Min17Feb201910:31

Mengenal Penyebab Balanitis Pada Pria

 

Ketika penis terasa sakit akan menjadi masalah besar bagi pria. Bagaimana tidak, kesehatan penis adalah salah satu perhatian paling utama pada pria. Maka dari itu penting untuk mengenal penyebab balanitis pada pria untuk mendapatkan solusi penanganan yang tepat.

Mengenal Penyebab Balanitis Pada Pria
Mengenal Penyebab Balanitis Pada Pria
Banyak sekali pria yang mengkhawatirkan munculnya sebuah penyakit pada organ vital. Jika penis mengalami masalah, maka seorang pria dapat mengalami penderitaan hebat yang bahkan dapat berpotensi mengalami gangguan seksual serta reproduksi. Salah satu penyakit organ vital pria yang cukup mengkhawatirkan yaitu penyakit balanitis atau peradangan pada ujung penis pria.

Penyakit balanitis menyerang pria tanpa mengenal usia, khususnya pria yang tidak disunat. Balanitis memberikan peradangan yang sangat parah dibagian kulup atau kulit yang menutup penis yang cenderung longgar dan menutupi kepala penis. Penyebab balanitis pada pria adalah adanya infeksi jamur candidiasis, bakteri atau kuman, iritasi kulit, hingga infeksi disebabkan hubungan seksual. Namun seringkali faktor utama berupa kurangnya kebersihan bagian kulup menyebabkan jamur muncul sehingga bakteri atau kuman berkembang pada ujung penis yang menjadi penyebab balanitis pada pria.

Balanitis sering terjadi pada anak dibawah usia 5 tahun dan pada pria dewasa yang tidak disunat. Balanitis dapat dicegah dengan menghindari risiko balanitis yaitu dengan mengurangi faktor risiko serta menjaga kebersihan alat kelamin dengan baik. Kenali gejalanya dan faktor risiko penyebab balanitis pada pria.

 



Faktor risiko dan Gejala balanitis atau pembengkakan pada kepala penis

Balanitis atau bengkak pada kepala penis muncul dengan gejala nyeri ketika buang air kecil, gatal, kemerahan, serta bengkak dan pada akhirnya menyebabkan terjadinya penyempitan pada urethra dan penis terasa sakit.
Beberapa faktor risiko yang menjadi penyebab balanitis pada pria, antara lain:
  • Seseorang dengan penyakit diabetes.
  • Penggunaan antibiotik berlebihan.
  • Kebersihan yang buruk pada penis yang tidak disunat.
  • Daya tahan tubuh lemah.
  • Iritasi akibat bahan kimia di kepala penis.
Setelah mengenal gejala penyakit balanitis dan jika Anda mengalaminya sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan. Balanitis yang diatasi sejak dini dapat disembuhkan dengan cepat tanpa menimbulkan komplikasi pada penderitanya. Namun jika balanitis dibiarkan, komplikasi atau bahaya akibat balanitis akan muncul berupa nyeri sendi, ruam pada kulit, bengkak pada kelenjar, orhitis, dan prostatitis.

Tidak menunda melakukan pengobatan adalah hal yang tepat, sebab pengobatan sejak dini akan membantu mempermudah proses pengobatan dan tidak sulit untuk diatasi akan akan membantu menghemat waktu dan biaya pengobatan balanitis terlebih menghindari bahayanya.

 



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Jika saat ini Anda sedang mengalami penyakit balanitis, terlebih Anda belum disunat, sebaiknya untuk mengunjungi Klinik Utama Sentosa agar secepatnya Anda terbebas dari penyakit kelamin yang Anda alami ini. Klinik Utama Sentosa adalah klinik yang khusus menangani penyakit kelamin dan sudah banyak menangani kasus yang sama seperti Anda. Kami memiliki metode sunat laser dewasa terbaru, memiliki fasilitas dan alat medis modern yang canggih. Anda tidak perlu khawatir dan malu dengan kondisi Anda sebab Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin profesional yang telah berpengalaman. Pasien yang datang melakukan pengobatan puas dengan pelayanan yang kami berikan. Kami memberikan perawatan medis prima yang aman, cepat, tepat, dan akurat hingga tuntas dengan hasil yang maksimal dengan biaya pengobatan terjangkau.
Untuk informasi lebih lanjut terkait mengenal penyebab balanitis pada pria, silahkan kilk website kami untuk konsultasi langsung dengan dokter terlebih dahulu dengan dokter, atau hubungi kami di 081366657878 .