Sen31Des201815:30

Pencegahan dan Cara Menghilangkan Balanitis

Cara menghilangkan balanitis pada pria adalah dengan rutin mengonsumsi obat-obatan berdasarkan resep dokter. Selain obat, pilihan penanganan penyakit balanitis bergantung pada usia, penyebab, dan riwayat seksual penderitanya. Penyebab serta gejala yang muncul sebagai pertanda penyakit balanitis juga mempengaruhi lama proses penyembuhan. Untuk kasus yang ringan, penyakit akan pulih atau menghilang dalam waktu 5 sampai 10 hari.

cara menghilangkan balanitis
cara menghilangkan balanitis

Pencegahan yang Dapat Dilakukan Terhadap Balanitis

Gejala balanitis, seperti kemerahan, nyeri, dan gatal dapat diredakan dengan melakukan beberapa hal sederhana. Beberapa cara menghilangkan balanitis secara perlahan, yakni dengan menghindari penggunaan sabun dengan kandungan kimia yang tinggi. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan krim pelembab untuk membersihkan organ kelamin, membilas organ kelamin dengan air hangat, dan mandi menggunakan air asin.
 
Selama perawatan dilakukan, penderita balanitis boleh melakukan hubungan seksual selama penyakit tidak disebabkan oleh infeksi menular seksual. Namun, jika balanitis terjadi akibat infeksi menular seksual, usahakan untuk menghindari berbagai aktivitas seksual guna mencegah penularan bakteri. Beberapa tindak pencegahan lain yang dapat dilakukan, antara lain:

• Rutin membersihkan organ kelamin dengan air bersih.
• Gunakan pelindung atau kondom saat berhubungan seksual.
• Pastikan selalu mencuci tangan sebelum atau sesudah menyentuh kelamin.
• Lakukan usaha penurunan berat badan jika mengalami obesitas.
• Kontrol gula dalam darah yang mungkin menjadi penyebab balanitis.

Beberapa Cara Menghilangkan Balanitis Pada Pria


Cara menghilangkan balanitis, yakni dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli. Dokter biasanya akan melakukan diagnosis terlebih dahulu sebelum penanganan dilakukan. Diagnosis terhadap balanitis ini diawali dengan menanyakan riwayat medis penderitanya. Setelah itu, barulah pemeriksaan fisik dilaksanakan, seperti tes darah dan pengambilan sampel.
 
Tes pada darah berguna untuk menentukan apakah terdapat infeksi yang tertular melalui hubungan seksual. Sementara itu, sampel yang diambil merupakan kotoran dan bertujuan untuk mengetahui apa infeksi diakibatkan oleh jamur atau bakteri. Jika hasil diagnosis sudah diketahui dengan jelas, maka penanganan bisa segera dilakukan. Beberapa cara menghilangkan balanitis melalui pengobatan, meliputi:


• Krim atau tablet anti jamur

Cara menghilangkan balanitis yang disebabkan oleh infeksi jamur, seperti Candida adalah dengan menggunakan krim anti jamur. Selain obat oles atau krim. Penderitanya juga disarankan untuk menangani masalah balanitis dari dalam dengan cara mengonsumsi obat tablet.


• Obat antibiotik

Obat antibotik memang efektif dalam menyembuhkan berbagai penyakit kulit atau kelamin. Biasanya, antibiotik ini digunakan sebagai cara menghilangkan balanitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri.


• Krim steroid ringan.

Cara menghilangkan balanitis lainnya adalah dengan memakai krim steroid ringan. Krim ini berguna untuk menangani masalah balanitis yang terjadi akibat alergi atau inflamasi. Tak jarang, krim ini juga digunakan sebagai obat yang dapat mengurangi peradangan pada organ kelamin.


• Khitan atau Sunat

Sunat menjadi cara menghilangkan balanitis yang telah terjadi secara berulang. Cara ini sangat efektif untuk menangani berbagai masalah yang berkaitan dengan organ kelamin, seperti fimosis dan balanitis.

Segera Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Cara terbaik untuk menghilangkan gejala balanitis bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan di Klinik Utama Sentosa. Klinik ini adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin, termasuk balanitis. Melakukan perawatan di Klinik Utama Sentosa, Anda akan mendapat pelayanan medis yang maksimal karena didukung oleh dokter ahli dan peralatan canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga menawarkan berbagai fasilitas unggulan, seperti layanan konsultasi dan reservasi secara online. Tak hanya itu, lokasi klinik yang strategis serta biaya perawatan terjangkau menjadikan klinik ini sebagai pilihan banyak orang untuk melakukan perawatan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.