Jum26Jul201911:54

Penyebab Alat Kelamin Bengkak dan Nyeri

 

Mengalami alat kelamin bengkak merupakan hal yang dapat menyebabkan gangguan terhadap berbagai aktivitas yang kita jalani. Untuk itu, jika Anda mengalami gejala penis bengkak, maka segeralah periksakan ke dokter. Ada banyak penyebab yang dapat membuat penis mengalami pembengkakan. Untuk mengobati gejala penis yang bengkak, tentunya kita harus mengetahui gejalanya terlebih dahulu. Hal ini agar kita tidak salah melakukan pengobatan.

alat kelamin bengkak
alat kelamin bengkak


Salah satu penyebab dari alat kelamin bengkak adalah karena balanitis. Untuk mengetahui apakah pembengkakan pada penis Anda adalah akibat dari balanitis atau tidak, maka segeralah lakukan pemeriksaan. Balanitis dapat dialami oleh pria berusia berapapun. Untuk itu, pria wajib waspada terhadap penyakit balanitis ini.

Penyebab Alat Kelamin Bengkak


Agar tidak salah mengidentifikasi penyebabnya, berikut ini ada beberapa hal yang mungkin memicu terjadinya alat kelamin bengkak.

• Iritasi akibat sabun pembersih kelamin.
• Alergi terhadap obat tertentu.
• Kurangnya menjaga kebersihan alat kelamin.
• Penyakit menular seksual.
• Balanitis.
• Infeksi jamur atau bakteri.

Di antara penyebab tersebut, balanitis merupakan penyebab yang dapat menyebabkan alat kelamin bengkak baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Pada pria dewasa, penis yang bengkak dapat terjadi akibat aktivitas berhubungan seksual yang tidak aman. Seseorang yang mengalami penis bengkak akibat balanitis biasanya juga akan mengalami keluarnya cairan dari alat kelamin yang menyebabkan gatal dan nyeri pada penis. Tentu saja gejala ini harus segera diatasi karena dapat mengganggu aktivitas seksual maupun aktivitas buang air kecil pada pria.

alat kelamin bengkak
alat kelamin bengkak


Ciri ciri Balanitis


Balanitis merupakan salah satu penyebab dari alat kelamin bengkak yang patut Anda waspadai. Agar dapat mengetahui adanya balanitis, mari simak ciri ciri balanitis yang mungkin muncul pada penderitanya.

• Pembengkakan dan merah pada penis maupun kulup penis.
• Nyeri saat buang air kecil.
• Keluar cairan berbau tidak sedap dari kelamin.
• Bintil merah di sekitar kepala penis.

Jika gejala balanitis ini Anda temui, maka segera periksakan ke dokter sebelum gejala yang lebih buruk lagi muncul. Balanitis yang didiamkan dapat memicu adanya bisul maupun lecet pada penis. Jangan khawatir, jika Anda mengalami gejala seperti diatas, maka datang saja langsung ke klinik kami. Tak hanya pria dewasa, bayi juga dapat mengalami gejala balanitis, namun gejala yang muncul mungkin saja berbeda. Salah satu cara untuk mengatasi masalah alat kelamin bengkak ini adalah melakukan sunat atau khitan. Umumnya, balanitis ini dialami oleh bayi, anak-anak, serta pria yang tidak melakukan sunat.


Cara Mencegah Penis Bengkak


Jika tidak ingin mengalami masalah alat penis bengkak, maka Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

• Melakukan sunat.
• Menjaga kebersihan alat kelamin dengan baik.
• Tidak bergonta ganti pasangan seksual.
• Menggunakan kondom ketika berhubungan seksual.
• Menggunakan sabun dengan bahan yang aman untuk membersihkan alat kelamin.


Untuk solusi sunat, dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa. Sedangkan untuk mengobati gejala alat kelamin bengkak Anda juga dapat datang ke klinik kami untuk menjalani pemeriksaan. Jika Anda mengalami penis bengkak akibat balanitis, maka sebaiknya Anda melakukan sunat bagi yang belum. Pasalnya balanitis ini bisa kambuh sewaktu-waktu dimana salah satu cara untuk mengatasinya adalah melakukan sunat. Sekarang ini ada banyak metode sunat yang dapat digunakan bahkan untuk dewasa. Untuk mengetahui metode sulap apa saja yang dapat Anda gunakan, silahkan hubungi dokter kami di nomor 081366657878 .