Sen18Feb201915:30

Apa Penyebab Nanah Keluar dari Kemaluan?

Nanah keluar dari kemaluan merupakan salah satu indikasi adanya penyakit menular seksual bernama gonore. Gonore atau kencing nanah terjadi karena infeksi bakteri, yakni Neisseria gonorrhoeae. Selain nanah keluar dari kemaluan, gejala lain yang menyertai berupa nyeri saat buang air kecil dan mengalami pembengkakan pada sekitar testis. Beberapa bagian tubuh yang akan terinfeksi biasanya bersifat hangat dan lembap, seperti uretra, mata, organ kelamin, anus, tenggorokan, dan saluran reproduksi wanita.
nanah keluar dari kemaluan
nanah keluar dari kemaluan

Apa Saja Gejala Dari Penyakit Gonore?

Penyakit gonore terkadang tidak menimbulkan gejala sehingga penderitanya sudah terinfeksi tanpa disadari. Ciri gonore berupa nanah keluar dari kemaluan dapat diketahui sekitar 14 hari setelah infeksi pertama kali masuk ke dalam tubuh. Terdapat dua perbedaan ciri penyakit gonore antara wanita dan pria, seperti:
 

• Gejala gonore pada pria

Sebagian besar pria yang menderita penyakit gonore tidak menyadari sudah terinfeksi bakteri. Namun, gejala paling umum dan mudah dikenali adalah rasa panas dan terbakar ketika buang air kecil. Gejala lain yang menyertai, dapat berupa meningkatnya frekuensi buang air kecil, keluar cairan seperti nanah dari kemaluan yang berwarna kuning kehijauan, mengalami bengkak serta kemerahan pada bukaan kelamin, rasa nyeri di testis, dan sakit tenggorokan jangka panjang.
 

• Gejala gonore pada wanita

Beberapa wanita yang mengidap gonore sulit mengidentifikasi gejala karena memiliki kemiripan dengan infeksi lain. Gejala gonore yang umum dirasakan oleh wanita adalah rasa nyeri dan sensasi panas ketika buang air kecil. Selain itu, ciri yang menandakan adanya infeksi gonore pada tubuh, antara lain cairan atau nanah keluar dari kemaluan, muncul bercak atau pendarahan di luar periode menstruasi, pembengkakan pada vulva, dan nyeri pada perut bagian bawah.

Komplikasi Gonore Serta Penanganan yang Dapat Dilakukan

Jika tak ditangani, gejala gonore berupa nanah keluar dari kemaluan akan menimbulkan komplikasi atau masalah jangka panjang. Komplikasi yang akan terjadi pada penderita pria adalah berkurangnya kesuburan akibat infeksi testis serta kelenjar prostat. Sementara wanita, gonore akan berdampak serius pada organ reproduksi. Beberapa komplikasi lain akibat penyakit gonore yang dapat dialami oleh pria maupun wanita, adalah sebagai berikut:
 

• Kulit berwarna kemerahan hingga iritasi.
• Radang serta pembengkakan pada sendi.
• Peradangan pada otak dan saraf tulang belakang.

Bahaya atau komplikasi gonore yang diderita wanita hamil tidak hanya berdampak pada diri sendiri, namun juga bayi dalam kandungan. Bayi yang telah terinfeksi akan lahir secara prematur atau berat badan di bawah normal. Selain itu, keguguran juga dapat dialami oleh ibu hamil penderita gonore. Untuk mengatasi penyakit gonore, pengobatan yang dilakukan dokter adalah dengan memberikan satu suntikan antibiotik yang diikuti dengan mengonsumsi satu tablet antibiotik.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penyebab nanah keluar dari kemaluan dapat diketahui dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan penyakit di klinik ini, Anda akan mendapatkan pelayanan medis maksimal dengan menggunakan peralatan medis yang modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya perawatan maupun pemeriksaan rutin sehingga pasien tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Selain itu, klinik ini juga menyediakan layanan konsultasi secara online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda akan mengetahui secara pasti penyebab nanah keluar dari kemaluan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.