Sen18Feb201909:32

Simak, Bahaya Penyakit Balanitis

Tidak sedikit pria yang mengalami kanker penis dalam sepuluh tahun terakhir ini. Mengapa hal ini bisa terjadi? Kepastian penyebab serta faktor risiko terjadinya kanker penis salah satunya adalah penyakit balanitis. Apa itu penyakit balanitis dan apa bahaya penyakit balanitis ini?

simak, bahaya penyakit balanitis
simak, bahaya penyakit balanitis

Penyakit balanitis adalah peradangan yang terjadi pada batang dan ujung penis serta kelenjar testis (buah zakar), menyebabkan kulit preputium melekat di kepala penis. Umumnya penyakit balanitis terjadi pada pria yang tidak disunat, selain itu faktor kebersihan yang kurang baik akan berisiko meningkatkan penyakit ini terjadi.

Apa penyebab penyakit balanitis

Balanitis adalah penyakit infeksi yang menyebabkan peradangan serta rasa nyeri pada ujung penis (glans penis) yang dapat disebabkan berbagai hal. Infeksi terjadi akibat balanitis sering menyebabkan peradangan di kulit yang menutupi kepala penis pada penis pria yang tidak disunat. Beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit balanitis ini adalah infeksi jamur, bakteri, infeksi menular seksual (IMS), dan keluhan kulit yang lainnya.

Banyak yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit balanitis, antara lain:


1.Tidak menjaga kebersihan alat kelamin

Seorang pria yang belum disunat, tidak menjaga kebersihan alat kelaminnya akan mengeluarkan cairan kotoran (smegma), cairan ini dapat menyebabkan iritasi pada alat kelamin. faktor ini yang merupakan penyebab utama terjadinya penyakit balanitis karena kebersihan yang kurang terjaga serta kondisi lembab menyebabkan jamur serta bakteri bersarang di dalamnya.

2. Infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual (IMS) dapat menyebabkan penyakit balanitis, terutama seorang yang menderita peradangan saluran kemih. Gejala yang muncul akibat infeksi menular seksual akan menimbulkan rasa nyeri ketika buang air kecil dan cairan dari uretra. Penyakit menular seksual yang dapat ditularkan berupa penyakit gonore, herpes genital, dan penyakit klamidia.

3. Infeksi jamur candida

Jamur Candida hidup normal dibawah permukaan kulit, tetapi pada kondisi tertentu dapat menyebabkan terjadinya infeksi. Jamur Candida merupakan jamur yang dapat menyebabkan infeksi vagina serta keputihan pada wanita.

4. Alergi dan iritasi

Kulit kepala penis pria sangat sensitif dan dapat bereaksi terhadap senyawa kimia ataupun zat lain.

Faktor yang dapat meningkatkan terjadinya penyakit balanitis, yaitu:

• Diabetes.
• Penggunaan antibiotik berlebihan.
• Kebersihan yang kurang baik pada pria yang tidak disunat.
• Daya tahan tubuh lemah.

<<<simak, mengapa ada bengkak di kemaluan lelaki?* klik disini>>>

Komplikasi akibat penyakit balanitis


Penyakit balanitis terbilang cukup minim menimbulkan komplikasi jika mendapatkan pengobatan sejak dini, namun jika balanitis dibiarkan saja tanpa tindakan pengobatan, akan menimbulkan bahaya penyakit balanitis.
Beberapa bahaya penyakit balanitis jika tidak segera ditangani dengan tepat dan benar, akan menimbulkan:
• Nyeri sendi.
• Ruam di bagian kulit lain.
• Mulut kering.
• Bengkak pada kelenjar.
• Demam.
• Orchitis dan prostatitis.

Adapun gejala munculnya penyakit balanitis, adalah:

• Peradangan serta bengkak pada ujung penis atau kulit penis.
• Nyeri dan sulit ketika buang air kecil.
• Mengeluarkan bau yang tidak sedap.
• Penis sakit.
Jika gejala ini sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan agar bahaya penyakit balanitis dapat diminimalisir. Balanitis yang diatasi sejak dini akan memebantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.
Jangan melakukan pengobatan sembarangan dan sembarang mengoleskan obat krim kepada alat vital Anda tanpa saran dan anjuran dari dokter.


Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Untuk menghindari bahaya penyakit balanitis muncul, sebaiknya untuk melakukan konsultasi ke dokter segera. Hal ini akan membantu proses penyemuhan yang cepat sebelum penyakit semakin parah.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik yang khusus yang menangani penyakit pada kulit dan kelamin. Anda tidak perlu khawatir sebab Anda ditangani langsung oleh dokter ahli profesional berpengalaman. Dokter Klinik Utama Sentosa juga sudah banyak menangani penyakit yang sama seperti Anda, dan puas dengan pelayanan yang kami berikan. Kami hadir dengan metode pengobatan yang didukung peralatan medis modern canggih. Memberikan perawatan medis prima yang aman, tepat dam cepat serta akurat hingga tuntas dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut terkait bahaya penyakit balanitis dan untuk mengatasinya hingga tuntas, silahkan klik website kami untuk konsultasi. Atau Anda bisa menghubungi kami di 081366657878.