Sab29Jun201910:09

Apa Akibat Kencing Nanah Tidak Diobati?

Akibat kencing nanah tidak diobati dapat menyebabkan infertilitas pada pria hasil dari peradangan di dalam testis, dimana saluran sperma berada. Sementara pada wanita, akibat kencing nanah tidak diobati menyebabkan peningkatan keputihan, nyeri ketika buang air kecil, penyakit radang panggul dan atau nyeri panggul hingga infertilitas.
Apa Akibat Kencing Nanah Tidak Diobati?
Apa Akibat Kencing Nanah Tidak Diobati?
Kencing nanah atau dikenal dengan penyakit gonore adalah infeksi bakteri Neisseria gonorhoeae yang mempengaruhi uretra, rektum, atau tenggorokan pria dan wanita. Kencing nanah juga dapat berdampak pada leher rahim. Menyebar melalui aktivitas hubungan seksual atau kepada bayi yang baru lahir dari ibu yang terinfeksi. Kencing nanah dapat dicegah dengan tidak melakukan hubungan seksual berisiko.

Akibat kencing nanah tidak diobati dapat mempengaruhi rektum, ini ditularkan melalui hubungan seksual anal dan kontak dengan cairan tubuh dari hubungan seks vaginal atau oral. Gejalanya berupa gatal pada anus, cairan nanah keluar dari dubur, dan bercak darah merah terang.

Setiap individu yang terinfeksi bakteri penyebab kencing nanah yang tidak mencari perawatan yang aman dan tepat dapat mengalami komplikasi. Bakteri dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain termasuk persendian. Ini dapat menyebabkan demam, ruam, dan luka. Selain itu, akibat kencing nanah tidak diobati akan menempatkan seseorang berisiko tinggi terhadap Human Immunodeficiency Virus (HIV).



Gejala dan pengobatan kencing nanah

Pada pria, gejala kencing nanah lebih mudah dikenali daripada wanita, meskipun beberapa pria dengan infeksi ini tidak memiliki gejala sama sekali. Gejala umum pada pria termasuk sensasi rasa terbakar dan sakit ketika buang air kecil, keluarnya cairan berwarna putih, kuning, atau hijau dari ujung alat kelamin. Gejala umumnya muncul 14 hari setelah infeksi. Terkadang pria dengan kencing nanah mendapatkan testis bengkak dan terasa menyakitkan.

Pada wanita, kebanyakan wanita dengan infeksi kencing nanah tidak memiliki gejala apapun, bahkan ketika gejala muncul cenderung ringan dan sering disalahartikan dengan infeksi kandung kemih atau vagina. Gejala awal kencing nanah berupa rasa nyeri atau terbakar ketika buang air kecil peningkatan keputihan, pendarahan. Gejala lebih lanjut menunjukkan perkembangan menjadi penyakit radang panggul (PID). Wanita dengan infeksi kencing nanah berisiko mengalami komplikasi serius, jangka panjang, bahkan jika gejalanya tidak ada atau ringan.

Gejala infeksi dubur pada wanita dan pria termasuk keputihan, gatal anal, nyeri, pendarahan, atau buang air besar terasa menyakitkan. Infeksi dubur tidak menimbulkan gejala. Infeksi di tenggorokan dapat menyebabkan sakit tenggorokan, namun biasanya tidak menimbulkan gejala.

Baca Juga: Cara Agar Kencing Nanah Cepat Sembuh!

Kencing nanah dapat diatasi dan disembuhkan dengan perawatan yang tepat dan aman. Profesional kesehatan akan merekomendasikan pengobatan berdasarkan tingkat keparahan dan berapa lama setelah infeksi sebelum didiagnosis. Penting bagi Anda untuk mengikuti saran dan anjuran dokter.

Hubungi segera layanan kesehatan jika Anda mengalami gejala kencing nanah untuk didiagnosis sejak dini dan jangan mendiagnosis penyakit Anda sendiri. Pada dasarnya, kencing nanah sama dengan penyakit lain, jika diatasi dengan tepat tidak akan menyebabkan masalah, dan penyakit ini dapat diatasi hingga tuntas, namun tidak dengan obat rumahan.

Tidak melakukan hubungan seksual berisiko adalah perlindungan terbaik terhadap kencing nanah dan PMS lainnya. Dan jika keluar cairan yang tidak biasa dari organ kelamin Anda, segera hubungi dokter agar segala komplikasi akibat kencing nanah tidak diobati tidak terjadi pada Anda.



Kencing nanah? Klinik Utama Sentosa solusi yang tepat bagi Anda

Kami, Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kulit kelamin mengatasi berbagai penyakit kelamin, termasuk kencing nanah. Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru dimana Anda ditangani langsung oleh dokter ahli terlatih. Kami memberikan perawatan medis prima yang berkualitas dan terarah dengan biaya yang relatif terjangkau.

Kami juga menyediakan layanan konsultasi online gratis 24 jam untuk memudahkan Anda konsultasi, dan untuk pertanyaan lainnya mengenai akibat kencing nanah tidak diobati dan penyakit lainnya silahkan klik website kami, atau hubungi hotline kami di 081366657878.