Min24Feb201915:59

Bagaimana Penanganan Pada Ejakulasi Terlalu Cepat?

Ejakulasi terlalu cepat merupakan kondisi ketika seorang pria mengeluarkan sperma sebelum kenikmatan seksual didapat. Seorang pria yang sering mengalami ejakulasi terlalu cepat akan meningkatkan kecemasan dan tidak percaya terhadap diri sendiri. Masalah ini adalah kecenderungan orgasme terlalu dini di luar keinginan dan dapat terjadi sebelum atau sesaat setelah penetrasi dilakukan.
ejakulasi terlalu cepat
ejakulasi terlalu cepat

Apa Saja Penyebab Ejakulasi yang Terlalu Cepat?

Penyebab ejakulasi terlalu cepat biasanya dikarenakan oleh faktor psikologis. Beberapa faktor psikis yang memicu terjadinya ejakulasi terlalu cepat, antara lain kecemasan, rasa bersalah, trauma, depresi, dan tuntutan dari pasangan ketika melakukan hubungan seksual. Selain itu, ejakulasi terlalu cepat juga bisa diakibatkan karena adanya konflik atau ketegangan dalam hubungan.
 


Ejakulasi terlalu cepat yang disebabkan oleh faktor psikologis bisa berkembang menjadi disfungsi seksual primer atau terjadi secara terus menerus seumur hidup. Ketidakmampuan diri untuk mengontrol ejakulasi terlalu cepat jarang disebabkan oleh kondisi medis. Namun, beberapa kemungkinan penyakit yang dapat memicu terjadinya masalah ejakulasi pada pria, adalah sebagai berikut:
 

• Kadar hormon yang tidak normal.
• Adanya peradangan pada uretra.
• Kerusakan sistem saraf akibat trauma.
• Kadar senyawa kimia dalam otak abnormal.
• Menderita penyakit serius, seperti jantung.
• Memiliki riwayat penyakit diabetes dan impotensi.
• Terdapat masalah atau gangguan pada prostat.

Salah satu penyebab ejakulasi yang terlalu cepat adalah faktor keturunan. Seorang pria memiliki risiko tinggi mengalami ejakulasi dini jika terdapat anggota keluarga dengan kondisi serupa. Karena itu, untuk menghindari terjadinya masalah ini maka segera lakukan pemeriksaan bersama dokter ahli.


Penanganan Tepat Terhadap Masalah Ejakulasi Dini

Untuk mengetahui, penyebab ejakulasi dini, dokter akan mencari tahu penyebab penyakit dengan memeriksakan riwayat kesehatan pasiennya. Pasien yang memiliki riwayat stres, gangguan kecemasan, depresi, atau pengalaman traumatis, maka dapat dipastikan ejakulasi dipicu oleh beberapa faktor tersebut. Namun, jika kondisi psikologis pasien baik setelah pemeriksaan kejiwaan maka ejakulasi dini dicurigai tejadi akibat komplikasi penyakit yang dimiliki.
 
Ejakulasi yang terlalu cepat bisa ditangani dengan mengonsumsi obat-obatan berdasarkan resep dokter. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, Anda bisa melakukan beberapa penanganan secara mandiri, seperti mengubah posisi ketika melakukan hubungan sekual dengan pasangan, lakukan teknik bernapas dalam-dalam lalu istirahat sejenak, dan hindari kebiasaan merokok serta konsumsi minuman beralkohol.
 
Selain itu, perawatan pada pria dengan kondisi ini juga perlu melibatkan terapi kombinasi, seperti rutin melakukan konseling bersama dokter spesialis. Jika diperlukan, biasanya dokter juga akan menyarankan unutk menunda berhubungan seksual untuk sementara waktu sampai kemampuan ejakulasi pulih seperti sedia kala. Salah satu cara rumah yang dapat membantu pria mencegah ejakulasi dini adalah senam kegel. Senam kegel berguna untuk merelaksasikan otot-otot di sekitar organ kelamin.


Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Ejakulasi terlalu cepat yang sering dialami oleh pria dapat ditangani bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan penanganan penyakit di klinik ini, Anda akan mendapatkan kepuasaan dan kenyamanan karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu mengkhawatirkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi secara online sebelum perawatan dilakukan. Melalui konsultasi ini, penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dapat diketahui. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin, segera hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.