Sab23Feb201911:31

Penyakit Balanitis, Mengapa Bisa Terjadi?

Penyakit balanitis merupakan peradangan yang terjadi di ujung kepala organ kelamin pria atau biasa disebut glans. Faktor yang menyebabkan adanya infeksi sehingga muncul peradangan adalah belum melakukan sunat atau khitan. Selain itu, beberapa hal lain yang memicu seorang pria menderita penyakit balanitis, antara lain infeksi jamur, infeksi bakteri, penyakit menular seksual, iritasi pada kulit, dan kelainan kulit lainnya. Umumnya, penyakit balanitis menyebabkan adanya rasa sakit serta nyeri pada kepala atau ujung kelamin.
penyakit balanitis
penyakit balanitis

Penyebab Seseorang Dapat Menderita Balanitis

Tak hanya nyeri dan sakit, penderita balanitis juga akan merasakan beberapa gejala lainnya, seperti munculnya lepuhan atau ulcer pada kelamin, kulit kelamin terasa keras, kering, atau kaku, keluarnya cairan kental yang berbau tidak sedap dari bawah preputium, tidak nyaman ketika buang air kecil, dan muncul kemerahan pada kepala kelamin. Gejala yang muncul tersebut disebabkan oleh beberapa faktor penyebab, seperti:



• Kurang menjaga kebersihan kelamin
 
Penyakit balanitis dapat terjadi karena penderitanya tidak menjaga kebersihan organ kelaminnya. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan penyakit balanitis adalah keketatan kulup atau preputium sehingga dapat menimbulkan iritasi akibat adanya cairan kotor atau smegma pada organ kelamin.


• Memiliki penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual, seperti herpes, klamidia, serta gonore dapat menyebabkan seorang pria menderita penyakit balanitis. Gejala yang muncul pada penderita balanitis akibat infeksi menular seksual, yakni berupa rasa nyeri saat buang air kecil dan keluarnya cairan asing dari uretra.


• Adanya alergi dan iritasi pada kelamin

Kulit kepala kelamin atau glans sangat sensitif sehingga dapat bereaksi terhadap berbagai jenis senyawa kimia. Beberapa hal yang bisa menyebabkan iritasi pada kepala kelamin pria, di antaranya sel kulit mati atau keringat yang terkumpul di bawah kulup, sabun atau desinfektan tertentu, mencuci kepala kelamin secara berlebihan, dan pemakaian pelindung atau kondom.


Bagaimana Cara Menangani Penyakit Balanitis

Kondisi tertentu pada kulit juga dapat memicu terjadinya peradangan pada kulit kulup. Salah satu pemicunya adalah psoriasis atau kanker kulit. Kanker kulit pada organ kelamin biasanya hanya berbentuk seperti peradangan biasa, namun jika sudah memburuk maka pemeriksaan bersama dokter harus segera dilakukan.
 
Beberapa faktor penyebab peradangan ini, antara lain memiliki penyakit diabetes mellitus, menggunakan obat antibiotik oral, daya tahan tubuh yang rendah, dan kebersihan organ kelamin yang buruk. Penanganan balanitis pada pria dilakukan bergantung pada faktor penyebabnya. Berikut metode pengobatan yang biasa dokter berikan, yakni:


• Krim anijamur, berguna untuk mengobati balanitis yang disebabkan oleh jamur Candida.
• Obat antibiotik, bertujuan untuk menangani balanitis akibat infeksi oleh bakteri.
• Krim steroid ringan, biasanya digunakan jika penyakit diakibatkan karena inflamasi.
• Sunat atau khitan, dilakukan untuk menangani gejala balanitis yang berulang.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan, seperti menghindari penggunaan sabun pada organ kelamin, menggunakan krim pelembab untuk membersihkan kemaluan, gunakan air hangat untuk membilas organ kelamin, dan rutin mandi dengan menggunakan air asin.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan penyakit balanitis dapat Anda lakukan dengan berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Klinik kesehatan ini dapat menyembuhkan penyakit dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa mengutamakan pelayanan medis terhadap pasien sehingga tercipta kenyamanan serta kepuasaan selama melakukan perawatan atau pemeriksaan rutin. Sebelum perawatan dilakukan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lengkap, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.