Min31Mar201916:27

Apa yang Menjadi Penyebab Ejakulasi Cepat?

Penyebab ejakulasi cepat yang dialami pria biasanya dipicu oleh berbagai faktor, baik fisik maupun psikis. Ejakulasi dini merupakan kondisi dimana organ kelamin mengeluarkan sperma terlalu cepat saat berhubungan seksual. Penyakit ini termasuk hal yang wajar sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Namun, segera lakukan pemeriksaan bersama dokter jika hubungan seksual yang dilakukan sering berakhir dengan ejakulasi dini.
penyebab ejakulasi cepat
penyebab ejakulasi cepat

Beberapa Penyebab Ejakulasi yang Terlalu Cepat

Penyebab ejakulasi cepat akibat adanya faktor psikologis, dapat berupa stres atau depresi, cemas berlebih karena tidak dapat memuaskan pasangan, memiliki pengalaman traumatis sejak kecil, dan sering melakukan onani saat masih muda. Selain itu, penyebab ejakulasi cepat juga bisa dipicu oleh faktor psikologis, antara lain:
 

• Memiliki gangguan pada hormon tiroid.
• Adanya infeksi pada saluran kemih atau prostat.
• Terdapat kerusakan saraf akibat cedera.
• Gangguan hormon serta zat kimia pada otak.
• Mengalami gangguan refleks yang mengatur ejakulasi.
• Memiliki kebiasan buruk, seperti merokok.

Penyebab ejakulasi cepat bisa diketahui setelah melakukan pemeriksaan riwayat kesehatan bersama dokter. Untuk memastikan penyebab ejakulasi cepat, pemeriksaan lanjutan yang dilakukan, berupa tes darah dan urin. Tes darah berguna untuk mengetahui kadar hormon testosteron. Sementara, tes urin bertujuan jika dokter mencurigai penyakit disebabkan oleh infeksi dalam tubuh. Jika hasil diagnosis yang didapatkan menunjukkan kondisi psikologis penderita normal, maka kemungkinan penyebab ejakulasi cepat adalah komplikasi suatu penyakit.


Bagaimana Penanganan Tepat Pada Ejakulasi Dini?

Penanganan mandiri terhadap penyakit ejakulasi dini pada pria dapat dilakukan sebelum melakukan pemeriksaan bersama dokter. Penderita ejakulasi cepat perlu menerapkan teknik relaksasi atau mengalihkan perhatian. Cara yang dilakukan adalah bernapas dalam-dalam dan istirahat sebentar di sela-sela penetrasi. Usahakan juga untuk menghilangkan kebiasaan merokok serta merngonsumsi minuman beralkohol.
 
Jika penanganan ini belum berhasil menyembuhkan gejala ejakulasi dini, maka pemberian obat sesuai resep dokter bisa segera dilakukan. Dokter akan memberikan anestesi yang diaplikasikan langsung pada kulit guna menurunkan sensasi ingin ereksi atau ejakulasi. Selain itu, obat oral juga kerap disarankan dokter untuk mencegah terjadi ejakulasi terlalu cepat. Beberapa penanganan lain yang bisa Anda lakukan, antara lain:


• Menggunakan krim atau obat-obatan tertentu

Obat-obatan dan krim bisa digunakan sebagai cara mengatasi penyakit ejakulasi dini. Obat bekerja dengan cara mengurangi sensasi rangsangan sehingga dapat memperlambat ejakulasi. Meski cukup efektif, obat ini memiliki efek samping berupa hilangnya sensitivitas sementara dan berkurangnya kenikmatan seksual.


• Lakukan konseling ke terapis seks

Ejakulasi yang terlalu cepat biasanya akan berdampak pada hubungan pribadi antara Anda dan pasangan. Karena itu, lakukan konseling dengan terapis guna membantu mengurangi kecemasan terhadap kinerja organ kelamin. Selain itu, cara ini juga dapat mengatasi stres yang disebabkan oleh ejakulasi dini.
 

• Terapkan gaya hidup sehat

Cara terbaik untuk mengatasi ejakulasi dini adalah menerapkan gaya hidup sehat. Penderitanya harus mulai menghentikan atau mengurangi konsumsi alkohol dan tembakau agar ejakulasi dapat dikendalikan dengan baik.


Segera Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyebab ejakulasi cepat pada pria dapat diketahui dengan berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan penanganan penyakit di klinik ini, Anda akan mendapatkan kepuasaan dan kenyamanan karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu mengkhawatirkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi secara online sebelum perawatan dilakukan. Melalui konsultasi ini, penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dapat diketahui. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin, segera hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.