Sab11Mei201914:36

Akibat Tak Ditangani, Ini Dia Bahaya Gonore


Bahaya gonore bisa terjadi karena tidak segera melakukan pengobatan bersama dokter. Penyakit gonore atau kencing nanah ternasuk infeksi menular seksual yang disebakan oleh infeksi bakteri. Gejala utama yang dirasakan penderita adalah keluarnya cairan berwarna kuning menyerupai nanah. Pada dasarnya, gejala gonore dapat sembuh dalam beberapa hari jika penanganan tepat segera dilakukan sebelum menyebabkan komplikasi serius.
bahaya gonore
bahaya gonore

Faktor Risiko Gonore Serta Gejalanya

Bahaya gonore dapat diatasi dengan mengetahui gejala penyakitnya terlebih dahulu. Tak hanya itu, penyebab juga perlu diketahui agar pengobatan lebih mudah dilakukan. Penyakit gonore atau kencing nanah paling sering disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak aman, terutama jika memiliki kebiasaan bergonta ganti pasangan. Faktor lain yang menjadi penyebab seseorang terinfeksi gonore adalah aktif secara seksual sejak usia muda, pernah menderita gonore sebelumnya, dan memiliki riwayat penyakit menular seksual lain.



Umumnya, gonore menimbulkan gejala cukup jelas di organ kelamin baik pada pria maupun wanita. Gejala gonore pada pria akan ditandai dengan keluarnya cairan seperti nanah pada ujung kelamin, nyeri ketika buang air kecil, rasa nyeri akibat pembengkakan salah satu testis, dan kemerahan hingga bengkak pada ujung kemaluan. Sementara pada wanita, gejala yang akan muncul, antara lain:


• Nyeri ketika buang air kecil serta saat berhubungan seksual.
• Merasakan sakit pada perut dan bagian panggul.
• Pendarahan ketika melakukan seks atau di luar periode haid
• Menstruasi lebih banyak dan lebih lama dari biasanya.

Tak hanya orang dewasa, gonore juga bisa dialami bayi baru lahir akibat tertular dari sang ibu yang terinfeksi. Bahaya gonore pada bayi akan mengakibatkan mata menjadi memerah, mengalami pembengkakan, serta mengeluarkan nanah. Gejala tersebut akan muncul dalam dua minggu pertama setelah dilahirkan.

Bagaimana Penanganan Terhadap Gejala Gonore

Sebelum bahaya gonore semakin tak tertangani, segera lakukan pengobatan bersama dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat antibiotik sesuai dengan tingkat keparahannya. Gejala gonore akan mereda setelah melakukan pengobatan beberapa kali. Meski sudah sembuh, rasa sakit di testis dan penggul membutuhkan waktu lama untuk hilang sepenuhnya, Karena itu, biasanya pemeriksaan lanjutan setelah pengobatan akan dilakukan selama dua minggu.
 
Bahaya gonore yang tidak sempat berkembang dan sembuh biasanya tidak membuat penderita menjadi kebal terhadap penyakit. Meskipun gejala sudah sembuh, penderita masih bisa tertular penyakit karena melakukan hubungan seksual dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksnya. Untuk itu, penderita perlu menerapkan beberapa tindak pencegahan, yakni sebagai berikut:

• Tidak bergonta ganti pasangan seksual atau setia pada satu orang saja.
• Gunakan pelindung atau kondom ketika melakukan aktivitas seksual.
• Hindari hubungan seksual selama masa perawatan penyakit dilakukan.
• Periksakan kondisi kesehatan seksual secara rutin bersama dokter.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Untuk menghindari terjadinya bahaya gonore berupa komplikasi, segera periksakan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Sebelum melakukan perawatan, Anda juga dapat mengonsultasikan terlebih dahulu mengenai penyakit yang diderita. Layanan konsultasi disediakan secara online dan gratis sehingga mempermudah pasien.
 
Klinik Utama Sentosa juga telah dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih serta modern sehingga penanganan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Selain itu, Anda akan ditangani oleh dokter ahli yang telah berpengalaman serta staf medis profesional. Tak perlu ragu, karena Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya perawatan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.