Sen11Feb201909:19

Apa Itu Infeksi Penyakit Gonore?

 

Penyakit gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) yang ditularkan melalui kontak seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi. Jika saat ini Anda bertanya tentang apa itu infeksi penyakit gonore. Penyakit gonore bisa menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh yang telah terinfeksi.

Apa Itu Infeksi Penyakit Gonore?
Apa Itu Infeksi Penyakit Gonore?

Penyakit gonore atau kencing nanah disebabkan bakteri Neisseria gonorhoeae. Bakteri ini dapat tumbuh serta berkembang biak dengan sangat mudah di selaput lendir tubuh, dan dapat tumbuh di organ lembab dan hangat seperti saluran reproduksi yang termasuk leher rahim, rahim (uterus), tuba falopi, serta uretra. Bahkan, bakteri juga dapat bertumbuh di mulut, tenggorokan, juga anus. Aktivitas hubungan seksual merupakan penularan bakteri penyebab kencing nanah atau gonore paling mudah.

 <<<simak, penyakit gonore pada wanita* klik disini>>>

Gejala penyakit gonore

Setelah mengetahui apa itu infeksi penyakit gonore, penting untuk mengenal gejalanya, jika gejala muncul sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan dan tidak menundanya lagi untuk meminimalisir risiko yang terjadi pada Anda, terlebih jika Anda seorang yang berisiko tinggi mengalami penyakit kelamin.

Pada umumnya, tidak semua orang yang telah terinfeksi penyakit gonore akan merasakan gejala, sehingga menyebabkan mengetahui kapan untuk mencari pengobatan dapat menjadi suatu masalah. Biasanya gonore muncul dalam 2-10 hari setelah terinfeksi.

Tanda-tanda atau gejala gonore umumnya sedikit berbeda antara pria dan wanita.

Gejala penyakit gonore pada wanita, yaitu:

  • Keputihan abnormal, berwarna kekuningan atau kehijauan.
  • Nyeri pada perut atau panggul bawah.
  • Rasa terbakar ketika buang air kecil.
  • Terjadi pendarahan diluar siklus menstruasi.
  • Terdapat noda atau flek setelah hubungan seksual.
  • Bengkak pada vulva (vulvitis).
  • Rasa terbakar pada tenggorokan (oral seks).

Pada beberapa wanita yang telah terinfeksi penyakit gonore, gejala sangat ringan sehingga mereka tidak menyadari bahwa hal itu merupakan gonore. Banyak wanita mengalami keputihan karena terjangkit penyakit gonore, sehingga mengatasinya dengan obat jamur yang dijual bebas.

Karena keputihan dapat menjadi tanda sejumlah masalah yang berbeda-beda, untuk memastikannya sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat sehingga penyakit tidak bertambah parah.

Gejala gonore pada pria, antara lain:

  • Penis pria mengeluarkan cairan yang berwarna keputihan, kehijauan, kekuningan seperti nanah.
  • Rasa terbakar ketika buang air kecil.
  • Gejala akan muncul 2-14 hari setelah terinfeksi.

 



Diagnosis dan pengobatan kencing nanah

Penyakit gonore merupakan penyakit kelamin yang cukup serius. Untuk diagnosa gonore, dokter akan menggunakan swab mengambil sampel cairan dari uretra pria atau dari leher rahim wanita. Kemudian akan diperiksa di laboratorium untuk dianalisis. Tes lain yang dapat dilakukan adalah memeriksa tes urine untuk mengetahui ada atau tidaknya bakteri penyebab, sehingga pengobatan langsung dilakukan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Untuk pengobatan penyakit gonore perlu dilakukan untuk mencegah penyakit kencing nanah semakin parah, yang sekaligus untuk mencegah penularan. Sebaiknya pasangan seksual yang terinfeksi juga harus diperiksa untuk mencegah infeksi gonore terulang dan penyebaran lebih lanjut.

Apa yaang terjadi jika kencing nanah dibiarkan?

Gonore merupakan penyakit yang membutuhkan penanganan secara khusus, maka kencing nanah jika dibiarkan saja akan menyebabkan komplikasi tersendiri. Pengobatan gonore sangat penting agar penyakit tidak bertambah parah. Gonore atau kencing nanah yang tidak diobati akan menyebabkan masalah serius atau permanen baik bagi pria maupun wanita.

Pada wanita infeksi gonore dapat menyebabkan radang panggul, merusak tuba falopi, atau bahkan menyebabakn kemnadulan. Sementara pada pria, gonore dapat menyebabakn epididimitis, kondisi yang menyakitkan di testis, terkadang dapat menyebabkan kemandulan jika tidak mendapatkan pengobatan. Tanpa tindakan pengobatan yang tepat, gonore dapat mempengaruhi prostat dan menyebabkan jaringan parut di dalam uretra yang menyebabkan sulit untuk buang air kecil.

 



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Sudah melakukan pengobatan penyakit gonore namun belum sembuh juga? Kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang akan membantu mengatasi penyakit kelamin hingga tuntas, baik bagi pria maupun wanita. Disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli profesional yang telah berpengalaman, sehingga Anda tidak perlu khawatir sebab dokter sudah biasa menangani kasus seperti Anda. Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru,di dukung peralatan medis modern yang canggih, dan laboratorium yang steril sehingga membantu proses penyembuhan yang lebih cepat. Kami memberikan perawatan medis prima yang tepat, cepat, dan akurat dengan biaya pengobatan relatif terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut terkait apa itu infeksi penyakit gonore, silahkan klik website kami untuk konsultasi terlebih dahulu, atau hubungi kami di 081366657878 .