Min24Feb201913:42

Apa Arti Ejakulasi Dini Secara Umum?

Arti ejakulasi dini adalah suatu kondisi dimana seorang pria terlalu cepat mencapai ereksi atau mengeluarkan sperma ketika berhubungan seksual. Hal ini mengakibatkan tidak tercapainya kepuasaan seksual baik yang akan dirasakan pasangan maupun diri sendiri. Pada dasarnya, arti ejakulasi dini adalah batasan waktu mengenai durasi hubungan seksual untuk mencapai klimaks terlalu cepat. Namun, biasanya akan berbeda-beda setiap individunya. Rata-rata bagi seorang pria untuk mencapai ejakulasi saat berhubungan seksual adalah sekitar lima setengah menit.
arti ejakulasi dini
arti ejakulasi dini

Apa Saja Penyebab Ejakulasi Dini Pada Pria

Setelah mengetahui arti ejakulasi dini, penyebab penyakit harus Anda ketahui pula. Ejakulasi dini dapat terjadi karena adanya masalah psikologis, seperti kecemasan berlebih pada kemampuan seksual diri sendiri, mengalami stres atau depresi, memiliki pengalaman traumatis sejak kecil, dan sering melakukan kebiasaan onani ketika remaja. Selain faktor psikologis, ejakulasi dapat dipicu oleh masalah yang berkaitan dengan fisik, seperti:


• Adanya gangguan refleks pada sistem pengatur ejakulasi.
• Terjadinya peradangan pada infeksi saluran kemih.
• Gangguan hormon serta kelenjar prostat pada pria.
• Terdapat kerusakan saraf akibat cedera atau operasi.
• Memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok dan obat terlarang.

Ejakulasi dini pada pria juga dapat diakibatkan oleh faktor keturunan. Dalam kasus ini, dapat diartikan bahwa seorang pria berisiko tinggi menderita ejakulasi dini jika dalam keluarganya ada yang memiliki kondisi serupa. Selain itu, beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko ejakulasi dini, meliputi:

• Disfungsi ereksi, merupakan kondisi dimana seorang pria sulit mempertahankan ereksi dan dapat menjadi pemicu ejakulasi dini bertambah parah.

• Kondisi penyakit tertentu, seperti penyakit jantung akan membuat penderita ejakulasi dini semakin cemas dan tidak sengaja memaksa untuk segera berejakulasi.

• Mengalami stres, biasanya terjadi karena ada suatu hal yang mengganggu pikiran sehingga mengalihkan pikiran dari keinginan untuk berhubungan seksual.


Diagnosis Ejakulasi Dini Serta Penanganannya


Untuk mencari tau penyebab serta arti ejakulasi dini lebih jelas, biasanya dokter akan memeriksa riwayat kesehatan, termasuk kondisi psikologisnya. Jika penyebab ejakulasi dini diketahui berasal dari faktor psikologis, maka penanganan dilakukan dengan berkonsultasi bersama dokter spesialis, seperti psikiater. Untuk mendapatkan hasil diagnosis yang lebih akurat, dokter perlu melakukan pemeriksaan laboratorium, dengan beberapa tes berikut ini.

• Tes darah, dilakukan guna mengetahui kadar hormon testosteron pada pasien.
• Tes urin, dilakukan jika dokter mencurigai penyebab penyakit akibat adanya infeksi.

Ejakulasi dini dapat disembuhkan dengan rutin mengonsumsi obat antibiotik sesuai resep dokter. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, penderita ejakulasi dini juga perlu melakukan beberapa perubahan pada gaya hidup dan meningkatkan kegiatan berolahraga. Selain itu, hindari pula konsumsi alkohol, hentikan kebiasaan merokok, temukan cara untuk mengatasi stres, perbaiki hubungan dengan pasangan, dan gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seks.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui arti ejakulasi dini lebih lanjut, Anda bisa melakukan konsultasi di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan perawatan penyakit di klinik ini, Anda akan ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis berteknologi modern.
 
Sebelum melakukan perawatan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu guna mengetahui arti ejakulasi dini lebih lengkap, penyebab penyakit, serta jenis penanganan yang cocok diberikan. Anda tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan karena Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.