Rab03Jul201911:12

Cara Pencegahan Ejakulasi Dini

 

Melakukan tindakan pencegahan ejakulasi dini harus dapat dilakukan dengan cara menghindari penyebab ejakulasi dini itu sendiri. Ejakulasi dini adalah suatu gangguan seksual yang ditandai dengan ejakulasi yang terlalu cepat. Pada umumnya ejakulasi dalam berhubungan seksual membutuhkan beberapa waktu untuk mencapainya. Jika ejakulasi terjadi terlalu cepat, maka penderita maupun pasangan tidak dapat merasakan kepuasan saat berhubungan seksual.

pencegahan ejakulasi dini
pencegahan ejakulasi dini


Risiko terkena ejakulasi dini dapat dialami oleh siapapun, hanya saja tingkat gangguan ejakulasi dini yang dialami oleh setiap orang bisa saja berbeda. Ejakulasi dini ini merupakan disfungsi seksual yang umum terjadi pada pria karena ada banyak hal yang dapat memicu terjadinya ejakulasi dini. Ejakulasi dini memang tidak mempengaruhi kualitas sperma, hanya saja dapat menimbulkan masalah terutama terkait keharmonisan hubungan seksual dengan pasangan. Untuk itu, ejakulasi dini juga tidak boleh kita abaikan.

Pengertian Ejakulasi Dini


Untuk dapat melakukan pencegahan ejakulasi dini, perlu di pahami terlebih dahulu apa itu ejakulasi dini. Ejakulasi dini adalah salah satu jenis disfungsi seksual yang terjadi pada pria. Anda dapat dikatakan mengalami gangguan ejakulasi dini jika saat berhubungan seksual ejakulasi dini terjadi lebih cepat daripada seharusnya. Dan merupakan masalah serius jika terjadi berulang kali dimana hal tersebut akan mengganggu aktivitas hubungan seksual Anda dengan pasangan.



Ejakulasi dini sering terjadi pada pria yang lanjut usia atau yang berusia di atas 50 tahun. Namun, hal tersebut bukan berarti pria berusia muda tidak dapat mengalaminya. Ejakulasi merupakan salah satu gangguan seksual yang dapat mengurangi rasa kepercayaan diri di hadapan pasangan. Ejakulasi dini terbagi menjadi beberapa tingkat tergantung dari seberapa parah gejala yang dialami oleh penderitanya. Untuk melakukan pencegahan ejakulasi dini, maka mengenali gejalanya akan sangat membantu.

pencegahan ejakulasi dini
pencegahan ejakulasi dini

Gejala Masalah Ejakulasi Dini


Gejala ejakulasi dini yang dialami oleh setiap orang bisa saja berbeda. Anda dapat mengidentifikasi seberapa parah ejakulasi dini yang Anda alami dari beberapa gejala seperti di bawah ini sebagai salah satu tindakan pencegahan ejakulasi dini.

• Tahap ringan

Ejakulasi dini yang Anda alami masih dalam tahap ringan jika ejakulasi dini terjadi segera setelah penis masuk ke dalam organ kewanitaan.

• Tahap sedang

Jika penis mengalami ejakulasi segera setelah menyentuh organ kewanitaan, maka kondisi tersbeut dapat dikategorikan sebagai ejakulasi dini tahap sedang.

• Tahap berat

Jika ejakulasi dini terjadi ketika Anda baru saja memulai berhubungan intim, maka itu artinya sudah memasuki tahap berat. Pada tahap ini, tak hanya mengganggu hubungan seksual dengan pasangan, Anda bahkan tidak dapat berhubungan seksual dengan normal.

Namun jangan khawatir, karena ejakulasi dini dapat disembuhkan asalkan telah diketahui penyebabnya. Pencegahan ejakulasi dini dan bahayanya dapat dilakukan dengan mendagnosis penyebabnya terlebih dahulu, dan hal tersebut dapat dilakukan dengan cara berkonsultasi.


Penyebab Terjadinya Ejakulasi Dini

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab ejakulasi dini, salah satunya adalah faktor usia. Sedangkan faktor lain yang dapat menyebabkan ejakulasi dini sat berhubungan seksual diantaranya adalah:
 
• Masalah prikologis
 
Adanya rasa cemas, takut, dan tertekan dapat membuat tubuh mengalami gangguan fungsi terutama saat berhubungan seksual sehingga ejakulasi terjadi lebih cepat.
 
• Masalah hormon
 
Dalam proses reproduksi, ada beberapa hormon yang dibutuhkan. Jika jumlah hormon tidak sesuai dengan yang seharusnya, maka ejakulasi juga ikut mengalami masalah seperti lebih cepat terjadi.
 
• Masalah kesehatan
 
Gangguan penyakit jantung maupun diabetes menjadi salah satu penyakit yang dapat memicu terjadinya ejakulasi dini.
 
Untuk melakukan pencegahan ejakulasi dini, maka menghindari adanya masalah di atas merupakan cara yang terbaik. Selain itu, ejakulasi dini juga dapat diatasi dengan cara menjalani pengobatan maupun perawatan yang tepat. Pasalnya ejakulasi dini yang telah parah dapat memicu adanya bahaya infertilitas atau kemandulan. Jika Anda memiliki kekhawatiran terhadap masalah Ejakulasi, silahkan konsultasikan gejala yang Anda alami dengan dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Untuk konsultasi secara online dapat dilakukan dengan menggunakan layanan hotline kami di nomor 081366657878.