Sen06Mei201909:20

Peradangan Pada Ujung Penis, Apa Penyebabnya?

Penyebab peradangan pada ujung penis atau dalam bahasa medis dikenal dengan penyakit balanitis biasanya disebabkan infeksi atau kondis kulit kronis. Kebersihan yang kurang baik dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
Peradangan Pada Ujung Penis, Apa Penyebabnya?
Peradangan Pada Ujung Penis, Apa Penyebabnya?
Kebersihan yang tidak memadai atau terlalu banyak pembersih juga dapat menjadi sebuah penyebab peradangan pada ujung penis. Kondisi ini sering disebabkan pertumbuhan bakteri atau ragi yang berlebih.

Kulit khatan penis merupakan tempat yang ideal bagi organisme untuk tumbuh dan berkembang biak sebab dapat menjebak kelembaban disekitar penis. Luka pada ujung penis atau kulup dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan pembengkakan. Penyebab peradangan pada ujung penis atau balanitis lainnya, yaitu:

• Radang sendi.
• Diabetes yang tidak tekontrol.
• Penyakit menular seksual (PMS) seperti sifilis, gonore, dan trichomonas.



Gejala dan diagnosis peradangan pada ujung penis

Pembengkakan serta kemerahan pada kulup mengindikasikan penyakit balanitis. Gejala peradangan pada ujung penis lainnya termasuk:

• Kulup yang kencang.
• Alat kelamin yang gatal.
• Rasa sakit pada area genital.
• Kulit penis terasa sakit.

Selain itu, pembengkakan yang terjadi pada penis pria dapat menekan uretra, kondisi ini dapat menyebabkan buang air kecil yang sangat menyakitkan.

Balanitis biasanya didiagnosis selama melakukan pemeriksaan fisik sebab sebagian besar gejala balanitis terlihat. Dokter juga dapat mengambil sampel dengan kapas atau mengambil sampel urin, akan diperiksa apakah terdapat sel bakteri atau jamur. Hal ini akan membantu menentukan apa yang menjadi penyebab peradangan pada ujung penis.

Jika penyebab peradangan pada ujung penis adalah kondisi kulit kronis, dokter mungkin melakukan biopsi. Mengambil sepotong kecil jaringan dari penis untuk memeriksa apakah penyakit ada. Anestesi lokal akan dilakukan sebelum mengumpulkan sampel.

Baca Juga: Penyakit balanitis, mengapa bisa terjadi? klik disini

Mengobati balanitis

Sebaiknya untuk menghentikan segala penggunaan sabun wangi, bubuk, atau lotion, sebab sering menyebabkan iritasi pada kulit khatan. Gunakan air hangat untuk membersihkan area alat kelamin. setelah diagnosis dan penyebab peradangan pada ujung penis telah diketahui secara pasti, dokter akan melakukan tindakan pengobatan yang efektif untuk mempercepat proses penyembuhan.

Sebaiknya untuk tidak menggunakan obat sembarangan atau tidak mengoleskan krim sembarangan pada area penis yang bengkak tanpa anjuran dokter, hal ini bisa jadi menyebabkan masalah kesehatan yang baru pada alat kelamin Anda karena pengobatan yang tidak sesuai.

Carilah pengobatan balanitis yang tepat untuk mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi akibat balanitis, dengan selalu konsultasi pada dokter, sebab dokter tentu lebih mengetahui tindakan yang tepat Anda, dan yang pasti dokter ahli kelamin akan selalu memberikan pengobatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika peradangan pada penis tidak diobati, akan menyebabkan jaringan parut pada pembukaan penis Anda, pencabutan kulup yang menyakitkan, dan pasokan darah berkurang pada area penis.



Terjadi peradangan pada ujung penis? Konsultasikan pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mengatasi peradangan pada ujung penis, terutama bagi Anda yang belum sunat, Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin menyediakan metode sunat dewasa terbaru. Anda tidak perlu khawatir dan malu sebab Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin terlatih yang sudah berpengalaman dan sudah banyak menangani sunat dewasa.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyebab peradangan pada ujung penis pria, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.