidupan seksual masing-masing.


• Tidak bergonta ganti pasangan seksual

Memiliki lebih dari satu pasangan seksual dapat meningkatkan risiko terkena infeksi penyebab gonore. Biasanya penularan lebih mudah terjadi pada orang yang sering bergonta ganti pasangan seksual.


• Gunakan pelindung atau kondom

Pelindung atau kondom diketahui dapat menurunkan risiko terjangkit gonore dan penyakit menular seksual lainnya. Selalu gunakan pelindung ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan baru guna menghindari penularan bakteri gonore.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan penyakit kelamin pria keluar nanah dapat dilakukan bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan selama perawatan maupun pemeriksaan rutin. Sebelum menentukan perawatan lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.