Sab29Des201810:42

Simak, Berikut Beberapa Cara Mengobati Balanitis

 

Cara mengobati balanitis dengan tuntas dapat dilakukan berdasarkan instruksi dokter ahli yang menangani penyakit Anda. Biasanya, balanitis terjadi akibat memiliki masalah pada organ kelamin karena tidak menjaga kebersihannya. Cara mengobati balanitis akibat infeksi jamur bisa ditangani dengan pemberian obat antijamur berupa salep atau krim. Penderitanya dapat mengoleskan krim sesuai dengan resep dokter.

cara mengobati balanitis
cara mengobati balanitis

Selain itu, cara mengobati balanitis guna mencegah penyebaran infeksi adalah dengan memberikan krim antibiotik. Pemberian krim ini juga bertujuan untuk meredakan gejala, berupa pembengkakan di sekitar organ kelamin. Sementara itu, jika balanitis disebabkan oleh kondisi kulit tertentu, maka serangkaian pemeriksaan harus dilakukan. Cara mengobati balanitis yang berulang dilakukan dengan tindakan sunat atau sirkumsisi.

Faktor Penyebab Terjadinya Balanitis

Pada umumnya, masalah balanitis pada pria yang belum sunat disebabkan oleh buruknya kebersihan organ kelamin. Namun, ternyata banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya balanitis, seperti kondisi kelainan pada kulit, peradangan di organ kelamin, adanya berbagai jenis infeksi pada kelamin, penyakit diabetes, fimosis, dan melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Selain itu, penyebab lain akibat balanitis, dapat berupa:


• Mengalami alergi.
• Pernah cedera atau trauma.
• Infeksi saluran kemih.
• Infeksi bakteri atau jamur
• Penyakit menular seksual.
• Kulit kelamin yang ketat.

Penyakit balanitis dapat menyerang pria dari berbagai kalangan, terutama yang belum melakukan sunat. Balanitis kerap mengakibatkan peradangan parah di bagian kulup atau kulit yang menutupi organ kelamin. Jika Anda mengalami masalah ini, cara mengobati balanitis secara alami adalah dengan merendam bagian kelamin yang mengalami peradangan dengan air hangat.


Beberapa Gejala Akibat Penyakit Balanitis

Salah satu tanda atau gejala dari penyakit balanitis adalah munculnya kemerahan dan pembengkakan pada ujung kelamin. Gejala lain yang paling dirasakan sebagai indikasi penyakit balanitis adalah rasa nyeri karena mengalami kesulitan saat buang air kecil. Kulit kelamin pada penderita balanitis akan muncul bintil merah serta keluarnya kotoran yang memiliki bau tidak sedap. Gejala umum lainnya yang dirasakan dan terlihat oleh penderitanya, meliputi:

• Terdapat ruam pada kulit kelamin.
• Kepala kelamin terasa kering serta kaku.
• Nyeri yang terasa seperti terbakar.
• Sulit menarik kulup sehingga bakteri menumpuk.
• Iritasi sebagai akibat dari rasa gatal yang muncul.


Cara Mencegah Penyakit Balanitis Pada Pria

Upaya pencegahan terhadap penyakit balanitis adalah dengan selalu membersihkan organ kelamin dan menjaga daerah sekitarnya tetap kering. Dalam membersihkan organ kelamin, kulup harus ditarik hingga ke kepala kelamin agar kotoran dapat hilang dengan sempurna. Organ kelamin juga harus dibersihkan dengan air hangat dan sabun yang lembut. Setelah kepala kelamin dibersihkan, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan handuk lembut atau tisu. Berikut beberapa pencegahan lain yang dapat dilakukan, seperti:

• Hindari menggosok kepala kelamin terlalu keras saat dibersihkan.
• Selalu mencuci tangan sebelum memegang organ kelamin.
• Hindari kulup dari penggunaan produk yang menyebabkan iritasi.
• Turunkan berat badan jika mengalami obesitas sehingga iritasi dapat dihindari.
• Kontrol penyakit yang dapat menyebabkan penyakit balanitis.

Penanganan yang Bisa Dilakukan Pada Penderitanya

Penyakit balanitis dapat ditangani setelah mengetahui diagnosis dan juga faktor penyebabnya. Pada penderita yang masih berada di tahap awal, penyakit dapat disembuhkan dalam waktu 4 sampai 10 hari. Namun, jika penyakit sudah menyebabkan masalah serius lain, maka proses penyembuhan bisa lebih lama. Karena itu, lama penyembuhan penyakit balanitis bergantung pada tingkat keparahannya.
 
Cara mengobati balanitis oleh dokter biasanya dengan memberikan krim dan tablet anti jamur jika penyakit disebabkan oleh infeksi jamur. Krim ini harus dioleskan pada bagian yang terinfeksi secara teratur dan sesuai resep dokter. Sementara itu, penyakit balanitis yang terjadi akibat infeksi bakteri bisa ditangani dengan pemberian obat antibiotik dosis ringan. Pada balanitis yang disertai dengan iritasi bisa disembuhkan degan krim steroid guna meredakan pembengkakan.
 
Untuk penderitanya yang masih berusia 5 tahun ke bawah, cara mengobati balanitis, yakni dengan dikhitan atau sunat. Sunat bisa menjadi pilihan bagi pria dewasa yang menderita balanitis secara berulang. Selama masa perawatan, penderita balanitis disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari rasa nyeri semakin bertambah. Namun, jika tetap ingin melakukannya, Anda bisa menggunakan pengaman atau kondom.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Cara mengobati balanitis terbaik bisa Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan khusus menangani masalah kulit dan kelamin, termasuk penyakit balanitis. Anda dapat melakukan berbagai perawatan kulit dan kelamin bersama dokter ahli yang telah berpengalaman. Segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878 untuk informasi lebih lanjut. Semakin cepat penanganan dilakukan, maka komplikasi serius lainnya dapat dihindari.