Kam21Feb201911:41

Bagaimana Menangani Penyakit Ejakulasi Dini?

Penyakit ejakulasi dini sering dialami oleh pria sebelum atau pada saat berhubungan seksual. Ejakulasi dini merupakan suatu kondisi dimana seorang pria mengeluarkan sperma terlalu cepat atau dini sehingga mengakibatkan tidak tercapainya kepuasaan seksual. Pada dasarnya, tidak ada patokan mengenai berapa lama seseorang pria dalam mencapai ejakulasi. Namun, kebanyakan waktu yang diperlukan untuk ejakulasi adalah lima setengah menit setelah penetrasi dilakukan.
penyakit ejakulasi dini
penyakit ejakulasi dini

Apa yang Menyebabkan Terjadinya Ejakulasi Dini?

Gejala utama dari penyakit ejakulasi dini, yakni berupa ketidakmampuan untuk menunda atau mempertahankan ejakulasi lebih dari satu menit setelah penetrasi. Kondisi ini akan menyebabkan Anda dan pasangan merasakan kekecewaan serta mempengaruhi kehidupan seksual. Terdapat berbagai penyebab seseorang bisa menderita penyakit ejakulasi dini. Salah satunya adalah faktor psikologis, yang meliputi:



• Sedang mengalami stres atau depresi.
• Memiliki rasa cemas yang berlebih.
• Adanya pengalaman traumatis sejak kecil.
• Memiliki kebiasaan sering onani saat remaja.

Keadaan yang dapat memperparah penyakit ejakulasi dini adalah disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi akan membuat seorang pria mengalami ketakutan akan ketidakmampuan untuk mempertahankan ereksi sehingga memunculkan keinginan menyelesaikan hubungan seksual lebih cepat. Selain itu, beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit ejakulasi dini yang berkaitan dengan fisik, antara lain:

• Adanya gangguan pada hormon tiroid.
• Mengalami masalah di kelenjar prostat.
• Peradangan atau infeksi saluran kemih.
• Rusaknya saraf akibat cedera atau operasi.
• Memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok.

Penanganan Tepat Terhadap Masalah Ejakulasi Dini

Penanganan terbaik untuk penyakit ejakulasi dini yang diderita pria adalah dengan menggunakan obat antidepresan. Obat ini dapat meredakan gejala jika dikonsumsi secara rutin selama 7 hingga 14 hari. Selain mengonsumsi obat, cara yang bisa Anda lakukan adalah penanganan mandiri. Salah satu cara menangani ejakulasi dini, yakni melakukan teknik relaksasi guna mengalihkan perhatian sehingga masalah dapat ditangani. Penanganan mandiri lainnya yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi ejakulasi dini, adalah sebagai berikut:


• Ubah posisi seksual

Cara mengatasi ejakulasi dini pada pria adalah dengan mengubah posisi ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Hal ini bertujuan agar organ kelamin dapat ditarik dengan mudah jika sudah mendekati rasa ingin ejakulasi.
 

• Latihan menahan ejakulasi

Ejakulasi dini bisa Anda tangani dengan melakukan latihan menahan ejakulasi. Untuk menahan ejakulasi, terapkan teknik bernapas dalam-dalam dan kemudian alihkan pikiran sebentar di sela-sela penetrasi.


• Gunakan pelindung atau kondom

Penyebab seorang pria mengalami ejakulasi dini adalah karena memiliki organ kelamin yang sangat sensitif. Karena itu, untuk menanganinya Anda bisa menggunakan pelindung atau kondom yang tebal supaya sensasi untuk ejakulasi dapat menurun.


• Jauhi kebiasaan buruk

Faktor utama munculnya masalah ejakulasi dapat dipengaruhi oleh faktor fisik, seperti pola atau gaya hidup yang buruk. Segera hilangkan kebiasaan buruk, yakni merokok serta konsumsi minuman berlakohol agar terhindar dari penyakit ejakulasi dini.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penyebab penyakit ejakulasi dini dapat ditangani dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik spesialis yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan perawatan maksimal karena peralatan yang digunakan sudah canggih serta berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai, seperti layanan konsultasi online. Melalui konsultasi, Anda bisa mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda dapat berkonsultasi atau segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.