Sen05Agu201909:34

Penyakit Balanitis

Penyakit balanitis adalah peradangan yang terjadi pada kulit yang menutupi kepala (glans) penis. Ini merupakan kondisi umum yang dapat terjadi pada pria yang tidak disunat karena adanya kulup. Lingkungan di bawah kulup hangat dan lembab dan kondisi ini sering mendukung pertumbuhan organisme yang menyebabkan balanitis.
Penyakit Balanitis
Penyakit Balanitis
Kebersihan yang buruk dapat menyebabkan akumulasi smegma (penumpukan sel-sel mati dan minyak tubuh pada alat kelamin) yang mengurangi aerasi dan mengiritasi kulit kepala penis, pada akhirnya akan menyebabkan peradangan dan pembengkakan.

Infeksi. Apakah virus, bakteri atau jamur dapat menyebabkan penyakit balanitis berkembang. Infeksi jamur yang umum dapat menyebabkan balanitis adalah kandida. Selain itu, virus dan organisme lain yang dapat menyebabkan berkembangnya balanitis termasuk Human papilloma virus (HPV), radang, gonore, klamidia, dan sifilis.



Tanda dan gejala balanitis

Tanda dan gejala penyakit balanitis berupa munculnya kemerahan, bengkak, pegal, dan atau gatal di kepala penis atau kulup, nyeri ketika buang air kecil, kotoran tebal, putih dan kental, ruam pada penis, dan bau busuk.

Adalah ide yang tepat untuk konsultasi dengan dokter jika Anda mengalami tanda dan gejala penyakit balanitis. Dokter akan melakukan pemeriksaan riwayat Anda dan mengatur pemeriksaan yang diperlukan untuk membuat diagnosis dan kemudian menentukan perawatan yang sesuai dengan apa yang telah diindikasikan. Tidak peduli apa yang menjadi penyebab penyakit balanitis, penting bagi Anda untuk membersihkan alat kelamin secara menyeluruh untuk mengurangi gejala.

Perawatan balanitis yang tepat dilakukan tergantung pada penyebab spesifik yang dapat bervariasi dari orang ke orang. Pilihan dokter untuk perawatan yang tepat didasarkan pada tingkat keparahan gejala, sejauh mana balanitis mempengaruhi hidup, serta adanya kondisi medis lainnya.

Bagi pria yang tidak disunat yang masih memiliki kulit khatan yang ketat dan sulit di tarik dengan serangan balanitis berulang, untuk mencegah kondisi yang sama terjadi di kemudian, tindakan sunat merupakan pilihan yang paling efektif. Saat ini tersedia metode sunat dewasa terbaru yang bisa Anda dapatkan. Konsultasilah dengan dokter.



Bisakah saya melalukan hubungan seksual jika menderita balanitis?

Sebaiknya hindari hubungan seksual terlebih jika penyebab balanitis adalah penyakit menular seksual (PMS), tidak melakukan hubungan selama berjalannya proses perawatan hingga balanitis sembuh, sebab Anda dapat menularkan infeksi pada pasangan.

Bagaimana jika balanitis tidak diatasi? Komplikasi serius yang paling umum akibat balanitis adalah fimosis (ketidakmampuan menarik kembali kulup dari penis kelenjar) atau parafimosis (ketidakmampuan mengembalikan kulup untuk menutupi kepala penis). Komplikasi lainnya, balanitis yang tidak di atasi dapat menyebabkan:
  • Jaringan parut.
  • Mengurangi aliran darah ke kepala penis.
  • Peningkatan risiko kanker penis.


Dimana saya dapat menemukan penanganan balanitis yang tepat?

Pada dasarnya, balanitis atau peradangan pada kepala penis bukanlan kondisi serius. Namun, karena beberapa gejalanya sama dengan beberapa jenis infeksi menular seksual (IMS), sangat penting bagi Anda untuk menemui dokter untuk mengkonfirmasi diagnosis. Kemudian perawatan yang tepat akan dilakukan sesuai dengan penyebab masalah.

Kami, Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kulit kelamin yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi dan Ginekologi. Selain itu, kami menyediakan sunat dewasa terbaru dengan dokter ahli yang sudah bertahun-tahun berpengalaman dibidangnya. Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru, memberikan pelayanan medis yang akurat, perawatan terarah yang berfokus pada penyebab penyakit. Memiliki peralatan medis canggih dan laboratorium yang steril guna untuk mendukung berjalannya proses pengobatan yang berkualitas.

Untuk informasi lebih lanjut tentang penyakit balanitis atau penyakit kelamin lainnya. Tersedia layanan konsultasi online gratis 24 jam langsung dengan dokter, silahkan klik web konsultasi yang telah tersedia dan bicaralah dengan dokter, atau Anda dapat menghubungi kami di 081366657878.