Rab06Mar201916:15

Apa Penanganan Gejala Gonore Pada Pria?

Gejala gonore pada pria biasanya ditandai dengan keluarnya cairan asing dari organ kelamin. Gonore atau kencing nanah merupakan salah satu penyakit menular seksual yang terjadi karena bakteri. Penyakit ini terjadi karena sering melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda tanpa memakai pelindung atau kondom. Penyebaran infeksi bakteri akan terjadi melalui hubungan seksual secara oral, anal, ataupun vaginal.
gejala gonore pada pria
gejala gonore pada pria

Apa Gejala Akibat Terinfeksi Penyakit Gonore

Gejala gonore pada pria yang paling mudah dikenali adalah rasa panas dan terbakar ketika buang air kecil. Gejala lain yang menyertai dapat berupa keluarnya nanah dari organ kelamin pria yang berwarna putih, kuning, atau kehijauan. Pria yang menderita penyakit ini juga akan mengalami pembengkakan pada bukaan kulup kelamin serta nyeri pada testis. Selain itu, kelenjar getah bening pada leher akan membengkak sehingga penderitanya mengalami kesulitan dalam menelan.



Jika gejala gonore pada pria tidak segera ditangani, maka dapat berlanjut pada kondisi yang lebih serius. Konjungtivitis bisa terjadi jika sperma yang terinfeksi terkena mata. Infeksi pada mata ini dapat menyebabkan pembengkakan, keluarnya cairan dari mata, serta sakit akibat iritasi yang terjadi. Selain itu, gonore pada pria juga bisa mengakibatkan peradangan pada otak, saraf tulang belakang, bengkak pada persendian, dan penyakit jantung.

Diagnosis Gonore Serta Penanganan yang Dapat Dilakukan

Dalam mendiagnosis bakteri gonore dalam tubuh penderitanya, dokter biasanya akan mengambil sampel sel pada tes urin guna membantu mengetahui adanya bakteri dalam uretra. Untuk mendapatkan hasil diagnosis yang lebih tepat, pemeriksaan dengan menggunakan alat tes juga dapat dilakukan. Alat tes tersebut berguna untuk mengambil jaringan tenggorokan, uretra, dan rektum. Pengambilan jaringan ini berguna untuk melihat jenis bakteri dari penyakit yang menginfeksi.
 
Gejala gonore pada pria dapat ditangani dengan pemberian antibiotik dan melalui suntikan. Dokter biasanya meresepkan obat berdasarkan tingkat keparahan penyakit yang harus disembuhkan. Penderita gonore disarankan untuk mengonsumsi obat antibiotik sesuai instruksi dari dokter. Beberapa bakteri tertentu kadang sudah kebal terhadap antibiotik sehingga perlu diberikan antibiotik lain untuk menyembuhkan infeksi.

Proses penyembuhan terhadap gejala gonore pada pria bergantung pada tingkat keparahan dan risiko komplikasi yang dapat terjadi. Penanganan gonore pada tahap awal bisa disembuhkan sekitar dua hari setelah mengonsumsi obat sesuai resep dokter. Namun, jika penanganan dilakukan terlambat maka akan menyebabkan infeksi menyebar luas ke organ tubuh lainnya sehingga proses penyembuhan juga semakin lama. Untuk mengurangi risiko infeksi, munculnya gejala gonore pada wanita bisa dihindari dengan beberapa pencegahan, seperti:
 
• Selalu menggunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seks.
• Setia pada satu pasangan atau tidak bergonta ganti pasangan seksual.
• Batasi kontak seksual dengan pasangan jika terdiagnosis penyakit.
• Lakukan pencegahan dengan vaksinasi HPV sebelum berusia 26 tahun.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan gejala gonore pada pria bisa Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan perawatan lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.